Sukses

Pengertian

Club foot atau kaki bengkok adalah kelainan bentuk kaki yang biasanya terjadi sejak lahir. Kondisi ini dapat ringan maupun berat. Jika memiliki club foot, anak akan sulit untuk berjalan secara normal, sehingga dokter akan merekomendasikan penanganan segera setelah lahir.

Biasanya club foot dapat ditangani tanpa operasi. Meski terkadang dibutuhkan operasi tindak lanjut pada kemudian hari.

Diagnosis

Dokter dapat mengenali club foot hanya dengan melihat bentuk dan posisi kaki bayi yang baru lahir.

Kondisi club foot bahkan dapat diketahui sejak bayi dalam kandungan, melalui pemeriksaan USG. Walau masalahnya tidak dapat diatasi sebelum bayi lahir, ini dapat memberikan Anda waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang club foot dan berkonsultasi dengan ahlinya, seperti konselor genetik atau ahli bedah ortopedi.

Gejala

Gejala club foot adalah sebagai berikut:

  • Bagian atas kaki biasanya memutar ke bawah dan ke dalam, sehingga tampak melengkung.
  • Kaki bisa tampak seolah-olah terbalik.
  • Otot betis pada kaki yang terkena biasanya lebih kecil.
  • Kaki yang terkena dampaknya mungkin bisa 1 sentimeter lebih pendek dari kaki yang lain.

Club foot biasanya tidak menimbulkan ketidaknyamanan. Namun, gejala akan timbul jika terdapat gangguan fungsi kaki dalam jangka panjang.

Pengobatan

Tulang, sendi, dan tendon bayi masih sangat fleksibel. Karena itu, pengobatan club foot sebaiknya dimulai pada minggu pertama atau kedua setelah lahir. Tujuannya adalah untuk memperbaiki tampilan dan kerja kaki, sebelum bayi belajar berjalan. Hal ini juga penting untuk mencegah cacat jangka panjang.

Pilihan pengobatan untuk club foot berupa:

  • Peregangan (stretching) dan gips (metode Ponseti)
  • Operasi

Penyebab

Penyebab pasti dari club foot belum diketahui. Namun, kondisi ini bisa disebabkan oleh kombinasi genetik dan lingkungan.