Sukses

Pengertian

Lichen planus merupakan kelainan kulit yang ditandai dengan munculnya warna kemerahan di kulit atau lesi di mulut. Kelainan ini disebabkan oleh gangguan daya tahan tubuh.

Penyakit ini sering menyebabkan ketidaknyamanan pada penderitanya. Meski demikian, lichen planus tidak menular dan tidak membahayakan. Pengobatan lichen planus membutuhkan waktu beberapa minggu.

Penyebab

Penyebab lichen planus hingga saat ini belum diketahui pasti, namun penyakit ini terkait dengan gangguan sistem imunitas tubuh (daya tahan tubuh). Lichen planus bukan penyakit infeksi sehingga tidak menular ke orang lain di sekitarnya.

Terdapat beberapa kondisi yang sering mencetuskan lichen planus, antara lain:

  • Infeksi virus
  • Reaksi alergi
  • Stres
  • Kelainan genetik
  • Penyakit autoimun
  • Efek samping obat tertentu, misalnya klorokuin, metotreksat

Lichen Planus

Penyebab

Pada tahap awal penentuan diagnosis lichen planus, dokter akan melakukan pemeriksaan kulit. Bila kelainan kulit diduga akibat lichen planus, maka umumnya dibutuhkan biopsi kulit.

Biopsi dilakukan dengan cara mengambil sedikit jaringan kulit dan memeriksanya di bawah mikroskop untuk memastikan penyakit lichen planus.

Gejala

Area kulit yang sering mengalami kelainan akibat lichen planus adalah lengan, tungkai, dada, punggung, rongga mulut, kuku, kulit kepala, vagina, dan penis.

Pada kulit, lichen planus umumnya berupa bintik berwarna merah keunguan berukuran 3–5 mm, kulit yang menebal, dan terasa gatal. Pada rongga mulut, tanda lichen planus berupa bercak berwarna merah atau putih yang melekat pada dinding rongga mulut, dapat disertai dengan rasa nyeri atau terbakar.

Gejala lichen planus di vagina serupa dengan lichen planus di kulit, disertai dengan rasa nyeri atau terbakar di daerah kemaluan, nyeri saat berhubungan seksual, atau keputihan berwarna kuning kehijauan bercampur darah.

Pengobatan

Pengobatan lichen planus membutuhkan waktu beberapa minggu. Bila kelainan kulit hanya sedikit dan tak menimbulkan keluhan, umumnya lichen planus tak perlu diobati.

Namun bila kelainan kulit cukup luas, beberapa jenis pengobatan yang digunakan adalah:

  • Krim asam retinoat
  • Kortikosteroid untuk mengurangi peradangan
  • Antihistamin untuk mengurangi gatal dan reaksi alergi
  • Terapi sinar ultraviolet

Pengobatan tersebut dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Selain itu, untuk menghindari lichen planus semakin berat, penderita dianjurkan untuk tidak menggaruk kulitnya dan memberikan kompres dingin pada bagian kulit yang kemerahan.

Pencegahan

Hingga saat ini belum ada hal yang dapat dilakukan untuk mencegah lichen planus sepenuhnya. Namun karena salah satu pencetus lichen planus adalah stres, menghindari stres merupakan salah satu cara menurunkan risiko terkena lichen planus.