Sukses

Pengertian

Penyakit osteomielitis akut merupakan infeksi bakteri pada tulang dan sumsum tulang. Penyakit ini lebih sering diderita anak-anak karena kondisi tulang mereka yang masih bertumbuh. Selain itu, penyakit ini juga lebih sering dialami oleh anak laki-laki.

Osteomielitis akut kerap menyerang tulang panjang di daerah kaki. Selain pada bagian tersebut, penyakit ini terkadang juga bisa terjadi di tulang punggung dan bagian lengan.

Diagnosis

Diagnosis dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik. Lewat pemeriksaan ini, dokter akan mencek adanya pembengkakan pada daerah yang terkena. Biasanya pembengkakan ini timbul setelah beberapa hari.

Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan tambahan dengan melakukan foto polos tulang. Meski demikian, kelainan pada foto polos ini baru dapat dilihat setelah satu minggu –seperti kerusakan tulang dan pembentukan tulang yang baru.
Cara lain yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan bone scan, yang dapat dilakukan pada minggu pertama.

Gejala

Gejala-gejala osteomielitis akut adalah sebagai berikut:

  • Pada anak-anak, dapat ditemukan adanya riwayat infeksi bakteri di tempat lain selain tulang. Contohnya infeksi pada kulit atau saluran pernapasan bagian atas.
  • Sekitar 50% ditemukan riwayat benturan atau trauma pada tulang.
  • Pada anak-anak yang sudah dapat berkomunikasi, mereka biasanya mengeluhkan rasa nyeri yang hebat pada ujung tulang panjang. Hal tersebut biasanya membuat anak tidak mau menggunakan fungsi tulang yang terkena tersebut.
  • Dalam 24 jam pertama, jika tidak dilakukan penanganan, maka akan terjadi septicemia. Ini merupakan kondisi dimana masuknya bakteri ke dalam aliran darah yang ditandai dengan lemas, demam, dan mengalami anoreksia.
    Jika terjadi komplikasi dini, penyakit ini dapat mengakibatkan artritis septik, abses, hingga kematian. Sementara jika komplikasi lanjut dapat berakibat menjadi osteomielitis kronik, patah tulang, pemendekan sendi, dan gangguan pertumbuhan.

Pengobatan

Osteomielitis akut bisa ditangani dengan menerapkan hal-hal berikut:

  • Rawat inap dan bed rest total
  • Pemberian obat penghilang rasa nyeri.
  • Imobilisasi pada tulang yang terkena dengan removable splint atau traksi. Ini bermanfaat untuk mengurangi nyeri, mencegah penyebaran osteomielitis akut, serta mencegah pemendekan jaringan lunak.
  • Pemberian antibiotik. Hal yang harus diingat adalah jika anak terluka, segera bersihkan luka dengan air mengalir dan berikan larutan antiseptik. Lalu segera bawa ke dokter untuk mencegah osteomielitis akut.

Penyebab

Penyebab osteomielitis akut adalah bakteri. Sekitar 90% bakteri yang menjadi penyebab penyakit ini adalah bakteri Stafilokokus aureus. Bakteri ini dapat menginfeksi tulang lewat aliran darah saat system kekebalan tubu sedang menurun.

Selain itu, ada beberapa bakteri lain yang juga dapat menjadi penyebab penyakit ini. Seperti bakteri golongan streptokokus dan pneumokokus.