Sukses

Pengertian

Gagal ginjal akut adalah keadaan di mana fungsi ginjal menurun secara mendadak. Keadaan ini dapat disebabkan oleh berbagai penyebab –seperti kekurangan cairan, infeksi atau adanya sumbatan aliran keluar urine.

Pada umumnya, gagal ginjal akut merupakan komplikasi dari penyakit serius lainnya. Jika tidak segera ditangani dengan baik, gagal ginjal akut bisa memicu berhentinya fungsi ginjal dan bahkan membahayakan nyawa penderitanya.

Penyebab

Penyebab gagal ginjal akut terbagi menjadi tiga faktor, yaitu faktor prerenal, renal dan post renal.

  • Faktor prerenal merupakan faktor yang menyebabkan perburukan fungsi ginjal sebelum organ ginjal. Salah satu penyebab prerenal paling umum adalah syok hipovolemik, suatu kondisi kekurangan cairan yang menyebabkan aliran darah ke ginjal berkurang.
  • Faktor renal berarti gagal ginjal terjadi akibat kerusakan yang terjadi pada ginjal. Beberapa gangguan yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal secara langsung adalah toksin, metanol dan infeksi.
  • Faktor post renal adalah suatu keadaan di mana ginjal dapat membentuk urinee dengan cukup baik, namun alirannya dalam saluran kemih terhambat.  Hal ini dapat dijumpai pada tumor daerah perut bawah yang menyebabkan urinee terbendung dan menyebabkan kerusakan ginjal.

Diagnosis

Penentuan diagnosis gagal ginjal akut dilakukan melalui wawancara medis dan pemeriksaan fisik. Wawancara medis dapat menunjukkan adanya riwayat kehilangan cairan dalam bentuk diare atau perdarahan yang hebat.

Penderita gagal ginjal akut juga dapat mengeluhkan adanya penurunan jumlah urinee yang dikeluarkan. Selain itu, pada pemeriksaan fisik dapat dijumpai adanya tanda dehidrasi, dan pada gangguan ginjal yang berat dapat dijumpai penurunan kesadaran.

Pada pemeriksaan laboratorium menunjukkan adanya peningkatan ureum dan kreatinin. Pemeriksaan urinee juga diperlukan untuk menentukan penyebab gangguan ginjal. Pada pemeriksaan USG ginjal dapat dijumpai berbagai hal, misalkan adanya batu ginjal atau pembengkakan ginjal (hidronefrosis).

Gejala

Terdapat beberapa gejala yang dapat ditunjukkan pada penderita dengan gagal ginjal akut, yaitu:

  • Penderitanya mengeluh mual, dan muntah
  • Pembengkakan kaki atau pembengkakan yang menyeluruh
  • Penderita menunjukkan adanya nyeri pada bagian perut
  • Pada gangguan ginjal akibat dehidrasi penderita dapat menunjukkan tanda-tanda diare atau perdarahan aktif.

Pengobatan

Pengobatan gangguan ginjal akut tergantung dari penyebab gangguan ginjal. Jika penyebabnya adalah kekurangan cairan, maka pemberian cairan yang cukup diperlukan.

Pada keadaan sumbatan aliran keluar urine, maka tindakan untuk membebaskan sumbatan aliran keluar urine perlu dilakukan secepatnya. Pada kondisi gangguan ginjal akut yang berat, hemodialisis dapat dipertimbangkan.

Pencegahan

Pencegahan gagal ginjal akut adalah dengan menghindari penggunaan obat-obatan yang bersifat toksik terhadap ginjal. Hindari konsumsi alkohol oplosan dan minumlah air yang cukup untuk mencegah dehidrasi.