Sukses

Pengertian

Orchitis adalah proses peradangan pada testis (zakar) pria. Proses ini bisa menyebabkan peradangan pada salah satu atau kedua testis. Peradangan terjadi sebagai reaksi atas infeksi di bagian tubuh lainnya.

Banyak hal yang bisa memicu terjadinya peradangan –seperti bakteri , virus, spiroseta, parasit, trauma, kimia atau faktor yang tidak diketahui.

Secara umum, orchitis dapat dibagi menjadi tiga jenis:

  • Orchitis virus, merupakan jenis orchitis yang disebabkan karena serangan virus
  • Orchitis bakteri, yaitu jenis orchitis yang disebabkan karena bakteri
  • Orchitis idiopatik, merupakan jenis orchitis yang tidak diketahui dengan pasti penyebabnya

Penyebab

Penyebab orchitis sangat bervariasi –mulai dari bakteria, gonokokokus, basil tuberkal, atau virus seperti paramiksovirus, serta gondongan (parotitis). Namun, virus diketahui sebagai penyabab orchitis yang paling sering.

Terdapat beberapa faktor risiko terjadinya orchitis. Di antaranya adalah imunisasi yang tidak adekuat, usia lanjut (>45 tahun), infeksi saluran kemih berulang, dan berganti-ganti pasangan.

Diagnosis

Untuk menentukan diagnosis orchitis perlu dilakukan wawancara medis terhadap penderitanya. Wawancara medis ini juga perlu didukung dengan melakukan pemeriksaan fisik.

Selain keluhan khas berupa nyeri pada testis, seorang juga perlu melakukan pemeriksaan kultur urine. Pada beberapa kasus tertentu, USG testis dapat dilakukan untuk membantu penentuan diagnosis.

Gejala

Gejala paling umum dari orchitis adalah adanya nyeri dan pembengkakan pada testis. Nyeri dapat dirasakan sampai ke kedua paha. Keluhan nyeri sering dirasakan bersamaan dengan demam, mual muntah, dan nyeri buang air kecil. 

Berbagai gejala orchitis yang bisa dengan mudah Anda kenali adalah:

  • Nyeri testis, dari intensitas  ringan sampai nyeri yang hebat
  • Pembengkakan testis
  • Demam dan menggigil
  • Pembesaran kelenjar getah bening daerah paha
  • Rasa tidak nyaman pada testis
  • Nyeri saat buang air kecil dan berhubungan seks

Pengobatan

Pengobatan testis dapat dimulai dengan pemberian obat sesuai dengan penyebabnya. Jika seorang mengalami keluhan nyeri testis dan aktif secara seksual, maka pemberian antibiotik dapat dipertimbangkan. Obat penurun panas dapat diberikan jika demam juga dialami pasien.

Secara umum, pengobatan orchitis dapat dibagi sesuai dengan jenisnya:

  • Orchitis idiopatik
    Untuk mengobati jenis orchitis yang satu ini, dokter biasanya akan memberikan obat-obatan antibiotik dan antiperadangan.
  • Orchitis virus
    Pengobatan terhadap orchitis yang disebabkan virus dilakukan dengan pemberian obat antiperadangan. Anda juga sebainya banyak beristirahat.
  • Orchitis bakteri
    Orichitis yang disebabkan bakteri dapat diobati dengan pemberian obat-obatan antibiotik.

Pencegahan

Gondongan (mumps) merupakan penyebab orchitis paling sering, karena itu imunisasi gondongan (MMR) dapat dilakukan. Berhubungan seksual secara aman juga dapat mengurangi risiko terinfeksi bakteri penyebab infeksi menular seksual, yang dapat menyebabkan orchitis. Sebaiknya hindari berganti-ganti pasangan.