Sukses

solmux-forte-syrup

Pengertian

Solmux Forte Syrup merupakan obat yang mengandung Carbocistein. Solmux Forte Syrup adalah obat yang digolongkan sebagai agen mukolitik, yaitu obat yang berfungsi mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Solmux Forte Syrup sering digunakan untuk meringankan gejala Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) (mengalami kesulitan bernapas, terutama disebabkan oleh penyempitan saluran udara mereka, ini disebut obstruksi aliran udara )  dan bronkiektasis (Bronkiektasis adalah pelebaran pada satu atau lebih saluran udara dengan cara yang tidak normal ). Carbocysteine bekerja dengan cara mengurangi hiperplasia sel goblet (sel yang memproduksi lendir). Solmux Forte Syrup digunakan untuk membantu pengobatan penyakit-penyakit pada sistem pernafasan dengan ciri-ciri adanya lendir yang kental dan berlebihan.

Keterangan

  • Golongan: Obat keras
  • Kategori: Obat
  • Kandungan: Carbocisteine
  • Bentuk: Syrup
  • Satuan Penjualan: Botol
  • Farmasi: United Lab

Kegunaan

Solmux Forte Syrup  merupakan obat yang digunakan untuk membantu mengobati penyakit pernafasan, seperti :

  • Bronkitis (Bronkitis adalah infeksi pada saluran pernapasan utama dari paru-paru atau bronkus yang menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran tersebut ) akut dan kronis
  • Bronkiektasis (Bronkiektasis adalah pelebaran pada satu atau lebih saluran udara dengan cara yang tidak normal )
  • Infeksi sinus
  • Radang tenggorokan
  • Tracheitis (Tracheitis adalah infeksi saluran pernafan yang disebabkan oleh bakteri )
  • Otitis media supurative (glue ear) (Otitis media supuratif kronik adalah radang kronik telinga tengah dengan perforasi membran timpani dan riwayat keluarnya sekret dari telinga (otorea) lebih dari 2 bulan, terus-menerus atau hilang timbul )
  • Dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) (suatu keadaan dimana mengalami kesulitan bernapas, terutama disebabkan oleh penyempitan saluran udara mereka, ini disebut obstruksi aliran udara )

Dosis & Cara Penggunaan

Solmux Forte Syrup merupakan Obat yang termasuk ke dalam Golongan Obat Keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan Solmux Forte Syrup juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena Dosis Penggunaan nya berbeda-beda setiap individu nya tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

Aturan penggunaan Solmux Forte Syrup  sebagai berikut :

  • Dewasa, dosis awal : diminum 4 kali sehari 15 ml (1 sendok makan). Selanjutnya dikurangi sampai 4 kali sehari 10 ml (½ sendok makan).
  • Anak-anak : Untuk anak-anak sebaiknya dipilih sediaan syrup 100 mg/5 ml syrup. Namun jika tidak tersedia, syrup ini bisa diberikan dengan mengatur dosis 20 mg/kg berat badan/hari. Dibagi dalam beberapa kali pemberian.
  • Atau sesuai petunjuk dokter”

Solmux Forte Syrup  dapat diminum sesudah makan. Untuk hasil yang lebih maksimal, Solmux Forte Syrup  diminum setiap hari dan diusahkan dalam waktu yang sama setiap hari nya. Jika tidak sengaja lupa meminum Solmux Forte Syrup, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis pada jadwal berikutnya.

Efek Samping

Semua Obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut.

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Solmux Forte Syrup antara lain :

  • Efek samping yang relatif ringan yaitu gangguan pada saluran pencernaan misalnya mual, muntah, nyeri lambung dan nyeri pada ulu hati. Efek samping ini biasanya akan hilang jika dilakukan pengurangan dosis.
  • Efek samping yang lebih serius tetapi kejadiannya jarang misalnya reaksi alergi seperti kulit kemerahan, bengkak pada wajah, sesak nafas dan kadang-kadang demam

Bila efek samping menetap bahkan memburuk, segera hentikan penggunaan Solmux Forte Syrup dan konsultasikan ke Dokter.

Kontra indikasi :

  • Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif/alergi terhadap  Carbocysteine .
  • Tidak boleh diberikan kepada penderita ulkus peptikum (Ulkus peptikum adalah kerusakan pada lapisan mukosa, submukosa sampai lapisan otot saluran cerna yang disebabkan oleh aktivitas pepsin dan asam lambung yang berlebihan ) yang aktif.
  • Tidak boleh digunakan bersamaan dengan antitusif (penekan batuk) atau obat-obatan yang mempunyai aksi mengeringkan sekresi bronkial.

FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Solmux Forte Syrup kedalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak diperlihatkan pada studi terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trimester berikutnya).

Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat yang mengandung Solmux Forte Syrup  seperti nama dagang. Selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

 

Artikel
    Penyakit Terkait