Sukses

Silahkan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

Penyebab BAB Cair 1 Minggu

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Sy ingin bertanya dok! Sy selama 1 minggu ini feses mencair mulu, pdhal saya tidak ada gejala sakit perut lagi dan frekuensi BAB 1x/hari atau 2x/hari bisa dikatakan normal.. Tolong bantuannya dok

Diare Berkepanjangan

Info penanya: Pria, 35 Tahun

Dok, ada pertanyaan dari kawan saya. Saat sehat BB nya 80 kg-an. Awal sakit 2 bulanan BB turun drastis, hingga skrng stlh 6 bulan ada dikisaran 68-69 kg. Kemarin kembali check up karena ada diare sekitar 1 minggu , dan feses cair berwarna kuning tp ada banyak bintik kehitaman spt bji buah naga dgn ukuran lbh besar sdkit, tp besoknya normal, cuma konsistensi feses lunak mendekati cair. Dokter Spesialis Dalam yang menanganinya mengganti obatnya dg Ranitidin 150mg, Ciprofloxacin 500mg, Buscopan 10mg, Ondansetron 8mg dan Parasetamol 500mg serta mengganti jadwal kontrol ke dokter yg tadinya per 10 hari menjadi per 5 hari. Mohon jawaban nya ya dok, terima kasih.

Penyebab Diare

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Pagi dok... Dok saya mau tanya ni,sudah 4 hari saya menggalami diare,trus muntah sama perut kroncongan dok,kira kira sakit apa iya dok..??

Berbagai Penyebab Diare

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

dok saya mau tanya saya udah 2 hari BAB mencret terus dalam 1 hari bisa 5 kali bulak balik kamar mandi dan kepala terasa pusing mual dan badan terasa sakit , penyakit apa ya dok itu

Pengobatan Diare

Info penanya: Pria, 18 Tahun

Saya seorang mahasiswa berusia 18 tahun mengalami masalah diare, diawal (15/8/2017) saya mengalami demam dan sakit kepala disertai diare, sehingga saya meminum oralit dan paracetamol. kemudian pada keesokan harinya demam saya reda dan kepala sudah tidak pusing tetapi diare saya masih berlanjut, pada pagi hari ke-3 saya tidak lagi mencret mencret, kemudian pada malam harinya saya mengalami diare kembali. Dan sekarang hari ke-4, apa penyebabnya itu dok?

Menggigil dan Diare

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Hallo dok, saya ingin bertanya, kaka saya sudah merasa sakit dari sabtu tanggal 5 agustus, saat itu dia demam dan lemas, karena kesibukan baru sempat konsultasi ke dokter siang hari ini (jumat 11 agustus). Dan dokter mendiagnosa kaka saya kelelahan dan hanya diminta istirahat tanpa diberi obat. Lalu sore nya kaka merasa sedikit menggigil, sedikit pusing, kembung, diare dan lemas. Lalu bagaimana menurut dokter tentang apa yang kaka saya alami? Dan bagaimana solusinya? Terimakasih sebelumnya.

Diare dan Sering Buang Gas

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Sudah dua hari mengalami mencret-mencret, perut terasa keras serta sering buang gas. Mohon penjelasan?

Diare

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Dok saya mau nanya. Anak saya kan umurnya 3minggu, hanya minum sufor saja tapi kenapa ya 3hari ini BABnya encer berwarna kuning seperti bubur tim kalau kebanyakan air dan BABnya juga sangat bau. Yang biasanya BAB sehari hanya sekali atau dua kali sekarang jadi bisa sampe 4kali. Itu kenapa ya dok?

Diare Berulang

Info penanya: Pria, 29 Tahun

Siang dok.. saya punya anak usia 2 thn 2 bln, 2 minggu yang lalu anak saya muntah-muntah dan diare. saya langsung bawa anak saya berobat 3 hari sesudah berobat diarenya sembuh dan hari ke4 anak saya muntah-muntah dan diare lagi. Akhirnya saya putuskan dibawa berobat lagi. tapi sampai sekarang anak saya masih diare terus dok. apa yang harus saya lakukan dok, berobat lagi atau lanjut terus kasih obat yang dari dokter. Terimakasih sebelumnya dok.

Makanan yang Tepat Saat Diare

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Dok saya mau tanya makanan yg tidak boleh dan yang boleh di konsumsi saat diare apa ya dok? sejenis kacang kacangan dan air hangat seperti kopi dan teh gtu dok, boleh dikonsumsi tidak?

Penanganan Anak Diare

Info penanya: Pria, 1 Tahun

Selamat pagi dok ,, sy lg bingung harus bgaimana anak sya sakit diare sdh 10hari kadang encer kadang ada ampas nya ,, sdh berobat 3x yg terahir dirwat inap di RS 2 hari , ,selama 10hari itu nafsu makan berkurang ,.hanya mau minum sm sufor aja , . Sblum plg dri RS sdh lumayan membaik pas sampe rumah bdan ny panas lagi,diare lagi,di tambah batuk , , minta saran nya dok minimal utk nafsu makan nya dok , ,

Pemberian Obat

Info penanya: Pria, 43 Tahun

Dok anak saya malamnya demam muntah2. Waktu paginya jdi muntaber larna waktu le dokter gaada diare.jadi ga di kasih obat diarenya lalu saya beli di apotik obat diare Guanistrep....apakah boleh saya campur dengan obat yg dari dokter...waktu anak sy berobat ...Dok?

Masih Sakit Perut Meski Diare Sudah Hilang

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Selamat malam Dok, sejak 4 hari yg lalu tbtb saya merasakan gerakan di dalam perut, bbrp menit saya merasa diare dan bbrp kali saya BAB, namun saya merasakan gejala lain setelahnya, yaitu pusing, panas, mual. Nah sekarang diare sudah sudah berkurang namun sakit di perut ini masih saja ada, pusing, panas dll sudah tidak ada. Jadi yg tersisa hanya perut yg sakit seperti tertusuk. Penyakit apa yaa Dok yg saya derita? Terimakasih Dokter

Diare

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

saya sudah 2hari ini BAB lebih dr 10x/hari, yang keluar air tp masih ada ampas dan baunya busuk, kenapa ya dok? mohon jawabannya dan beritahu bagaimana cara penanganannya terimakasih

BAB Berdarah

Info penanya: Pria, 28 Tahun

Bab saya berdarah

Penyebab Diare

Info penanya: Pria, 20 Tahun

Dok , sudah 5 hari ini frekuensi buang air besar tidak bisa terkendali sampai 4 kali sehari , selain itu perut terasa mules dan panas kira2 terjadi apa ya dok ?

Diare Pada Anak

Info penanya: Wanita, 28 Tahun

Sore dok, Saya mau tanya, anak saya 16 bulan saat ini sedang diare disertai demam. Semalam pupnya cair dan sedikit ampas tetapi berwarna kuning, hr ini pup ada ampas berwarna hijau dan berlendir. Sudah 3 hari ini tidak mau makan.. Kira2 gejala apa yg dialami anak saya ya dok? Dan bagaimana cara mengatasinya. Oh iya, semalam saya coba berikan lacto B yg dicampur di susunya 2x, tapi anak saya muntah. Akhirnya tdk saya berikan lagi krn saya pikir tidak cocok. Terima kasih atas tanggapannya.

BAB berubah warna menjadi hijau

Info penanya: Wanita, 30 Tahun

Selamat siang Anak saya berusia 5 bulan 15 hari Di vonis dokter alergi susu sapi, jadi sekarang anak saya minum susu pregestimil..akan tetapi bab nya selalu berwarna hijau pekat dan sangat bau..apakah itu wajar yah?

Pengobatan Diare

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Selamat siang dok.. Saya ingin bertanya tentang pengobatan/obat apa yg harus saya makan bila terkena diare? Sudah lebih dari seminggu saya sakit perut, mual, pusing, gelisah, berkeringat, kurang nafsu makan dan kalau BAB kotoran nya lebih banyak air(seperti mencret). Dalam sehari sy bisa BAB 5 kali bahkan lebih. Saya juga sering buang angin dan sendawa. Mohon jawabannya dok, sebelum dan sesudah sy ucapkan terimakasih banyak.

Diare 3 bulan

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Assalamu alaikum Dok mau tanya bagaimana ini saya bab cair sdh hampir 3 bulan dan cuman 2 kali bab dalam 1 hari dan sering mual itu kalau baru sdh makan dan perut sering nyeri seperti ditekan begitu dan perut sering berbunyi walau sdh makan.. itu tanda2 penyakit apa dok? Ada solusi untuk lebih tdk mual lagi?

Bunyi Perut dan Diare

Info penanya: Pria, 32 Tahun

Dok mau tanya,, kenapa setiap tidur malam perut saya bunyi air mendidih dan paginya bab mencret seperti diare tapi frekuensi bab saya 1 kali sehari, ini sudah berlangsung lama, kira2 penyakit apa dok, terimakasih

Diare pada Ibu Hamil

Info penanya: Pria, 24 Tahun

Siang dok, saya sedang hamil 6 bulan sudah 3 hari saya mengalami mencret lebih dari 3x, mual disertai muntah, pusing dan keluar keringet dingin.. setiap saya tidur atau duduk perut saya kerasa sakit.. apa yang terjadi dok? Terima Kasih

Obat Diare yang Aman pada Ibu Hamil

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

malam dok, bagaimana cara mengobati diare saat hamil? usia kandungan saya 38 week, apa berpengaruh terhadap kandungan saya? tq

Diare pada Anak

Info penanya: Pria, 27 Tahun

Sy mau tanya dok.. Ank sy umur 8 bulan,sdh bbrpa hari ini dia selalu berak stlah dikasih mpasi,,kdg2 sampai 5× sehari.beraknya kdg berwarna kuning kdg berwarna hijau.dan beraknya cair.apa penyebabnya y dok ???

Penyebab Diare

Info penanya: Pria, 23 Tahun

knpa sya hari ini sering diare dan rsa nya mual,,,perut nyeri,,,pinggang sakit

Mengatasi Diare

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Selamat pagi dokter. Saya mau bertanya,3 hari yang lalu saya rasa mual yg luar biasa dan rasa untuk BAB timbul. Saat ini mual sudah tidak ada,tetapi perut saya terus bunyi padahal sudah makan dan BAB yang encer.Penyebab dan obat yg saya harus konsumsi.Makasih sebelumnya Dokter

Diare Tidak Kunjung Sembuh

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Saya mau tanya. Udh 3 hari diare tak kunjung sembuh. Bab encer sprti air. Sdh minum oralit, entrostop tapi tdk ada perubahan. Disiang hari bab hnya 2x tapi ketika mlm jam 11 keatas smpai pagi pasti bab bisa smpe 3/4X. Makan juga kurang nafsu seakan akan tengorokan sempit. Dan susah kentut serta kembung. Apa penyebabnya ya dok? Mohon bantuannya

Diare Berdarah

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

halo dok.saya mau tanya,3 hari ini saya mengalami diare yang tidak wajar. bisa 5-7 kali bahkan 10 kali bolak balik kamar mandi. bahkan tengah malam pun saya ke kamar mandi saking tidak tahan.tapi diare saya kadang mengeluarkan darah dan sedikit sedikit. apakah belum terlambat untuk dikasih oralit atau zinc?

Diare dan Nyeri Perut Akibat Infeksi

Info penanya: Wanita, 50 Tahun

Halo dokter, ibu saya minggu lalu pergi ke kawinan saudara naik mobil sekitar 30 jam dan makan yg tidak teratur. Akibatnya di hari kedua perut nya sakit panas, muntah dan mencret. Di hari ketiga di rawat di rs, pakai infus, suntik anti nyeri dan anti mual dan tes darah. Hasilnya ibu saya tidak menderita dan malaria negatif. Semenjak muntah dn mencret tidak bs masuk makanan sedikit pun, sehingga perutnya terasa sangat sakit. Hari kelima beliau plg naik pesawat dengan kondisi panas sudah turun dan mencret sdh hilang tapi perut masih sakit kalau di isi dan mual sekali2 masih. Setiap di isi makanan perutnya terasa sakit sekali. Kira2 penyakit ibu saya apa ya dok?, dan apa penanganan selanjutnya?. Terima kasih dok

Konstipasi Pasca Minum Obat Diare

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Halo dok, Beberapa hari yang lalu saya diare. Dalam satu hari saya bisa lebih dari 20x ke toilet, saya sudah minum diapet nr tapi tidak mempan. Keesokan harinya saya coba minum loperamide dgn dosis 2tab saat minum pertama dan 1 tab tiap habis bab. Saya minum sudah sampai 7 tab tapi tidak berhenti, malah perut saya jadi bergas. Akhirnya saya tidak minum obat apa apa lagi. Pada hari ketiga, saya coba minum yakult dan akhirnya diare berhenti walaupun saat bab konsistensinya cair. Tapi sekarang malah jadi susah bab. Gimana ya dok? Apa karena saya kurang sayur dan minum? Mohon dibantu, terimakasih

BAB Seperti Kotoran Kambing dan Berlendir, Diarekah?

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Dok, sudah 3hari kebelakang jika saya bab fases nya berwarna hitam bentuk nya kecil2 seperti kotoran kambing dan di sertai gumpalan lendir seperti ingus ygcukup banyak. Akan tetapi tidak ada darah nya, kira2 kenapa ya dok dan bagaimana solusi nya? Terimakasih

Solusi Diare Membandel

Info penanya: Pria, 24 Tahun

Maaf dok mau tanya nih sy diare dari jumat kemarin.. sebenernya hr senin udah mendingan tp karena eerut mual buat makan nasi ngga bisa akhirnya beli bakso tp ngga dikasih saos sama kecap terus kembali mencret. sampai sekarang belum sembuh dok. Tadi siang makan di KFC karena diajak teman kerja, Cara agar cepat sembuh makan apa dok? Terima kasih sebelumnya

Penyebab Diare Pada Orang Dewasa

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Selamat siang dok, saya ingin menanyakan tentang keluhan yang tengah saya alami, kurang lebih sudah 5 hari ini saya merasakan ada masalah dengan pencernaan saya, selalu mulas seperti diare tetapi saat buang air besar hanya keluar air (tanpa feses), saya takut sisa makanan yang seharusnya di buang tidak bisa terbuang terimakasih..

Apa Saja Penyebab Anak Sering Diare?

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Kenapa anak saya sering terkena diare .. Dan susu apa yang baik untuk sistem pencernaan balita ukur 18bulan ..

Apa Saja Penyebab Anak Sering Diare?

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Kenapa anak saya sering terkena diare dan susu formula apa yang cocok untuk pencernaannya

Makanan Setelah Sembuh Diare

Info penanya: Pria, 19 Tahun

kemarin, saudara saya mengalami diare. Alhamdulillah, diare tsb berhenti setelah 2 hari, namun, dia mengalami kesusahan dalam menelan makan, seperti ada yg mengganjal di tenggorokan dan makan terasa pahit. Pertanyaannya, makanan sehat apa yg harus di makan untuk kesehatannya pasca sembuh dari diare? dia merasa bingung mau makan apa karena takut menyebabkan diare lagi.

Penyebab Muntah dan Diare

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Sore dok, saya ingin bertanya, 2 hari lalu saya mengalami diare dan muntah - muntah, setelah itu nafsu makan saya sedikit berkurang, lalu kemarin muntah - muntahnya sudah sembuh namun diare masih terjadi, dan perut berbunyi terus, saya kira hanya memnium obat - obat biasa / warung akan semubh, ternyata setelah 3 hari belum sembuh juga kira - kira apa yang terjadi pada perut / pencernaan saya dok? dan adakah solusi menyembuhkannya selain harus berobat ke dokter?

Mengapa Masih Nyeri Perut Setelah BAB?

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Kok saya sering sakit perut dok? Setelah habis bab

Bagaimana Penanganan Diare?

Info penanya: Wanita, 32 Tahun

Assalamu alaikum.. Dok sy mau tanya bagaimana menangani pasien yg terkena diare? Trimakasih

BAB Sering Pada Bayi Yang Minum Susu Formula

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Dok, saya mau bertanya. Anak saya sekarang usia 5 bulan dan sudah 2 bulan full minum susu formula tanpa asi. Sudah 1 minggu lebih setiap minum susu bab max sehari 7 kali saya coba ganti susu merek susu formula tetapi masih sama bab. Apa mungkin anak saya alergi susu sapi ? Tapi bab nya masih normal untuk bentuk dan warnanya. Si anak juga ceria dan aktif. Mohon di jawabannya dok. Terima kasih..

Diare Cair Pada Bayi

Info penanya: Wanita, 36 Tahun

Malam dok, mau nanya anak sya usia 3th udah hampir 2 minggu BAB ny cair n lendir selain itu frekuensiny kadang smpe 5x. Udh sy bwa ke puskesmas tp belum ada perubahan jg, trs ay bwa k mantri dikash obat anti diare n panas tp ga da perubahan jg, trs sy bwa k mantri lain dikasih obat anti diare, zinc n anti biotik or apa gtu lpa sy tp ga da perubahan jg. Anakny cie aktif ga sprti lg skt, saat ini dia mengkonsumsi sufor merk bebelac. Apa yg hrs sy lakukan dok? Mksh

BAB hanya Air Bening dan Angin

Info penanya: Pria, 20 Tahun

selamat pagi dok keluhan sya seperti ini : dari hari rabu kemaren saya merasa ingin bab terus tapi ketika bab cuma keluar air bening dan kentut doang itu kira kira kenapa dok?

Mengatasi Diare Anak 2 Tahun

Info penanya: Wanita, 31 Tahun

saya punya anak berusia 2 tahun. minggu kemarin kena diare. setelah di beri obat, bayi saya kalau habis makan langsung minta buang air besar. keadaan Ini sudah satu minggu. ada apa dengan pencernaan anak saya Dok...?

Penyebab Perut Mulas

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

dok, perut saya mules, dan ada keinginan bab, namun bab tertahan diujung anus, tidak mau turun. dan saya baca di internet, sepertinya wasir. tapi saya hanya merasakan darah sedikit ketika bab. bagaimana penanganannya ya dok? saya ingin bisa bab, apalagi mules

Kok Saya Kadang Konstipasi Kadang Diare?

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

begini dok, saya kok ngerasa ingin BAB terus tapi ga bisa dikeluarin. kalaupun keluar tinja nya sedikit (kecil2), padahal rasanya masih ada tinja yang besar yang ganjal di dubur tapi ga bisa dikeluarin. Juga kadang2, ikut keluar juga lendir agak merah2 kecoklatan. sehari sebelum saya ngalamin ini tuh malah saya mencret2. sehari bisa 3x BAB dan lembek2. dan malam sebelumnya saya makan ikan gurame, padahal saya belum pernah mkan itu sebelumnya.

Penyebab Dari Diare

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Siang dok, saya sudah 2 hari ini saat pagi hari, saya mengeluarkan feses cair, dan baru hari ini perut saya seperti krues krues tetapi datang dan pergi. Dan saya terasa agak mengantuk terus. Kira kira kenapa ya?

Formulasi Susu & BAB Anak

Info penanya: Pria, 1 Tahun

dok mau tanya apakah kalau membuat susunya saya enceri pengaruh ke buang air anak saya... soalnya sehari bisa sampai 3 kali babnya....kotorannya mencret tapi gag berair... mohon penjelasannya trimakasih saya pakai chil kid 1-3 thn rasa madu dok

BAB Lunak Berwarna Hitam

Info penanya: Pria, 26 Tahun

Ketika saya buang air besar, yang keluar adalah kotoran yg lunak berwarna hitam agak coklat. Gejala ini berlangsung sekitar 3bln. Yg jelas tak seperti layaknya kotoran yg menggumpal. Gejala apakah ini dan bagaimana mengatasi nya?

Nyeri Ulu Hati Saat Diare

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Halo klikdokter.com, saya mau bertanya. Sejak semalam saya mengalami diare disertai kepala yang agak pusing. Setelah saya BAB saya minum obat diare (Diatabs) 2 tablet, tetapi setelah itu perut saya terasa begah, terasa menusuk dan panas di bagian ulu hati. Subuh ini saya kembali BAB dan apa yang saya rasakan sebelumnya hilang. Apakah nyeri pada perut tersebut karena Maag atau efek samping obat? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

Segera BAB Setelah Makan

Info penanya: Pria, 40 Tahun

sehabis makan baik pg,sg&malam kgk sampai setengah jam udh bab ...apakah normal/tdk ??

Terapi Diare Untuk Ibu Hamil

Info penanya: Wanita, 31 Tahun

selamat siang dok, saya sedang hamil 8 bulan dan sudah 1 bulan terakhir feses saya cair. selalu ikut keluar saat saya BAK. juga kesulitan menahan BAB. namun qty bab dalam sehari tidak lebih dari 4 kali, atau masih normal seperti biasanya. saya sudah merubah beberapa makanan atau vitamin yang saya konsumsi untuk melihat pemicunya. namun feses yang cair masih saya alami. tes darah untuk hiv sudah saya lakukan dan negative. kira penyebabnya apa ya dok dan apa obat untuk mengatasinya? apakah hal ini akan mengganggu saat proses kelahiran dok? terima kasih atas tanggapannya..

Panas Sudah Dua Hari

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Sudah 3 hari saya demam, diare dan setiap saya makan ataupun minum terkadang saya muntah. Saya sering sekali merasa mual tapi sekarang sudah tidak demam.. Saya bingung harus minum obat apa

Warna Feses Bayi Kehijauan

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Selamat pagi dokter Saya mau bertanya Anak saya berusia 102hari pertama kalinya menggunakan BMT platinum namun fasesnya berwarna hijau lumut seperti warna cendol dan tekstur seperti saus Apakah itu aman?? Mohon penjelasannya dok Terima kasih

Mengatasi Diare Saat Hamil

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Diare saat hamil disertai sakit perut berlebihan. Sebaiknya saya mengosumsi apa dok?

Anak Sakit-sakitan

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Dok anak sy suka sakit-sakitan it krna ap yh? Ap krna susu formula ?

Pemberian Anti Diare Pada Bayi 1 Bulan

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Dok ank saya baru umur 1 bulan .wajar gk dok klo beraknya aer .trus suka kecepirit trus saya boleh gk dok minum entrostop dok

Perut Seperti Melilit

Info penanya: Pria, 21 Tahun

sakit perut bagian bawah seperti melilit dan rasa sakit itu muncul tiba2 kadang sedang duduk maupun sedang tiduran serta susah buang angin klau di paksa buang angin keluar tinja dan kadang juga keluar cairan . . serta setiap jam 5 sore terasa demam.itu gejala apa yahh dok.

Diare hanya Air dan Lendir

Info penanya: Wanita, 54 Tahun

Says diare tapi hanya air Dan lendir setiap kali BAB. Nah, serial Kali saya makan kalau sampai perut, perut says seperti mendidih. Kenapa ya ?

Anak Diare Setelah Ganti Susu

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Dok saya mau tanya anakk saya dlu bmt kardussss trus peralihan k chilmill kardussss trus saya ganti chilmill platinum kok diare sama gampng muntah apa gak cocok sama susune ya?? Diare udah 4hri awalnya demam

Penyebab BAB Cair Lebih dari Lima Kali

Info penanya: Pria, 26 Tahun

Selamat pagi dok, saya mulai hari selasa merasakan hal2 sbb: -bolak balik bab sekitar 5x hari selasa, 10x hari rabu kemarin -kondisi bab biasa saja (lunak tp tidak encer) dengan warna cokelat gelap kemerahan -anus terasa sakit setiap habis bab, seperti ada yg mengganjal. untuk tadi malam jam 9 saya bab lagi dan rasa ganjal nya agak lama sampai saya tertidur jam 1. pagi ini sudah mendingan dan belum ada rasa ingin buang air besar kira2 penyakitnya apa ya dok? mohon saran nya saya harus periksa kemana, dokter spesialis atau dokter biasa terima kasih sebelumnya