Sukses

Pengertian

Kista ganglion dalah benjolan yang sering muncul di sekitar sendi dan urat pada tangan dan kaki. Paling sering muncul pada pergelangan tangan dan sendi jari.

Gangguan kesehatan ini biasanya muncul pada usia 20-60 tahun. Selain itu, wanita diketahui lebih banyak mengalami gangguan kista ganglion.

Pantangan untuk kista ganglion adalah mengangkat berat. Jadi, sebaiknya penderita kista ganglion mengurangi aktivitas berat menggunakan tangan.

Diagnosis

Pendeteksian kista ganglion adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat secara langsung benjolan yang terjadi. Sebagian besar kista ganglion dapat dilewati oleh cahaya jika disinari senter.

Gejala

Gejala dari kista ganglion adalah adanya benjolan yang berubah ukuran dari 1-3 cm. Benjolan ini lunak dan tidak dapat digerakkan.

Pengobatan

Pada sebagian besar kasus, kista akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan waktu. Pada kista berukuran kecil yang tidak menimbulkan gejala apa-apa dan tidak perlu dilakukan tindakan apapun.

Untuk alasan estetika, ada beberapa cara untuk menghilangkan kista tersebut, yaitu dengan cara:

  • Operasi bedah dengan menyayat langsung kulit diatasnya lalu mengeluarkan kista tersebut. Kekambuhan kista dapat dicegah dengan tidak menggerakkan sendi tempat kista tersebut berada selama 1-2 minggu.
  • Aspirasi (penyedotan). Namun cara ini mempunyai angka kekambuhan sebesar 50%.
  • Arthroskopi. Teknik dilakukan dengan memasukkan alat seperti teropong kecil pada sendi untuk melihat keseluruhan kista, lalu kemudian mengangkatnya. Setelah dilakukan teknik ini, pasien bebas menggerakkan sendi.

Penyebab

Penyebab timbulnya kista ganglion belum diketahui secara pasti. Namun beberapa sumber menyebutkan bahwa kista ganglion disebabkan oleh penggunaan sendi secara berlebihan seperti atlet angkat berat, pramusaji, dan pemain musik (terutama pemain bass). Kista yang terbentuk mengandung cairan yang sama seperti cairan sendi.