Sukses

sinupret-tablet

Pengertian

SINUPRET TABLET merupakan obat paten yang mengandung Gentianae Radix, Primulae cum Calycibus Flores, Rumicis Herba, Sambuci Flores, Verbenae Herba. SINUPRET TABLET merupakan obat yang berasal dari gabungan beberapa tumbuhan herbal yang digunakan untuk membantu mengobati sinusitis (Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi ) akut dan kronis. Secara umum, gejala pada sinusitis adalah: sakit kepala, demam dengan suhu 38°celcius atau lebih, hidung tersumbat atau keluar cairan kuning kehijauan, nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika ditekan, kehilangan indera penciuman, napas berbau (halitosis). Penyebab sinusitis  yang paling umum pada orang dewasa adalah karena pembengkakan dinding dalam hidung. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas. Faktor pemicu sinusitis pada orang dewasa selain infeksi virus adalah infeksi jamur, infeksi gigi, serta kebiasaan merokok. Biasanya setelah terjadi pilek atau flu, infeksi bakteri sekunder bisa terjadi. Ini akan menyebabkan dinding dari sinus mengalami peradangan atau inflamasi. Pada anak-anak sinusitis disebabkan oleh alergi, tertular penyakit dari anak-anak lain di sekitarnya, kebiasaan menggunakan dot ataupun minum dari botol dalam keadaan berbaring, dan tinggal di lingkungan yang penuh asap.  Selain itu SINUPRET TABLET juga digunakan untuk mengencerkan dahak pada infeksi saluran napas dan asma.

Keterangan

  • Golongan: Obat bebas
  • Kategori: Obat
  • Kandungan: Gentianae Radix, Primulae cum Calycibus Flores, Rumicis Herba, Sambuci Flores, Verbenae Herba
  • Bentuk: Tab
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Farmasi: Bionorica

Kegunaan

SINUPRET TABLET merupakan obat yang digunakan untuk membantu pengobatan, seperti :

  • Sinusitis akut dan kronis (Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi )
  • Mengencerkan dahak pada infeksi saluran napas dan asma.

Dosis & Cara Penggunaan

SINUPRET TABLET merupakan Obat yang termasuk ke dalam Golongan Obat Keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan SINUPRET TABLET juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena Dosis Penggunaan nya berbeda-beda setiap individu nya tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

Aturan penggunaan SINUPRET TABLET sebagai berikut :

  • Dewasa : 3 kali sehari 1 samapi 2 tablet.
  • Anak berusia 6-12 tahun : 2 sampai 3 kali sehari 1 tablet.

SINUPRET TABLET dapat diminum sesudah makan. Untuk hasil yang lebih maksimal, SINUPRET TABLET diminum setiap hari dan diusahkan dalam waktu yang sama setiap hari nya. Jika tidak sengaja lupa meminum SINUPRET TABLET, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis pada jadwal berikutnya.

Hentikan penggunaan SINUPRET TABLET ketika gejala mulai membaik.

Efek Samping

Semua Obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut.

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan SINUPRET TABLET antara lain :

  • Dari sistem pencernaan:  rasa sakit di perut bagian atas, mual.
  • Reaksi alergi: ruam kulit, eritema(Eritema nodosum adalah kondisi kulit yang ditandai dengan benjolan merah yang biasanya muncul pada tulang kering ), gatal, angioedema ( Angioedema adalah pembengkakan di bawah kulit yang disebabkan oleh reaksi alergi ) , sesak napas.

 

Bila efek samping menetap bahkan memburuk, segera hentikan penggunaan SINUPRET TABLET dan konsultasikan ke Dokter.

Konta indikasi dari penggunaan SINUPRET TABLET antara lain:

  • Anak-anak sampai usia 2 tahun (untuk tetes lisan)
  • Anak-anak sampai usia 6 tahun (untuk pil)
  • Penderita yang hipersensitif terhadap obat.

FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan SINUPRET TABLET kedalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak diperlihatkan pada studi terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trimester berikutnya).

Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian SINUPRET TABLET. Selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

 

Artikel
    Penyakit Terkait