Sukses

Silahkan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

Minuman Bersoda untu Meredakan Sakit Tenggorokan

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Apa minuman soda seperti sprite bisa mengobati sakit tenggorokan atau radang tenggorokan

Nyeri Bawah Leher dan Badan Pegal-pegal

Info penanya: Wanita, 52 Tahun

Dok, saya mau tanya. Dua hari ini saya merasakan tidak enak badan, hawa terasa sangat dingin, badan pegal2 apalagi bagian paha dan kaki, bagian bawah rahang (gondong) sakit, susah untuk makan, lemas. Kira2 saya kenapa ya sok? Apa saja yang harus saya lakukan/makan/hindari? *note: saya memiliki hipertensi

Radang Tenggorokan dan Bau Mulut

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Lebih dari 1 tahun radang tenggorokan merah gak pernah sembuh-sembuh, dan menyebabkan bau mulut. berbagai macam obat telah di konsumsi, tapi tidak ada hasilnya sama sekali.

Nyeri Tenggorokan, Batuk Berdahak

Info penanya: Pria, 20 Tahun

pagi dok, saya mau tanya. saya pria usia 20 tahun. saya perokok tapi sudah seminggu berhenti merokok setelah setiap pagi setelah bangun tidur, tenggorokan saya itu sakit, berhadak, juga batuk. padahal kalau siang hari saya tidak batuk dan berdahak, itu saya alami ketika pagi saat bagun tidur. saya mengalaminya pada saat saya masih merokok namun ketika itu saya belum memperdulikannya.

Telinga Nyeri dan Mengeluarkan Darah

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Dok, kemarin saya berobat ke spesialis THT karena telinga saya bengkak, berair, dan terasa nyeri setelah saya membersihkan telinga saya menggunakan cotton bud. Saya di berikan obat minum, dan obat tetes. Setelah saya teteskan obat tetesnya saat malam hari, saat tidur telinga saya berdarah. Namun saya tidak merasakan sakit seperti sebelum saya berobat, dok. Apakah itu berbahaya, dok? Terimakasih dok.

Pendengaran Menurun Saat Pilek

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Mau tanya dok saya 3 hari ini pilek nah hari kedua telinga saya sakit sekali dan seperti ada yg menyumbat lalu, hari ke tiga telinga saya tidak sakit lagi tetapi pendengaran menurun karena terasa ada yang menyumbat, itu kenapa ya dok .. Apakah parah atau nanti jika pileknya sembuh telinga saya juga sembuh?

Lendir di Tenggorok

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Selamat pagi, Dok. Di antara hidung dan tenggorokan terasa seperti ada dahak yang keluar, dan itu terjadi setiap saat padahal saya tidak batuk. kerap kali saya keluarkan melalui mulut krn tdak bisa keluar melalui hidung. Pada malam hari saat beranjak tidur, saya terkadang kesulitan bernafas karena hidung tersumbat. Padahal tidak ada lendir yang keluar dari hidung saya. Apa penyebabnya dan cara mengatasinya, Dok? Terima kasih..

Pendengaran Menurun Akibat Kotoran Telinga

Info penanya: Pria, 20 Tahun

dok, saya mau tanya telinga saya sepertinya tersumbat serumen/kotoran sangat mengganggu saya merasa seperti tidak mendengar apapun, bagaimana cara membersihkan nya? terima kasih

Tenggorokan Seperti Ada yang Mengganjal

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Dokter, sudah 3 hari tenggorokan saya seperti ada yang mengganjal dan membuat saya sesak nafas, seperti ada dahak tetapi saya tidak batuk, dan beberapa kali coba dikeluarkan tidak bisa keluar, itu kenapa ya dok? Terima Kasih

Penyebab Mimisan Tanpa Henti

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Dokter sya mau tanya penyebab kluarnya darah tanpa henti dari hidung itu apa? Karna tante saya mimisan tapi tdk seperti mimisan biasa,, dia mengalami mimisan yang benar benar darahnya terus mengucur dari hidunhnya,, sebelumnya beliau merasa sakit kepala sebelah kmudian tdk lama stelahnya dia mimisan ,.

Kotoran Telinga Anak Mengeras

Info penanya: Wanita, 28 Tahun

Malam dok, anak saya sekarang usianya 4 th 7 bln wkt umur d bawah 1 th (saya lupa tepatnya umur brp) keluar cairan putih susu dr telinga kiri krn saya masih awam sy periksakan ke puskesmas dekat rmh.. Diagnosa dokter jaga gendang telinga anak sy pecah dan ga akn kembali seperti semula sehingga anak sy akan mengalami gangguan pendengaran/tuli sampai dia besar. Krn sy ga tau harus kmn sy biarkan, setelah kejadian itu sy sering kontrol telinga anak sy dan sy liat ad sesuatu d dlm telinganya sy ga berani bersihin tpi sy pernah coba buat meriksa sepertinya itu kotoran telinga tpi keras bgt.. Alhamdulillah nya pendengaran anak sy ga ad masalah.. Apa tu bahaya dan apa yg harus sy lakukan... Terima kasih

Sakit Batuk, Pilek, Pusing

Info penanya: Pria, 16 Tahun

Dok saya panas dingin batuk pilek hidung tersumbat sudah 3 hari dok, sudah minum parasetamol pagii udh agak baikkan dok pass sore mulai panas Dok Klo saya gerakkan bola mata ketas, mata saya terasa sakit dok apa lagi liat ke kiri dan kanan, Saya tidak rasa mual atau pusing cuman klo geleng" kepala terasa pusing dok, Mohon bantuannya dok

Batuk dan Pilek disertai Pusing

Info penanya: Pria, 16 Tahun

Dok saya panas dingin batuk pilek hidung tersumbat sudah 3 hari dok, sudah minum parasetamol pagii udh agak baikkan dok pass sore mulai panas Dok Klo saya gerakkan bola mata ketas, mata saya terasa sakit dok apa lagi liat ke kiri dan kanan, Saya tidak rasa mual atau pusing cuman klo geleng" kepala terasa pusing dok, Mohon bantuannya dok

Telinga Berdengung, Kenali Penyebabnya

Info penanya: Pria, 26 Tahun

selamat malam, telinga saya berdengung terus sudah 2 hari, kalau ada suara orang berbicara dengungnya semkin terasa.. apa penyakitnya, dan seperti apa cara mengatasinya, terimakasih

Tertelan permen

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Nama saya prissil. Saya ingin bertanya kepada dokter. Sewaktu saya smp kelas 9 saya tidak sengaja tertelan permen. Saya mencoba setengah mati untuk memuntahkan permen tersebut namun tidak bisa. Sekarang saya sudah menjadi mahasiswa dan permen itu masih tersangkut di tenggorokan saya. Saya ingin bertanya apakah ada cara untuk mengatasi permen tersebut agar tidak tersangkut lagi di tenggorokan dan apakah itu berbahaya bagi tubuh saya. Terima kasih

Telinga Nyeri dan Mengeluarkan Cairan

Info penanya: Wanita, 16 Tahun

Dok, telinga kiri saya terasa nyeri dan kemarin saat tidur mengeluarkan cairan sendiri. sekarang pas saya coba korek pake cotton bud juga masih ada cairannya. telinga saya juga terasa bindeng. apakah wajib konsultasi dokter? Kira-kira obatnya apa ya dok? terimakasih

Gendang Telinga Robek, Apakah Bisa Sembuh ?

Info penanya: Pria, 18 Tahun

selamat siang dokter saya mau tanya apakah penyakit gendang telinga robek atau bolong masih bisa rapat tanpa harus operasi dan pendegaran saya masih sangat normal cuman saya mau ngelamar tentara ....? terimah kasih

Gendang Telinga Robek

Info penanya: Pria, 18 Tahun

selamat siang dokter saya mau tanya apakah gendang telinga yang robek bisa rapat kembali penyakit ini saya alami udah mau 1 tahun. tapi pendengaran saya masih sangat normal cuman sering keluar cairan satu bulan sekali

Mengatasi Rhinitis

Info penanya: Pria, 18 Tahun

bagaimana cara mengatasi rhinitis alergi yang tepat?

Lidah Terasa Asin Setiap Makan

Info penanya: Pria, 28 Tahun

kmren sempet panas badan saya dok,disertai lambung perih dan itu terjadi selama 4 hr,selama itu lidah berasa asin dan yg saya takutkan badan udah ga panas dan lambung udah ga perih tp lidah masih berasa asin.

Telinga Berdenging

Info penanya: Pria, 14 Tahun

permisi dok,3 hari yang lalu saya habis berkelahi dengan teman sebaya saya,dia memukul daerah sekitar telinga kalau tidak salah di bagian pipi agak ke atas/belakang,setelah menerima pukulannya saya mendengar ada bunyi denging di telinga saya yang sebelah kanan dok,sampai sekarang denging nya masih terdengar dan sangat mengganggu,apa kah denging ini termasuk penyakit atau luka dalam dok??,mohon jawabannya

Telinga Berdengung Setelah Terbentur

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Dok, saya mau tanya. Telinga saya berdengung setelah terbentur tembok karena kelalaian saya yang ga lihat keadaan sekitar. Cuku keras karena sehabis terbentur telinga saya berdengung dan sampe saat ini telinga saya kaya kemasukan air padah ngga. Itu gimana ya?

Pengobatan Kanker Nasofaring

Info penanya: Pria, 36 Tahun

Sore Dok, Saya telah melakukan pemeriksaan, saya di fonis terkena kanker nasofaring, ,bagaimana cara pengobatannya ya ? apakah memang harus di oprasi ? dan apakah setalh oprasi akan bener-benar pulih ? terimakasih

Rambut Masuk ke Tenggorokan

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Dok, saya sering merasa ada rambut yang masuk ke dalam tenggorokan sampai ke perut, apa effect yang bisa terjadi & gimana caranya mengeluarkan rambut itu tanpa harus operasi dok?tolong solusinya dok..

Penyebab Ingus Berbau Busuk

Info penanya: Pria, 28 Tahun

ass. dok. saya sudah sebulan ingus berbau busuk, kepala sakit karena nya, 2 hari kemarin keluar kotoran berbentuk gumpalan berwarna putih kehijauan dan sangat berbau, seketika setelah keluar kotoran itu lalu hilang sakit di kepala saya, hari ini sakit nya terasa lagi... mohon penjelasannya...

Luka Pada Lubang Hidung

Info penanya: Pria, 27 Tahun

Luka pada lubang hidung saya tidak mau sembuh dan selalu meninggalkan bekas luka seperti sisik- sisik putih.

Sakit telinga

Info penanya: Pria, 20 Tahun

Terasa sakit di telinga sebelah kanan apa penyebabnya?

Telinga Berdenging dan Terasa Penuh

Info penanya: Pria, 30 Tahun

Selamat pagi dokter Seminggu yang lalu ketika bangun pagi saya merasakan telinga kiri menjadi denging dan terasa penuh/tersumbat. Pendengaran di telinga kiri saya rasakan lebih kecil dibanding telinga kanan. Saya juga merasakan pada saat tertentu, badan seperti goyah, agak hilang keseimbangan tapi tidak sampai pusing, mual atau muntah. Sebelum telinga saya denging saya sempat merasa sakit tenggorokan dan hidung terkadang mampet tapi tidak pilek, hanya kadang keluar ingus bening. Seminggu sebelumnya juga makanan saya kurang terjaga seperti mi instan, rendang, telor dan sate. Saya sempat kena radang tenggorokan 2 bulan sebelum telinga berdenging. Sudah 2 dokter THT yg saya kunjungi. Dokter pertama diagnosanya telinga kotor, namun setelah dibersihkan tetap terasa denging dan penuh. Dokter THT kedua yang saya kunjungi memeriksa hidung, tenggorokan dan telinga. Hasil diagnosanya hidung saya alergi dan tenggorokan radang kronis. Gendang telinga kiri agak kaku dan agak terdorong ke dalam, sementara hasil audiogram menurut dokter tersebut masih bagus. Saya diberi obat namun setelah 2 hari meminum, telinga saya tidak ada perubahan berarti, masih tetap denging dan seperti penuh/tersumbat. Apa yang terjadi sebenarnya dengan telinga saya dok? Apakah telinga saya bisa kembali normal seperti sediakala? Terima kasih.

Tentang tenggorokan

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Pagi dokter.. Saya mau tanya tentang tenggorokan. Amandel saya bengkak tapi udah berapa kali ke dokter dikasih obat tapi tetap bengkak amandelq masih seperti pertama sakit walaupun sekarang sdah tidak sakit tapi bengkaknya masih ada.. Tolong saranya dokter.. Makasih

Tentang tenggorokan

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Pembengkakan amandel

Faringitis

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

tenggorokan saya sakit pas saya lihat seperti ada lendir do tenggorokan saya dan pas saya google ternyata namanya Faringitis streptokokus. apa yg harus saya lakukan dan apa obat yang sebaiknya saya konsumsi? terimakasih

Benjolan di bagian permukaan hidung dalam

Info penanya: Wanita, 15 Tahun

Dok saya mau tanya, ada benjolan di permukaan di lobang hidung(yang biasa ditumbuhi bulu-bulu hidung) saya warna nya kuning. pertamanya itu ngerasa sakit baru saya pencet juga sakit..pas itu pernah timbul kek gini tapi saya pecahin dan keluar nanah. Tapi sekarang muncul lagi kira-kira itu apa dok?

Biaya Operasi Polip/Sinusitis

Info penanya: Pria, 24 Tahun

saya mengalami polip/sinusitis dan ada pembengkakan pada tulang di wajah? berapa biaya operasi? jika saya melakukan operasi di rumah sakit gatot subroto? apakah wajah saya tulangnya bisa di potong dan di gantikan dengan tulang lain? atau bagaimana menurut anda? soalnya saya korban perokok pasif padahal saya tidak pernah merokok dari kecil sampai dewasa dan dari dahulu sampai sekarang hidup saya miskin sekali dan kalau dokter bisa bantu makasih.. saya sekarang lagi usahain jual ruko orang lain buat biaya operasi mohon dokter bantu sebarin url,link kalau tidak keberatan http://bit.ly/2jQIyjD

Cara menyembuhkan polip hidung tanpa oprasi

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Hidung saya ada semacam daging tumbuh, dan besar, berbau busuk, gimana cara menyembuhkannya?? Apa Cara alami menyembuhkannya?? Obat polip hidung diapotek yang aman dan manjur apa??

Benjolan Depan Telinga

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Sebulan lebih sy ada benjolan kecil banget depan telinga. Benjolan kira2 sebesar pea sized. Depan daerah tragus, kt dokter umum itu gpp. Tp kata dokter tht ini kelenjar getah bening. Diberi obat ostelox dan ocuson selama 4 hari dan benjolan tetap ada. Benjolannya tidak terlihat, hanya teraba jika menekan daerah depan telinga. Apakah ini berbahaya dok?karena setelah minum obt benjolan tetap masih ada.

Nyeri pada Telinga, Apa Penyebabnya?

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok saya ingin bertanya nyeri ditelinga dibagian depan. Saat digunakan berbicara dan mengunyah terasa sakit. Itu kenapa dok? Apakah menganggu pendengaran saya?

Hidung Mampet, Polip atau Bukan?

Info penanya: Pria, 15 Tahun

Hallo dok, saya mau tanya dihidung saya seperti ada polip. Lalu saya cek ke Klinik THT terdekat karna dulu saya juga kesitu sembuh pas telinga saya gendang telinganya ke gores. Jadi saya percayakan kesitu nah kata dokternya saya polip tapi masih kecil cuma harus dioprasi biar gak gede karna hidung saya pesek jadi susah nafas kalo tidur. Trus besoknya saya kepuskesmas mau minta surat rujukan nah pas dipuskesmas diperiksa juga katanya polip juga tapi, pas sampe Rs.Pelni kaya dokter THT nya malah gak ada polip sama sekali. Jadi yang benernya gimana dok? Saya yakin ada polip sih soalnya masih suka susah nafas yang dilubang hidung kanan.

Apa Saja Penyebab Vertigo?

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

ass dok dok saya kemarin baru periksa dan saya di diagnosa terkena vertigo dan belum tau penyebab nya. dan saya mempunyai keluhan di telinga saya, saya pernah di gurah di telinga sekitar 6 tahun yang lalu dan setelah d gurah telinga saya itu kering n kotor sekali samoai detik ini apakah itu bisa termasuk dari penyebab saya terkena vertigo? dan apakah saya harus datang ke dokter saraf dulu/ langsung saja ke dokter THT? terima kasih saya tunggu info nya dok

Tersangkut Duri di Tenggorokan

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Dok saya mau tanya tenggorokan saya tersangkut duri ikan dan sudah 2 hari gak bisa d ambil saya mau ke tht tp saya phobia sm alat kesehatan dok,solusinya gmn ya dok,lalu biayanya kira_kira berapa ya dok? Mohon bantuannya ya dok,terima kasih

Ingus Bercampur Darah, Mengapa ?

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Dear dokter, Saya fitri, usia 25, tanggal 10 januari saya sakit batuk bardahak, badan panas, batuk sudah lebih dari 3 hari saat saya periksa ke dokter, dokter saya bilang jika lebih dr tiga hari sejak tanggal 10 itu saya wajib cek darah. Tp setalh diberi obat : CTM, paracetamol, vitamin, sama 2 obat lain warna warni nggak ada namanya tp ada tulisannya batuk, saya sembuh, ketika obat itu habis saya malah sakit tambah parah, gejalanya: Batuk berdahak, sulit menelan, mata buat melirik ke kanan dan keriri sakit, pusing daerah hidung dan mata, badan panas setiap menjelng maghrib, dan penyebab yang membuat saya bertanya ke dokter paling parah adalah, saya buang ingus kental campur darah, setelahnya plong sekali dok, tapi panas pusing tak kunjung hilang. saya takut, apa saya harus cek darah tetepan dok? terimaksih sebelumnya. Regards Fitri

Keluar Darah dari Mulut

Info penanya: Pria, 41 Tahun

tanya dok ,saya tidak batuk tp ko keluar darah di mulut saya,kdang keluar pas posisi membungkuk / tidur ,pas keluar trsa kleler2 di kerongkongan

Nyeri Leher Kiri

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Assalamualaikum dok, Langsung ke pertanyaan ya dok Saya sudah hampir (atau mungkin sudah) 2 bulan ini merasakan nyeri di leher bagian kiri, jika saya tekan tekan, bagian yg terasa sangat sakit adalah bagian tengah atas dan bawah telinga sebelah kiri. Jika saya raba2 tidak ada bagian yg menonjol atau bengkak hanya terasa nyeri. Saya belum mencoba cara apaoun unutk menyembuhkannya, hanya saya pijit2 ringan tp tidak berkurang rasa sakitnya. Saya coba tempelkan koyo juga hanya terasa enteng saat masih panas koyonya, setrlah itu terasa sakit lagi... Saya mau coba pijat ke tukang pijat tp saya tidak berani, awalnya karena saya terlambat menstruasi 1 bulan makanya badan saya terasa sakit, tp ternyata setelah datang bulan rasa sakitnya hanya berkurang selama kurang lebih 3 hari saja. Sebelumnya terimakasih atas waktu dan jawabannya

Penyebab Jerawat di Daun Telinga

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

siang dok.. saya mau tanya, di daun telinga ada benjolan kecil seperti jerawat, awalnya sih ngga ada rasa sakit, tapi makin hari benjolan itu membesar dan ada sakit sedikit2.. kira2 itu apa ya dok? semacam abses atau bukan? dan penanganan harus bagaimana ya? terimakasih

Pengobatan Rhinitis Alergi

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Halo dokter.. Hidung saya selalu berair,mapet,sering bersin bersin mata juga gatal sekali.. saya sempat mencari gejala ini di internet dan mengarahkan kepada rhinitis.. seblumnya emang dulu saya pernah ada riwayat alergi yg tdk jelas dok.. waktu umur 17thnan masuk UGD 2x dan setiap alergi tuh jadi kyk biduran.. bentol yg amat sangat gatal terus nnt dia bikin pulau pulau lalu menyebar.. sudah tes alergi segala macem tidak ada hasil sbenernya sehingga pd waktu itu, jadi dokternya hanya menyimpulkan bahwa saya alergi tungau debu.. dari yg trakhir saya masuk masuk UGD tersebut stelahnya biduran ini ga pernah timbul.. hanya emang saya selalu mengalami hidung berair, mampet, mata gatal seperti itu.. dulu pernah sampai saya jadinya periksa ke THT cuma emang di beri obat flu biasa.. Karena seringnya seperti itu jd saya kira hanya flu flu ringan saja jadi tidak begitu saya hiraukan..kadang sesekali memang hilang. namun kali ini saya merasa agak terganggu.. karena hidung saya terus terusan berair sampe netes..idung mampet mata sangat gatal, serta saya juga ada asma dan kadang jadi kambuh.. bagaimana cara mengatasinya ya dok?

Hidung Mampet Akibat Cuaca Dingin

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Sore dokter, Istri saya tiap kondisi cuaca dingin hidung jadi mampet dan susah bernafas. Untuk bisa nyaman tidur harus konsumsi decadril. Apakah hidung mampet tersebut bisa disembuhkan? terima kasih

Asam Lambung dan Lendir di Tenggorokan

Info penanya: Pria, 27 Tahun

mlm dok , saya mau bertanya hampir 2 tahun dan sdh 5x saya ke dokter sp,Tht gk ada hasil nya . saya mengalami lendir , dahak setiap hari nya slalu ada di rongga hidung kerongkongan dan tenggorokan . mulut pun terasa pahit dan sering sendawa . apakah ada pengaruh nya dgn asam lambung yg naik dok ? tlg solusi nya untuk konsumsi obat pa dok . trims

Telinga Sulit Mendengar Sejak Kecil

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Gini dok,pendengaran telinga kiri saya kurang baik.. Ini udah berlangsung sejak saya SD, bisa mendengar suara tp tdk jelas. Bunyi hp pun gak bisa saya dengar.wktu kecil telinga sya pernh kemasukan cutton buds tp udah keluar dgn sndrinya.

Manfaat Brain Booster

Info penanya: Pria, 24 Tahun

dokter apakah Brain Booster Meningkatkan Kecerdasan, Daya ingat, Konsentrasi dan Kreativitas?

Flu Saat Dingin

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Assalamualaikum, salam sejahtera dokter, maaf nih saya mau tanya. saya punya keluhan, saya flu, lbih tepatnya bersin2 udh hampir 3 bln ko g sembuh2 knpa ya dok.? kalau setiap pagi, sehabis ambil air wudlu pasti bersih2 trus. trus kalo habis mandi atau kepala kepala kena air dan jg kalo terkena ac. mohon keterangannya dok. terima kasih sebelumnya . wassalamualaikum

Mengatasi Telinga Berdengung Sejak Lama

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Dok . kenapa telinga saya berdering terus . jadi pendengaran berkurang. ini udah terjadi 4 tahun . dan ini baru kerasa ada yang gatal di telinga dalam sebelah kanan . kalo gatalnya baru 3bulan ini .

Pendengaran Berkurang Perlahan

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Sejak usia 14 tahun perlahan saya merasakan kurang pendengaran padahal saya tidak pernah mengalami rasa sakit ataupun mengeluarkan cairan pada telinga saya. Namun saya tidak pernah menghiraukan apa yang saya rasakan saat itu. Dengan seiring berjalannya waktu saya mengalami penyimpangan dalam berkomunikasi dikarenakan pendengaran saya semakin buruk. Kemudian saya konsultasikan pada dokter Spesialis THT di RS Immanuel Bandung bahkan menjalankan pemeriksaan audiografi telinga. Dan telinga kanan saya hanya dapat merespon 30 dB pada frekuensi 250 Hz berbeda dengan telinga kiri saya yang merespon 70 dB pada frekuensi 250 Hz. Saat ini saya sering merasakan sakit pada telinga kanan seperti ada yang menusuk-nusuk kedalam telinga. Dokter saya tidak bisa mendengar dengan baik jika telinga kiri saya ditutup rapat-rapat. Dokter apakah telinga saya dapat disembuhkan setelah 9 tahun saya mengalami kurang pendengaran tanpa harus menggunakan alat bantu dengar.

Sakit Tenggorokan dan Telinga

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Sakit Tenggorokan dan Telinga Sebelah Kanan Pagi Dok, aku mau tanya, sy wanita umur 25 thn. 5 tahun belakangan ini sy sering mengalami sakit tenggorokan sebelah kanan dekat dengan pangkal lidah.. dalam setahun 3-4 kali kambuh.. tenggorokan terasa perih saat menelan makanan, minuman, atau ludah.. sakit tenggorakan ini tidak disertai flu, sakit kepala, batuk, atau demam.. Lalu 2 tahun terakhir ini sy juga sering mengalami sakit telinga sebelah kanan.. dalam setahun bisa 3-4 kali.. saat kambuh bisa berhari-hari.. untuk menunduk atau menoleh akan terasa sakit sekali, seperti ada yg tertarik dari dalam telinga sampai ke leher bagian atas dekat telinga.. biasanya sakit telinga ini kambuh saat saya kecapekan.. untuk sakit telinga ini sy pernah 2x berkonsultasi ke 2 dokter THT yg berbeda.. dokter pertama memberikan resep berupa garamycin gel dan dokter kedua memberikan resep albiotin 300, garamycin krim, dan obat pereda nyeri (ponstan).. telinga kanan saya kadang-kadang masih tetap kambuh (walau tidak sesering dulu sebelum minum obat) dan skrg sy tidak mengkonsumsi obat lg.. Yg ingin sy tanyakan dok, apakah sakit tenggorokan yg saya derita ada hubungannya/berkaitan dengan sakit telinga sy dok? (sakit tenggorokan dan telinga saya tidak pernah kambuh secara bersamaan) Apa penyebab sakit tenggorokan dan telinga saya ini dok? Dan bagaimana cara penyembuhannya? Terima kasih, sy tunggu jawabannya dok..

Operasi Telinga

Info penanya: Pria, 47 Tahun

Mggu kemarin saya operasi kecil diangkat jaringan ditelinga setelah 1 mgg kemudian dicek ternyata mulai begkak lagi apa penyebabnya dan gmn solusinya, terima kasih

Pendengaran Berkurang, Perlukah Alat Bantu Dengar?

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Assalamualaikum..malam dokter.. Dokter telinga kanan saya tidak bisa mendengar dengan jelas bahkan jika telinga kiri saya ditutup, saya tidak bisa mendengar sama sekali. Jika teman saya berbisik obrolan langsung ke telinga kanan saya, saya tidak bisa merespon apa yang dibicarakan teman saya. Dokter saya bingung, saya tidak ingat sama sekali sama apa yang terjadi pada telinga saya, yang saya ingat saya mulai kurang pendengaran sejak saya kelas 3 SMP. Saya tidak pernah mengalami rasa sakit apapun pada telinga saya dok, padahal saya selalu rajin membersihkan kotoran telinga menggunakan cottonbud. Saya juga sudah periksa ke RS Immanuel Bandung Spesialis THT bahkan sudah test audiogram. Tapi dokter menyarankan saya menggunakan alat bantu dengar, yang saya mau tanyakan apakah telinga saya bisa kembali normal tanpa harus menggunakan alat bantu dengar dok ???

Infeksi Telinga Berulang

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

saya sudah beberapa kali sakit infeksi telinga. terakhir kali sakit telinga diberi salep dan sudah dibersihkan. hari minggu (22/1/17) telinga saya terasa gatal lalu diberishkan dan ternyata ada jamur hitam dan ada kotoran cair. hari senin (23/1/16) saya pergi ke dokter tht. telinga kiri saya dibersihkan dengan alat hisap dan sudah keluar semua jamurnya. saya diberi tetes telinga racikan dokter. namun esoknya telinga saya sakit rasanya cenut2, ngilu. malamnya saya tidur dengan poaisi telinga kiri dibawah, hari ini selasa (25/1/16) malah telinga saya tertutup kotoran. bagaimana ya dok apa saya harus kembali ke dokter atau memang proses penyembuhan seperti itu ?

Penurunan Pendengaran setelah Berenang

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Dok, saya mau tanya, apa penyebab telinga tidak bisa mendengar dikarenakan aktifitas renang? kemudian bagaimana cara mengobatinya? Terimka kasih.

Vertigo, GERD dan Kelainan Anatomi Hidung

Info penanya: Pria, 27 Tahun

Assalammu'alaikum, Dokter.. Saya hampir setiap hari mengalami vertigo yang kadang berubah menjadi sakit kepala hebat setelah beraktivitas seharian. Saya juga sering merasa asam lambung naik ke kerongkongan. Apakah gejala-gejala tersebut ada hubungannya dengan Hipertrofi chonca nasalis dan septum deviasi di hidung saya..?? Bagaimana cara mengatasi gejala-gejala tersebut agar tidak mengganggu aktivitas saya..??

Obat Sakit Tenggorokan untuk Anak

Info penanya: Wanita, 44 Tahun

siang dok, anak sy sdg terkena demam n radang tenggorokan, kira2 obat yg aman untk ank sy apa ya? umurnya 3 tahun lebih dok, tlg infony dok tks

Dahak Berwarna Merah dari Mulut

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

selamat siang dokter. saya mempunyai keluhan, sudah dua hari keluar dahak berwarna merah dari langit2 mulut saya, seminggu yg lalu saya ada riwayat sakit tenggorokan dan susah menelan. kira2 saya sakit apa dokter? terimakasih dokter

Terapi Untuk Pilek Yang Berkepanjangan

Info penanya: Pria, 27 Tahun

Selamat pagi dokter . Sy kamrin sempat terkena pilek lalu sy memkakai viks inhaler tapi terasa sakit di bawah mata lalu sy pergi ke dokter tht dan dkasi obat bayquinor deextam pluss dan rhinos junior 3 hari sy minum obat itu sakit di bawah mata sudah hilang dan skrng sy masih pilek ? Untuk di hari yg ke 10 Dan tadi malam juga sy sudah ke dokter untuk yg ke 2x nya .. Sy takut terkena sinus dok? Bagaimna pencegahan nya krna sy masih pilek di hari yg ke 10 Ow ya dok warna ingus sy masih bening dn kadang" sja warna kuning kental..