Sukses

Pengertian

Karsinoma sel basal atau basal cell carcinoma (BCC) adalah salah satu jenis kanker kulit. Kanker ini merupakan kanker yang paling tidak berbahaya dibandingkan kanker kulit lainnya. Kanker ini jarang menyebar ke kulit di bagian tubuh lainnya. Meski demikian, kanker ini dapat menyebar hingga ke tulang atau jaringan lain di bawah kulit yang terkena kanker kulit.

Jenis kanker kulit yang satu ini pada awalnya muncul seperti benjolan kecil yang mengilap pada hidung atau bagian wajah lainnya. Karsinoma sel basal juga dapat terjadi pada area tubuh lain, seperti batang tubuh kaki dan lengan.

Karsinoma sel basal juga umumnya tumbuh sangat lama dan tidak muncul hingga bertahun-tahun. Kanker ini dapat terjadi pada orang muda yang terlalu banyak terkena paparan sinar ultraviolet (UV) atau menggunakan tanning beds. Selain itu, karsinoma sel basal juga lebih sering terjadi pada orang berkulit muda.

Seperti rata-rata kanker pada umumnya, jika diketahui dari lebih dini, kanker ini dapat disembuhkan.

Penyebab

Sinar UV dari matahari atau tanning beds merupakan penyebab utama dari karsinoma sel basal. Sinar UV merusak DNA dari kulit yang kemudian menyebabkan sel kulit bertumbuh tak terkendali.

Diagnosis

Untuk menentukan diagnosis karsinoma sel basal, dokter akan melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik terhadap benjolan yang muncul pada kulit.

Pemeriksaan penunjang seperti biopsi (mengambil sampel jaringan) juga perlu dilakukan untuk diperiksakan di laboratorium. Pemeriksaan sampel jaringan dapat menentukan apakah terdapat sel kanker.

Gejala  

Awalnya karsinoma sel basal tampak seperti benjolan kecil yang mengilap seperti mutiara. Benjolan dapat berupa tahi lalat berwarna daging atau jerawat yang tidak hilang. Selain itu, benjolan juga bisa hanya berupa bercak merah atau merah muda yang mengilap dan bersisik. Benjolan karsinoma sel basal biasanya rapuh dan mudah berdarah.

Karsinoma sel basal dapat beragam warnanya. Karsinoma sel basal bisa saja tampak berwarna merah muda, cokelat ataupun hitam.

Pengobatan

Pengobatan kanker kulit karsinoma sel basal bukan hanya untuk mengobati kanker namun juga perlu dipikirkan bekas luka yang minimal kelak. Beberapa jenis pengobatan yang dapat dilakukan adalah:

  • Eksisi tumor, yaitu memotong kanker kulit dan sekitarnya
  • Kuret dan elektrodesikasi dengan listrik untuk membunuh sel kanker lainnya
  • Cryosurgery, yaitu proses pembekuan sel kanker menggunakan cairan nitrogen dengan tujuan membunuh sel kanker tersebut
  • Terapi radiasi, yaitu menggunakan X-Rat untuk membunuh sel kanker
  • Pembedahan Mohs, yaitu mengangkat tumor dari lapis ke lapis dan memeriksa langsung apakah sel tersebut adalah kanker sebelum ke lapisan lebih bawah
  • Obat-obatan seperti fluorouracil, imiquimod, dan vismodegib

Pencegahan

Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah karsinoma sel basal adalah dengan menghindari paparan sinar UV berlebih.  Terutama hindari paparan sinar UV dari jam 10 pagi hingga 2 siang, ketika UVB sangat kuat.

Gunakan tabir surya sebagai perlindungan tambahan. Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang tabir surya setiap 60–80 menit, ketika di luar ruangan. Gunakan pakaian yang tertutup agar terhindar sinar matahari.

Selain itu, sebaiknya hindari juga penggunaan tanning beds. Lakukan pemeriksaan rutin jika sudah pernah terkena kanker kulit, karena kanker kulit baru dapat muncul.