Sukses

Pengertian

Eksim atopik atau dikenal dengan nama dermatitis atopik adalah penyakit kulit inflamasi yang bersifat kronik dengan episode serangan dengan periode kekambuhan. Seorang yang menderita eksim atopik akan mengalami gangguan kulit yang hilang timbul. Penyakit ini biasanya disertai berbagai penyakit alergi lain, seperti asma bronkial dan rhinokonjungtivitis alergi.

Penyebab

Hingga saat ini penyebab dari eksim atopik masih belum diketahui secara pasti. Meski demikian, terdapat beberapa faktor yang diduga berperan dalam terjadinya eksim. Beberapa faktor tersebut antara lain:

  • faktor genetik
  • sistem imunitas tubuh
  • faktor lingkungan dan gaya hidup
  • faktor psikologi

Diagnosis

Penentuan diagnosis eksim atopik dilakukan lewat serangkaian wawancara medis dan pemeriksaan fisik yang lengkap pada pasien.

Pada pemeriksaan akan dijumpai adanya beberapa tanda, seperti:

  • kulit kemerahan dengan gejala gatal
  • kulit juga terlihat kering
  • terlihat kemerahan
  • jika disertai infeksi sekunder dapat terlihat adanya nanah atau pus

Gejala  

Gejala utama eksim atopik ialah kulit yang terasa gatal yang hilang timbul sepanjang hari, tetapi umumnya keluhan lebih berat pada malam hari. Penderita akan menggaruk sehingga timbul berbagai tanda pada kulit seperti goresan atau penebalan kulit.

Eksim atopik paling sering muncul pada tahun pertama kehidupan anak. Gangguan kulit mulai di muka (dahi, pipi) berupa kulit yang kemerahan. Eksim kadang muncul pada beberapa bulan pertama setelah bayi lahir dan seringkali menghilang pada usia 3–4 tahun, meskipun biasanya akan muncul kembali.

Pada anak-anak dan dewasa, ruam seringkali muncul dan kambuh kembali hanya pada satu atau beberapa daerah, terutama lengan atas, sikut bagian depan atau di belakang lutut.

Pengobatan

Pengobatan eksim atopik dapat dilakukan dengan menghindari bahan iritan seperti sabun, rokok, dan bahan kimia. Jika sudah terbukti terdapat alergen atau bahan pencetus, maka hindarilah bahan pencetus tersebut.

Jagalah kelembaban kulit agar tetap lembab karena penderita eksim cenderung mengalami kulit kering. Penggunaan obat golongan kortikosteroid dapat dipertimbangkan pada beberapa keadaan.

Pencegahan 

Dapatkan eksim atopik dicegah? Ya. Eksim atopik dilakukan dengan menghindari bahan pencetusnya.

Artikel
    Obat Terkait