Gigi Mulut

Ini Kandungan Pasta Gigi yang Ampuh untuk Gigi Sensitif

drg. Callista Argentina, 07 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Banyak pasta gigi dengan klaim ampuh untuk mengatasi gigi sensitif. Seperti apa sebenarnya kandungan pasta gigi yang ampuh untuk hal ini?

Ini Kandungan Pasta Gigi yang Ampuh untuk Gigi Sensitif

Gigi berlubang dan gigi sensitif sama-sama bisa bikin gigi ngilu. Namun, berbeda dengan kerusakan gigi lainnya, rasa ngilu akibat gigi sensitif cenderung menimbulkan rasa sakit yang singkat, tetapi sangat menusuk ketika terpapar rangsangan, seperti perubahan suhu, uap, gesekan, pergerakan cairan, maupun zat kimia.

Rasa ngilu akibat gigi sensitif tentu sangat mengganggu kenyamanan. Kamu jadi susah makan, minum, dan bersosialisasi. 

Untuk mengatasi keluhan, diperlukan perawatan yang cukup kompleks, salah satunya dengan mengganti pasta gigi biasa menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif. Pasta gigi khusus ini harus memiliki kandungan yang dapat mengatasi keluhan gigi sensitif.

Prinsipnya, kandungan pasta gigi sensitif harus bisa mengurangi pergerakan cairan dalam pori gigi dan mengubah respon sinyal saraf gigi. Di bawah ini kandungan di dalam pasta gigi yang dipercaya dapat mengurangi gejala gigi sensitif.

1. Potassium Nitrate

Hati-hati, Ini 8 Bahaya Sering Menelan Pasta Gigi

Potassium nitrate atau disebut juga kalium nitrat dapat mengurangi rasa ngilu. Kandungan pasta gigi untuk gigi sensitif ini masuk melalui pori-pori gigi ke tempat saraf. Kalium nitrat kemudian menghambat sinyal rasa sakit dengan menenangkan saraf gigi sehingga sinyal tersebut tidak sampai ke otak. 

Sebuah penelitian di Journal of Clinical and Experimental Dentistry, mengungkapkan bahwa kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari pakai pasta gigi dengan kandungan sodium fluoride dan potassium nitrate sebesar 5 persen, efektif mengurangi sensitifitas gigi dalam empat minggu. 

Sodium fluoride sendiri berfungsi memperkuat gigi agar lebih tahan terhadap serangan asam dan kuman.

Artikel lainnya: Cara Memilih dan Menggunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

2. Calcium Sodium Phosphosilicate (Novamin) 

Menurut riset yang dimuat Journal of Clinical Dentistry, gigi yang menggunakan calcium sodium phosphosilicate (novamin) dapat menutup pori-pori gigi lebih banyak dibanding bahan lainnya. 

Novamin dapat menempel pada pori gigi yang terbuka, kemudian bereaksi membentuk lapisan mineralisasi. Lapisan ini lebih kuat dan lebih tahan terhadap paparan asam. 

Novamin juga mengandung kalsium yang diperlukan gigi. Kandungan ini dapat melindungi dentin (jaringan di bawah enamel gigi) yang sensitif. Novamin juga menjaga agar sumbatan pada pori-pori gigi tetap bertahan.

3. Aluminium Lactate

Aluminium lactate dapat menyumbat pori-pori gigi sehingga mencegah rasa ngilu akibat gigi sensitif datang kembali. Selain itu, aluminium lactate dapat meredakan radang gusi dan mencegah gusi berdarah.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan Journal of Dentistry, pasta gigi yang mengandung campuran bahan aluminium lactate, potassium nitrate, dan hydroxyapatite bisa mengatasi gigi sensitif. 

Kombinasi ketiga bahan tersebut juga bisa mengurangi rasa sakit akibat gigi sensitif. Hal ini jika dibandingkan dengan penggunaan potassium nitrate saja.

Artikel lainnya: Gigi Sering Ngilu, Haruskah Pakai Pasta Gigi Khusus?

4. Isopropyl Methylphenol (IPMP)

Pasta Gigi untuk Mengencangkan Payudara, Memang Bisa?

Bertindak sebagai agen antibakteri, isopropyl methylphenol efektif untuk mencegah radang gusi tahap awal. Kandungan ini juga bisa membantu menghilangkan penumpukan plak gigi serta meredakan peradangan yang sudah terjadi di jaringan periodontal, yaitu struktur jaringan penyangga yang mengitari dan melekatkan gigi pada tulang rahang.

5. Dipotassium Glycyrrhizin Acid (GK2) 

Kandungan pasta gigi sensitif berikutnya, yaitu dipotassium glycyrrhizin acid (GK2). GK2 adalah senyawa turunan asam glycyrrhizic dari ekstrak licorice

Ekstrak tumbuhan ini biasa digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal di Korea. Ekstrak ini mengandung isomer thymol, yaitu minyak esensial bersifat antibakteri. 

Penggunaan pasta gigi yang mengandung bahan GK2 dan isopropyl methylphenol (IPMP) terbukti dapat mengurangi gejala radang gusi secara drastis. Khasiat ini diperoleh saat pasta gigi yang mengandung kedua agen antibakteri tersebut digunakan rutin selama tiga bulan.

6. Strontium Chloride dan Strontium Acetate 

Strontium acetate dan strontium chloride mampu menahan sumbatan, menutup pori gigi, dan tahan terhadap paparan asam selama 10 menit dibanding dengan bahan lainnya. 

Oleh karena itu, kandungan pasta gigi untuk gigi sensitif ini bisa menjadi pilihan untuk mengatasi keluhan.

Artikel lainnya: Tips Menyikat Gigi untuk Gigi Sensitif

7. Arginine

Kandungan arginine sebanyak 8 persen di dalam pasta untuk gigi sensitif mampu mengurangi rasa ngilu dalam kurun 24 minggu.  

Selain itu, kandungan 8 persen arginine disertai calcium carbonate, dengan atau tanpa fluoride dalam pasta gigi bisa mengurangi gejala gigi sensitif. Hal ini jika pasta gigi digunakan sebanyak dua kali sehari dan diresepkan langsung oleh dokter gigi.

Cermati kandungan pasta untuk gigi sensitif ketika kamu membeli produk pasta gigi. Pastikan bahan-bahan di atas tersedia agar gejala gigi sensitif bisa teratasi

Kandungan pasta gigi di atas terbukti ampuh meredakan rasa ngilu akibat gigi sensitif. Meski begitu, gigi sensitif dalam tahap berat, kemungkinan besar tetap harus ditambal terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan pemakaian pasta gigi khusus gigi sensitif.

Untuk mencegah timbulnya ngilu akibat gigi sensitif, #JagaSehatmu dengan rutin memeriksa kondisi gigi ke dokter. Keluhan mengenai gigi sensitif juga bisa kamu konsultasikan langsung lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

Gigi dan MulutGigi Sensitif

Konsultasi Dokter Terkait