HomeInfo SehatKesehatan Umum5 Makanan dan Minuman Khas Tahun Baru Imlek yang Menyehatkan
Kesehatan Umum

5 Makanan dan Minuman Khas Tahun Baru Imlek yang Menyehatkan

Aditya Prasanda, 20 Jan 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada beberapa makanan dan minuman khas Imlek yang baik bagi kesehatan. Berikut 5 menu imlek yang bisa dicoba.

5 Makanan dan Minuman Khas Tahun Baru Imlek yang Menyehatkan

Tahun baru Imlek identik dengan beragam sajian khas yang menggugah selera. Biasanya ada beragam makanan dan minuman yang disajikan, mulai dari kue keranjang, daging panggang, kue kering, bakmi goreng, hingga minuman manis.

Meskipun lezat, sederet makanan tersebut sayangnya tinggi kalori. Jika dimakan berlebihan, justru bisa membahayakan kesehatan. Namun, jangan khawatir, ada beberapa makanan dan minuman khas Imlek yang dalam jumlah cukup aman dikonsumsi dan menyehatkan.

Di bawah ini lima menu khas Imlek yang bisa kamu coba.

1. Buah-Buahan Segar

Makan Buah Sebelum Tidur, Amankah bagi Kesehatan?

Buah-buahan segar, seperti jeruk mandarin, apel, dan buah naga biasanya disajikan dalam menu perayaan tahun baru Imlek. Selain rendah kalori, sederet buah tersebut kaya antioksidan serta mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat.

Contohnya, satu jeruk mandarin hanya mengandung 60 kalori. Meski begitu, buah ini tinggi vitamin C. Mengonsumsi jeruk mandarin bisa melengkapi 27 persen kebutuhan vitamin C harian kamu. Vitamin C berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh dan menangkal kuman penyebab penyakit.

Kandungan kalsium jeruk mandarin juga baik untuk kesehatan tulang. Sedangkan seratnya sangat bermanfaat bagi pencernaan. 

Sementara itu, antioksidan dalam jeruk mandarin berperan penting untuk menangkal radikal bebas dari dalam dan luar tubuh. Antioksidan dapat pula mencegah penuaan dini. Jadi, garis-garis halus keriput di wajah bisa disamarkan. 

Artikel lainnya: 4 Buah Khas Imlek yang Punya Segudang Manfaat Sehat

2. Buah Kering

Imlek juga identik dengan buah kering, seperti persik, nanas, dan kismis. Kandungan nutrisi buah-buahan kering jauh lebih menarik, dibandingkan penampilannya.

Buah-buahan kering mengandung kalori dan gizi yang lebih terkonsentrasi. Porsi kecil buah-buahan kering mengandung sedikit kalori, tetapi mampu memberikan manfaat yang besar untuk tubuhmu.

Misalnya, sepuluh butir kismis hanya mengandung 40 kalori. Buah ini juga memiliki berbagai nutrisi seperti kalium yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, vitamin C di dalamnya baik untuk daya tahan tubuh kamu, lho. Sementara, kandungan kolin kismis dapat menjaga kerja saraf kamu.

3. Teh Hijau

Ganti minuman kemasan dengan teh hijau saat merayakan tahun baru Imlek. Teh hijau mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas perusak sel-sel tubuh. 

Radikal bebas tidak hanya didapatkan dari polusi dan pencemaran di lingkungan sekitar. Radikal bebas juga diproduksi tubuh ketika kamu sedang sakit, stres, atau kelelahan. 

Nah, agar khasiat teh hijau dalam menangkal radikal bebas lebih optimal, nikmati secangkir teh hijau hangat tanpa gula, ya.

Artikel lainnya: 10 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah Lebih Sehat dan Awet Muda

4. Salad Yu Sheng

Manfaat Sehat Salad Yu Sheng, Makanan Khas Imlek

Salad yu sheng berisi sayuran, rempah, potongan ikan mentah, dan saus plum. Komposisi sayur yang digunakan untuk membuat yu sheng, yakni daun bawang, wortel, lobak, dan timun.

Daun bawang mengandung zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Daun bawang juga mengandung mangan yang dapat mendukung fungsi sistem saraf dan pengaturan otak.

Sementara itu, wortel berkhasiat menjaga kesehatan mata dan menurunkan kadar kolesterol. Adapun lobak dan timun mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Yu sheng juga mengandung rempah, seperti jahe putih dan merah. Selain bermanfaat menyingkirkan bau amis, keduanya memiliki senyawa antibakteri yang dapat mengurangi risiko tubuh terinfeksi kuman penyebab penyakit.

Rempah lainnya yang digunakan dalam salad yu sheng, yaitu biji labu dan wijen hitam. Biji labu mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang menyehatkan jantung. Sementara, wijen hitam mengandung banyak kalsium dan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Asam lemak omega-3 juga terdapat dalam potongan ikan salmon yang digunakan dalam salad yu sheng.

Terakhir, komponen terpenting dalam makanan imlek yu sheng, yaitu saus plum. Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, buah plum yang jadi bahan utama saus mengandung kalium. 

“Kalium dapat menyehatkan jantung, karena bisa menjaga kontraksi otot jantung, irama jantung, dan tekanan darah,” katanya.

Artikel lainnya: Manfaat Sehat Salad Yu Sheng, Makanan Khas Imlek

5. Ikan Bandeng

Ikan bandeng yang dimasak utuh kerap disajikan dalam menu makanan khas Imlek. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, ikan bandeng kaya akan fosfor dan kalium.

Di dalam 100 gram ikan bandeng, terdapat 271 mg kalium dan 150 mg fosfor. Kalium dapat menurunkan tekanan darah sehingga risiko hipertensi mungkin bisa diminimalkan. Sementara fosfor berperan membangun dan memelihara tulang dan gigi.

Meski begitu, khasiat ikan bandeng melalui kedua mineral tersebut perlu diteliti lebih lanjut.

Rayakan tahun baru Imlek dengan asupan yang menyehatkan. Kamu dan keluarga bisa memasukkan lima makanan dan minuman khas Imlek di atas. Dengan begitu, tahun yang baru bisa diawali dengan tubuh yang sehat dan bugar!

Tips menjaga kesehatan tubuh juga bisa kamu ikuti lewat aplikasi KlikDokter. Unduh aplikasinya agar kamu bisa menggunakan beragam fitur menarik yang bikin #JagaSehatmu dan keluarga jadi lebih praktis. Kamu bisa pakai layanan Tanya Dokter untuk berkonsultasi mengenai isu kesehatan apa pun, lho!

(ADT/JKT)

makananTahun baru imlekImlek

Konsultasi Dokter Terkait