Sukses

Pengertian

Leukoedema merupakan suatu kondisi dimana terjadi perubahan lapisan kulit dalam menjadi berwarna keputihan dan seperti berselaput. Gangguan ini sering ditemui pada kedua sisi kulit pipi bagian dalam, dan terkadang pada batas lidah. Leukoedema lebih sering terkena pada orang yang merokok secara aktif.

Diagnosis

Leukoedema dapat diketahui melalui pemeriksaan klinis dan ditunjang dengan pemeriksaan jaringan kulit di laboratorium. Ciri khas leukoedema secara adalah adanya penebalan kulit serta penebalan jaringan permukaan tubuh.

Gejala

Ketika seseorang terkena leukoedema, maka akan mengalami perubahan warna pada lapisan dalam mulut menjadi tampak keputihan yang menyebar, dengan banyak lipatan-lipatan permukaan. Hal ini terjadi akibat mengkerutnya lapisan dalam tersebut.

Jaringan baru yang timbul tidak dapat dikelupas, namun akan menghilang atau memudar jika lapisan kulit diregangkan.

Leukoedema biasanya timbul tanpa disertai rasa sakit dan paling sering terjadi di pipi bagian dalam, pada kedua sisi kanan dan kiri dan kadang-kadang dapat ditemui pada jaringan lunak bibir, langit-langit mulut, dan dasar mulut.

Pengobatan

Kondisi leukoedema tidak diperlukan pengobatan karena kondisi ini adalah kondisi normal terjadi dan tidak ada komplikasi.

Penyebab

Penyebab leukoedema adalah variasi kondisi normal pada lapisan mulut. Dengan kata lain leukoedema bukan suatu penyakit. Meskipun begitu, faktor-faktor seperti merokok, konsumsi alkohol dan infeksi bakteri diduga dapat memancing timbulnya leukoedema.