Sukses

Pengertian

Mata ikan atau clavus merupakan penebalan kulit yang terjadi karena adanya gesekan yang berulang. Mata ikan sering kali ditemukan pada bagian tubuh yang menonjol dan seperti telapak kaki atau tangan.

Penebalan kulit ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan menyebabkan luka yang terinfeksi, jika tidak ditangani dengan baik. Penonjolan tulang menyebabkan lokasi ini lebih mudah tergesek hingga akhirnya terjadilah mata ikan.

Pada dasarnya clavus tidak berbahaya. Namun, hal ini sering dirasa mengganggu karena dapat menyebabkan rasa sakit dan menyebabkan gangguan dalam beraktivitas.

Diagnosis

Untuk menentukan diagnosis mata ikan, cukup dengan melakukan pemeriksaan fisik saja. Umumnya akan terlihat luka berbentuk bulat atau lonjong dengan penebalan kulit. Pada beberapa kasus akan terlihat adanya infeksi sekunder diatas kulit.

Penyebab

Mata ikan terjadi karena adanya gesekan secara berulang-ulang pada area tertentu di tubuh. Faktor eksternal yang juga turut berperan menjadi penyebab mata ikan adalah jenis sepatu atau alas kaki yang digunakan.

Lokasi paling umum yang menjadi tempat terbentuknya mata ikan adalah pada telapak kaki, khususnya daerah yang terkena gesekan.

Gejala

Gejala yang sering dikeluhkan oleh para penderita mata ikan adalah adanya nyeri pada bagian yang terkena. Hal ini juga akan menyebabkan gangguan pasien dalam berjalan. Pada beberapa kasus dapat terjadi infeksi sekunder pada bagian atas dari mata ikan sehingga daerah sekitarnya akan berdarah, kemerahan atau mengeluarkan nanah.

Pengobatan

Terdapat beberapa pilihan pengobatan untuk mata ikan. Pada tahap awal, obat yang bersifat keratolitik dapat digunakan untuk menipiskan kulit yang menebal. Salah satu contoh obat keratolitik adalah asam salisilat.

Karena salah satu penyebab mata ikan adalah gesekan berulang, maka tindakan pencegahan gesekan diperlukan. Penggunaan bantalan pada sepatu dapat digunakan untuk mencegah gesekan yang berlebihan pada mata ikan. Jika dengan cara-cara ini nyeri tetap tidak berkurang dan benjolan dirasa mengganggu, maka perlu dilakukan operasi kecil untuk mengangkat lapisan kulit yang menebal.

Pencegahan

Untuk mencegah mata ikan terjadi, sebaiknya hindari alas sepatu yang terlalu sempit, sehingga gesekan kaki tidak terjadi. Gunakan sepatu yang nyaman dan jangan lupa gunkan pelembab pada daerah kulit yang kering.