Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatPencernaan12 Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi saat Diare
Pencernaan

12 Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi saat Diare

Siti Putri Nurmayani, 29 Okt 2023

Ditinjau oleh dr.Atika

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ternyata, diare juga dapat disembuhkan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Lalu, apa saja jenis makanan untuk diare yang bisa dikonsumsi?

12 Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi saat Diare

Diare menjadi salah satu penyakit yang sering dikeluhkan banyak orang. Pasalnya, diare bisa menyerang siapa pun, mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. 

Kondisi buang air besar dengan tekstur cair atau encer dalam frekuensi lebih dari tiga kali dalam sehari ini tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya, diare akan sembuh dalam waktu seminggu. 

Pada kasus yang tidak parah, penderita diare tidak perlu mengonsumsi obat-obatan khusus untuk membantu mengatasi keluhan ini. Soalnya, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengobati diare. 

Apa saja makanan untuk diare? Berikut daftar lengkapnya yang bisa kamu konsumsi:

1. Pisang

Buah berwarna kuning dengan tekstur yang lunak ini ternyata ampuh untuk mengobati diare. Pisang sangat mudah dicerna, sehingga sangat baik untuk membuat sistem pencernaan menjadi lebih tenang. 

Selain itu, pisang juga kaya akan pektin, serat larut yang dapat menyerap cairan di usus dan merangsang gerak isi perut. Ini tentu bermanfaat untuk mengurangi keluhan diare dan sembelit. 

Tak hanya itu, pisang juga mengandung kalium yang tinggi, sehingga dapat mengembalikan kadar elektrolit yang hilang akibat diare. 

2. Wortel

Selain bagus untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga dapat dijadikan sebagai pilihan makanan untuk diare. 

Sayuran ini kaya akan gizi, bahkan vitamin yang ada di dalam wortel dapat membantu mengembalikan fungsi usus yang sebelumnya tidak bisa bekerja dengan baik akibat diare. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengolah wortel dengan cara dikukus. Selain itu, bisa juga dijadikan jus tanpa gula atau pemanis buatan.

3. Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik, bakteri baik yang membantu tubuh untuk mengurangi dan menghambat perkembangan bakteri jahat di dalam saluran cerna. Dengan memilih yoghurt sebagai makanan saat diare, ini bisa membantu mengurangi gejalanya. 

Namun, pastikan untuk memilih yoghurt yang rendah gula. Pasalnya, jenis yoghurt ini dapat meningkatkan produksi gas di dalam perut, yang nantinya akan membuat diare semakin parah. 

Tak ketinggalan, kamu juga harus memilih jenis yoghurt yang bebas laktosa jika memiliki intoleransi laktosa

4. Nasi Putih

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang mudah untuk dicerna. Dengan makan nasi putih, ini dapat membantu proses pembentukan serta pemadatan tinja di dalam usus. 

Oleh karenanya, nasi putih menjadi makanan yang tepat untuk mengatasi diare. Kendati demikian, kamu tidak dianjurkan untuk makan nasi putih secara berlebihan. 

Hal tersebut dapat memicu risiko obesitas atau kelebihan berat badan. Saat seseorang mengalami diabetes, ini bisa memicu terjadinya diabetes, penyakit jantung, dan stroke

5. Serealia

Serealia merupakan jenis makanan yang bisa bantu mengatasi diare secara alami. Makanan ini mengandung pati dan sejumlah zat gizi lain yang membuatnya mudah untuk dicerna dan dapat membantu meredakan gejala diare. 

Jika tertarik untuk mengonsumsi serealia saat diare, pastikan untuk tidak menambahkan gula, madu, susu, atau keju ke dalamnya. 

Sebagai gantinya, kamu bisa mengombinasikan serealia dengan buah, misalnya pisang atau apel. 

6. Daging Tanpa Lemak

Daging putih tanpa lemak merupakan salah satu sumber protein hewani yang mudah dicerna. Oleh karenanya, makanan ini diklaim aman untuk diare. Selain daging ayam putih, kamu juga bisa konsumsi ikan dan kalkun. 

Namun, pastikan untuk berhati-hati dalam memasaknya. Hindari penggunaan bumbu atau penyedap rasa yang terlalu banyak. 

7. Sayuran Rebus

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sayuran merupakan makanan yang punya nutrisi tinggi. Akan tetapi, beberapa jenis sayuran bisa sulit untuk dicerna saat dimakan secara mentah. 

Untuk itu, dianjurkan agar kamu mengupas, membuang bijinya, dan memasaknya hingga matang. 

Misalnya, kamu bisa mengupas kentang dan merebusnya, sehingga makanan ini lebih ramah untuk dicerna. 

8. Telur Rebus

telur rebus

Selain tinggi protein, telur rebus juga bisa diberikan pada penderita diare. Dengan makan telur, kamu tidak akan mudah lemas dan lebih bertenaga saat diare. 

Selain itu, tekstur telur yang lembut juga menjadikannya aman untuk dikonsumsi ketika diare. 

9. Roti Panggang

Roti putih atau roti panggang menjadi salah satu pilihan makanan yang dikonsumsi saat diare. Makanan ini akan sangat membantu ketika dikonsumsi saat diare hari pertama. 

Coba untuk konsumsi roti secara rutin sepanjang hari namun dalam porsi yang kecil. Ini akan sangat membantu menjaga sistem pencernaan agar tidak bekerja berlebihan. 

10. Makanan Asin

Keripik atau biskuit asin juga bisa kamu konsumsi selama diare. Dengan makan makanan asin, ini bisa meningkatkan natrium dalam tubuh. 

Pasalnya, garam mengandung natrium yang dapat membantu menjaga kadar cairan. 

Meski tidak dianjurkan untuk mengonsumsi terlalu banyak garam atau natrium, namun dr. Donald Kirby dari Cleveland Clinic menganjurkan untuk penderita diare mendapatkan cukup garam. 

11. Sup

Selain dapat menghangatkan perut, sup juga dapat membantu mengisi kembali cairan dan nutrisi yang hilang selama diare. 

Diare dapat menyebabkan hilangnya banyak cairan dan elektrolit dalam tubuh. Jika dibiarkan, ini dapat menyebabkan dehidrasi

Sup mengandung natrium dalam jumlah yang cukup, sehingga dapat membantu menjaga kadar cairan dalam tubuh. 

Artikel Lainnya: 10 Rekomendasi Obat Diare Anak dan Balita yang Tersedia di Apotek

12. Saus Apel

Tidak seperti apel mentah utuh, saus apel menjadi makanan yang direkomendasikan karena mudah untuk dicerna.

Bahkan, saus apel termasuk ke dalam menu BRAT yang sering disarankan oleh dokter untuk dikonsumsi saat diare. BRAT sendiri terdiri dari Banana (pisang), Rice (nasi), Apple sauce (saus apel), dan toast (roti panggang). 

Makanan-makanan tersebut merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi saat diare. 

Banyak kasus diare yang hanya berlangsung dalam beberapa hari dan bisa diatasi dengan perawatan di rumah. Coba untuk konsumsi makanan sederhana, minum cukup air, dan gunakan obat bebas seperlunya untuk membantu mengurangi gejala diare dengan cepat. 

Sejumlah makanan di atas bisa kamu konsumsi untuk mengatasi keluhan diare. Namun, jika diare tak kunjung sembuh dalam beberapa hari, dianjurkan untuk segera berobat ke dokter. 

#JagaSehatmu selalu dan lakukan konsultasi dengan dokter lewat layanan Tanya Dokter dan Temu Dokter di aplikasi KlikDokter, ya!

(NM)

Diare

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter