Sukses

Pengertian

Penyakit Buerger atau tromboangitis obliterans adalah penyakit peradangan dari pembuluh darah yang berukuran kecil dan sedang. Penyakit ini dapat menyerang pembuluh darah arteri mana pun, namun biasanya sering terjadi pada tangan dan kaki.

Peradangan terjadi karena adanya sumbatan pada pembuluh darah yang lama-kelamaan menyebabkan aliran darah ke kaki dan tangan menjadi berkurang. Kondisi tersebut menyebabkan kerusakan jaringan dan menimbulkan rasa nyeri.

Penyakit ini biasanya menyerang pria pada usia 40–45 tahun yang menggunakan produk tembakau secara berlebihan, seperti merokok atau mengunyah tembakau.

Penyebab

Penyebab pasti dari penyakit Buerger masih tidak diketahui. Risiko terjadinya peradangan pembuluh darah meningkat jika penderita adalah perokok berat. Hampir semua penderita penyakit Buerger adalah pengguna tembakau.

Selain itu, faktor genetika atau keturunan juga diduga turut berperan sebagai pemicu penyakit Buerger. Pria berusia antara 40–45 tahun yang mengonsumsi tembakau secara berlebihan juga diketahui sebagai kelompok yang sangat rentan terkena penyakit ini.1

Diagnosis

Dokter akan menentukan diagnosis penyakit Buerger dari wawancara medis mendetail mengenai gejala dan riwayat penyakit serta pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah digunakan untuk menyingkirkan kemungkinan lain. Contohnya, gula darah untuk menyingkirkan diabetes.

Pemeriksaan lain juga dapat membantu menyingkirkan kemungkinan penyakit lupus, kelainan pembekuan darah. Pemeriksaan angiogram, yaitu sinar X, khusus dapat dilakukan untuk memeriksa pembuluh darah. Pemeriksaan lain yaitu tes Allen dilakukan dengan memeriksa peredaran darah pada tangan. Jika positif penderita mungkin memiliki penyakit Bueger atau lainnya.

Gejala

Pada penyakit Buerger, proses peradangan pada pembuluh darah menyebabkan terbentuknya gumpalan atau bekuan darah pada pembuluh darah. Sehingga peredaran darah menjadi terhambat. Akibatnya dapat terjadi kematian jaringan karena kurangnya oksigen dan nutrisi dari darah.

Gejala yang muncul meliputi:

  • nyeri pada daerah yang terjadi peradangan pembuluh darah biasanya pada tangan dan kaki
  • kelemahan pada daerah yang terjadi peradangan pembuluh darah
  • luka terbuka pada jari tangan dan kaki
  • peradangan pembuluh darah vena
  • jari tangan dan kaki pucat ketika cuaca dingin

Pengobatan

Hingga kini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan penyakit Buerger. Pengobatan bertujuan untuk memperlambat progres dan mengurangi nyeri. Faktor terpenting adalah berhenti merokok agar dapat memperlambat progres penyakit ini. Nyeri dapat dikendalikan dengan menghindari cuaca dingin.

Pada kasus jarang, nyeri sangat hebat sehingga membutuhkan prosedur pembedahan, yaitu simpatektomi. Prosedur bedah tersebut memotong jaringan saraf simpatik yang terletak di sekitar tulang belakang untuk menghilangkan rasa nyeri. Banyak mengonsumsi cairan dan tetap aktif juga dapat memperbaiki sirkulasi darah.

Amputasi mungkin dilakukan pada penderita yang sudah mengalami komplikasi, seperti gangrene.

Pencegahan

Berhenti atau menghindari mengonsumsi tembakau termasuk merokok dapat mencegah penyakit Buerger atau progres penyakit peradangan pembuluh darah ini.