Sukses

Pengertian

Epulis adalah tumor jinak yang tumbuh di atas gingival –jaringan lunak yang terdapat di dalam rongga mulut. Epulis fissuratum merupakan salah satu jenis epulis yang biasanya banyak dialami oleh mereka yang menggunakan gigi tiruan.

Pertumbuhan jaringan ikat pada epulis fissuratum disebabkan karena iritasi kronik akibat penggunaan gigi tiruan. Dalam hal ini, gigi tiruan seringkali menekan daerah gusi yang berbatasan dengan pipi bagian dalam.

Akibat tekanan terus- menerus, tulang di bagian tersebut lama- kelamaan akan berubah. Hal ini membuat tulang penopang yang menjadi basis gigi tiruan menjadi tidak stabil. Pada akhirnya, terbentuklah epulis fissuratum.

Epulis fissuratum banyak ditemukan pada kaum lanjut usia. Hal ini terkait dengan gigi tiruan yang lebih sering digunakan di usia tersebut. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan juga dapat dialami oleh generasi yang lebih muda.

Diagnosis

Penentuan diagnosis epulis fissuratum dapat dilakukan melalui serangkaian wawancara medis dan pemeriksaan fisik secara langsung. Berdasarkan benjolan dan gejala yang muncul, dokter dapat menentukan tindakan selanjutnya.

Gejala

Epulis fissuratum biasanya memiliki beberapa gejala, seperti luka berupa lipatan berwarna merah muda dan keras. Ada luka yang berukuran kecil namun ada juga yang luas dan melibatkan seluruh daerah mukosa (jaringan lunak di dalam rongga mulut) yang bersentuhan langsung dengan gigi tiruan.

Tumor ini jarang terjadi di daerah lingual (daerah yang menghadap lidah). Biasanya, lebih sering menyerang anterior (bagian depan rahang).

Pengobatan

Epulis fissuratum dapat diatasi dengan proses pembedahan untuk mengangkat jaringan ikat yang berlebihan. Selain itu, gigi tiruan yang menjadi pemicu luka juga harus diperbaiki agar tidak terus- menerus member tekanan pada gusi.

Meski luka sangat jarang dihubungkan dengan karsinoma sel skuamosa, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan mikroskopis terhadap jaringan yang dibuang. Dengan demikian, tindakan pencegahan terhadap kemungkinan buruk tumor ganas dapat dilakukan.

Pencegahan

Epulis fissuratum dapat dicegah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin. Hal ini terutama sangat penting dilakukan oleh para pengguna gigi tiruan.

Penyebab

Epulis fissuratum terjadi karena adanya iritasi kronik akibat penggunaan gigi tiruan. Pada pengguna gigi tiruan, gigi tersebut seringkali menekan daerah gusi yang berbatasan dengan pipi bagian dalam.

Akibat tekanan terus- menerus itu, tulang di bagian tersebut lama- kelamaan akan berubah. Hal ini membuat tulang penopang yang menjadi basis gigi tiruan menjadi tidak stabil. Pada akhirnya, terbentuklah epulis fissuratum.

Artikel
    Obat Terkait