Sukses

Pengertian

Edema paru akut adalah kondisi penumpukan cairan di paru-paru yang terjadi secara tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan terganggunya fungsi paru, bahkan bisa menyebabkan gagal napas. Oleh sebab itu edema paru bisa digolongkan sebagai kondisi gawat darurat medis yang memerlukan penanganan secepatnya, karena mengancam nyawa penderitanya.

Pada kasus edema paru akut yang berlangsung dalam jangka waktu panjang, penderitanya akan merasakan sesak napas khususnya saat melakuka aktivitas fisik. Saat kelelahan, tak jarang penderita akan mengeluarkan suara mengi (napas tersumbat).

Penyebab

Hal yang paling sering menjadi penyebab edema paru akut adalah kegagalan jantung memompa darah. Akibatnya darah akan kembali ke paru-paru dan menyebabkan keluhan sesak napas.

Selain itu, pemberian carian yang berlebihan pada penderita juga dapat menyebabkan kondisi edema paru. Hal ini terutama sering terjadi pada seseorang dengan gangguan jantung dan gangguan ginjal.

Diagnosis

Penentuan diagnosis edema paru bisa dilakukan melalui wawancara medis dan pemeriksaan fisik. Seseorang yang mengalami edema paru biasanya akan mengeluh merasa sesak napas yang semakin lama semakin berat. Pada pemeriksaan fisik biasanya akan terlihat bahwa penderita bernapas dengan irama tergesa-gesa.

Pemeriksaan foto thoraks dan rekam jantung juga biasa dilakukan sebagai pemeriksaan lanjutan untuk mendiagnosis terjadinya edema paru. Selain itu, pemeriksaan laboratorium juga diperlukan untuk melihat adanya gangguan ginjal, hati, atau jantung.

Gejala

Ada beberapa hal yang bisa dilihat sebagai gejala edema paru akut. Penderita yang mengalami edema paru biasanya akan mengeluh sesak napas dan juga keluhan menjadi lebih mudah lelah. Seseorang dengan edema paru juga dapat mengalami kejadian batuk darah.

Selain itu bisa juga terjadi keluhan nyeri dada, yang merupakan tanda adanya serangan jantung yang memerlukan penanganan segera. Pada kasus edema paru akibat kelebihan cairan, dapat dijumpai pula kondisi pembengkakan pada tubuh.

Pengobatan

Edema paru akut biasanya diobati dengan menangani penyakit yang menjadi latar belakang penyebab edema paru. Pemberian oksigen merupakan langkah awal yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang telah mengalami sesak napas.

Jika penyebab edema paru berasal dari kegagalan jantung memompa darah, maka pemberian obat untuk memperkuat jantung dapat dilakukan. Biasanya dokter akan mempertimbangkan pemberian obat golongan vasodilator, seperti nitrat dan diuretik.

Jika penderita sudah berada dalam kondisi yang lebih berat dan tidak memberikan respon yang baik terhadap pemberian obat, maka penggunaan ventilator bisa jadi akan dibutuhkan. Pada keadaan yang lebih berat, penderita bisa mengalami gagal napas dan memerlukan pemasangan selang napas disertai dukungan bantuan napas melalui alat ventilator.

Pencegahan

Edema paru akut bisa dicegah dengan menangani penyakit penyebab edema paru. Seseorang dengan gagal jantung atau gagal ginjal perlu dipantau dengan ketat jumlah cairan yang masuk dan keluar. Secara umum ada saran yang kerap diberikan sebagai upaya pencegahan, yaitu hindari pemberian cairan berlebihan pada populasi usia tua.