Sukses

sohopect-syrup-15mgchild

Pengertian

SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD merupakan obat yang mengandung zat aktif Ambroxol. SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD adalah salah satu obat yang masuk ke dalam golongan mukolitik, yaitu obat yang fungsinya adalah mengencerkan dahak. SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD umumnya digunakan untuk mengatasi gangguan pernapasan akibat produksi dahak yang berlebihan pada kondisi seperti bronkiektasis dan emfisema. Dengan obat mukolitik, dahak yang diproduksi akan lebih encer sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tenggorokan saat batuk. Dengan demikian, pipa saluran pernapasan pun lebih terbuka dan terasa lega. SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD bekerja dengan cara memecah serat mukopolisakarida pada dahak sehingga membuatnya lebih longgar dan encer sehingga dahak akan lebih mudah dihilangkan dengan batuk. SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD tidak menekan batuk sehingga tidak mengganggu respon batuk alami tubuh. Hal ini penting, karena batuk masih diperlukan untuk mengeluarkan dahak yang berlebihan dari saluran nafas. Dengan demikian, maka dahak akan lebih encer dan mudah dikeluarkan.

Keterangan

  • Golongan: Obat keras
  • Kategori: Obat
  • Kandungan: Ambroxol
  • Bentuk: Syrup
  • Satuan Penjualan: Botol
  • Farmasi: Soho Global Health - Natural Professional Products

Kegunaan

SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD merupakan obat yang digunakan untuk membantu mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan melalui batuk sehingga melegakan saluran pernapasan. Obat ini digunakan dalam beberapa kondisi yang menghasilkan banyak dahak seperti:

  • Bronkiektasis ( Bronkiektasis adalah pelebaran pada satu atau lebih saluran udara dengan cara yang tidak normal )
  • Emfisema (Emfisema adalah penyakit progresif jangka panjang pada paru-paru yang umumnya menyebabkan napas menjadi pendek )
  • Bronkitis (Bronkitis adalah infeksi pada saluran pernapasan utama dari paru-paru atau bronkus yang menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran tersebut ) kronis dan akut
  • Pneumokoniosis bronkitis (Pneumokoniosis bronkitis infeksi pada saluran pernapasan utama dari paru-paru atau bronkus yang menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran tersebut disebabkan oleh debu di daerah tambang )

Dosis & Cara Penggunaan

SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD merupakan Obat yang termasuk ke dalam Golongan Obat Keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena Dosis Penggunaan nya berbeda-beda setiap individu nya tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

Aturan penggunaan SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD sebagai berikut :

  • Dewasa dan anak diatas 12 tahun : diminum 2 sampau 3 kali sehari 10 ml sirup
  • Anak 6 sampai 12 tahun : diminum 2 samapi 3 kali sehari 5 ml sirup
  • Anak 2 sampai 5 tahun  : diminum 3 kali sehari 2.5 ml sirup.
  • Anak dibawah 2 tahun  : diminum 2 kali  sehari 2.5 ml sirup.
  • Dosis lazim anak  : 1.2-1.5 mg / kg BB / hari dalam dosis bagi.

Nama dagang (dapat diminum sebelum maupun sesudah makan). Untuk hasil yang lebih maksimal, SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD diminum setiap hari dan diusahkan dalam waktu yang sama setiap hari nya. Jika tidak sengaja lupa meminum SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis pada jadwal berikutnya.

Efek Samping

Semua Obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut.

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD antara lain :

  • Mual
  • Muntah
  • nyeri ulu hati

Bila efek samping menetap bahkan memburuk, segera hentikan penggunaan SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD dan konsultasikan ke Dokter.

 Hati hati penggunaan SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD pada pasien dengan ulkus lambung atau penyakit maag.

Kontra indikasi : SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILDtidak boleh digunakan pada pasien yang diketahui hipersensitif terhadap komponen kompenen obat.

FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD kedalam kategori D dengan penjelasan sebagai berikut:

“ Terbukti menimbulkan resiko terhadap janin manusia, tetapi besarnya manfaat yang diperoleh jika digunakan pada wanita hamil dapat dipertimbangkan (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak efektif atau tidak dapat diberikan) “

Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat yang mengandung Ambroxol  seperti SOHOPECT SYRUP 15MG/CHILD. Selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Artikel
    Penyakit Terkait