Sukses

Sakit Kepala Saat Menstruasi, Ini Solusinya

Selain nyeri perut, salah satu keluhan saat seorang wanita sedang datang bulan atau menstruasi adalah sakit kepala.

Klikdokter.com, Jakarta Datang bulan atau menstruasi merupakan momok bagi sebagian wanita karena gejala yang tidak menyenangkan. Beberapa wanita mengeluhkan nyeri perut yang tidak tertahankan, mual, dan sakit kepala.

Berbagai keluhan ini tentu dapat menurunkan konsentrasi saat beraktivitas serta memengaruhi tingkat produktivitas.

Kenali penyebabnya

Sakit kepala yang timbulbisa merupakan gejala samping dari dysmenorrhea. Ini merupakan menstruasi yang terasa sakit. Terkadang keluhan sakit tersebut bisa menyebabkan sensasi nonspesifik seperti nyeri kepala.

Penyebab keluhan saat menstruasi masih dipelajari sampai saat ini. Namun salah satu penyebab berbagai keluhan pada pasien dysmenorrhea adalah adanya senyawa bernama prostaglandin.

Prostaglandin menyebabkan kontraksi uterus, sehingga memicu keluhan seperti kram perut. Sakit kepala juga sering kali menjadi keluhan saat datang bulan. Ini diduga berhubungan dengan kadar hormon estrogen yang rendah. Selain itu, berbagai keluhan ini juga dikaitkan dengan keadaan psikis seseorang.

Ini solusinya

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sakit kepala saat sedang menstruasi. Berikut kiat yang bisa Anda coba:

  1. Istirahat. Jika keluhan nyeri kepala timbul, cobalah untuk beristirahat dan jangan memaksakan diri untuk melanjutkan pekerjaan Anda. Berbaringlah sejenak dan minum air hangat.
  2. Relaksasi. Cobalah untuk melakukan relaksasi dan mengatur pernapasan Anda sejenak. Jika terbiasa bermeditasi, Anda dapat melakukannya untuk mencoba menurunkan tekanan pada pikiran dan fisik.
  3. Obat pereda nyeri. Ada beberapa obat pereda nyeri yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi gejala dysmenorrhea primer. Namun, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan obat ini.
  4. Keluhan dysmenorrhea juga dapat disebabkan karena berbagai penyakit seperti endometriosis dan kista ovarium. Bila keluhan ini sudah sangat mengganggu kenyamanan Anda, temui dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Nah, sekarang Anda tak perlu lagi merasa risau saat waktu mestruasi tiba. Kiat di atas di atas bisa Anda jadikan solusi bila keluhan sakit kepala muncul. Selamat mencoba!

0 Komentar

Belum ada komentar