klikdokter.com
Senin, 22 September 2014
Bedah
Noma



Definisi

Penyakit infeksi (cancrum oris) yang merusak jaringan orofasial (mulut) serta struktur sekitarnya dengan penyebabnya kuman Fusobacterium necrophorum pada anak dengan gangguan imunitas (kekebalan tubuh).

Gejala Klinis

Pasien datang dengan adanya defek pada bibir, tepi mulut, hidung, pipi, dan kadang kelopak mata bagian bawah, yang didahului dengan riwayat luka yang menghitam. Kerusakan otot pengunyah juga dapat menyebabkan trismus. Pasien yang datang pada keadaan yang lebih dini dapat ditemukan gingivitis akut (radang gusi), nekrosis mukosa, dan ulserasi mukosa mulut yang luas.


Gambar. Pasien dengan penyakit noma.

Penatalaksanaan
  • Pada stadium akut terapi oleh bagian anak dengan eradikasi (pemberantasan) infeksi, perbaikan gizi, dan nekrotomi (membuang jaringan yang mati)
  • Pada kasus lanjut, jaringan parut bisa dipakai sebagai inner lining, fusi tulang dibebaskan, dan dilakukan penutupan raw surface tanpa usaha untuk memperbaiki defek

 

Epidemiologi

Angka kejadian di Afrika adalah sekitar 2-4 kasus setiap 10.000 anak, di Senegal 2,8-8,4 kasus setiap 10.000 anak berusia 1-5 tahun, di Nigeria 7-14 kasus setiap 10.000 anak berusia 0-6 tahun.

Penyebab

  • Sering didahului penyakit berat yang dapat menurunkan sistem imunitas, misalnya campak, malaria, cacar air, tuberkulosis.
  • Terjadinya acute necrotizing gingivitis. Dalam hal ini peranan virus herpes mungkin saja terjadi, yaitu pada anak-anak dengan higiene (kebersihan) mulut yang jelek
  • Ditemukan pula kuman lain sebagai penyerta yaitu Prevotella intermedia, alpha hemolytic streptococcus, Actinomyces sp
  • Penelitian di Afrika oleh Cyril O. Enwonwo dkk. tahun 1999 menemukan penurunan kadar Zinc (<10,8 umol/L), retinol (<1,05 umol/L), ascorbate (<11umol/L), dan peningkatan kadar kortisol bebas pada saliva (air liur) pasien dengan noma
  • Setelah terjadi nekrosis (kematian jaringan) pada jaringan lunak, nekrosis dapat berlanjut pada tulang sehingga terjadi penggabungan rahang atas dan rahang bawah yang mengakibatkan terkuncinya mulut (trismus)

Pemeriksaan Tambahan
Jarang dilakukan pemeriksaan tambahan untuk menegakkan diagnosis noma

 



Artikel Terkait
Artikel Terkait
Baca Juga

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia