Sukses

Tradisi Bunga Mawar di Hari Valentine, Baik bagi Kesehatan

Selain sebagai lambang cinta, bunga mawar juga menyimpan berbagai khasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

Klikdokter.com, Jakarta Selama ini bunga mawar dikenal sebagai lambang cinta dan kerap menjadi salah satu tradisi dalam perayaan Hari Valentine, yaitu memberikan rangkaian bunga mawar kepada orang-orang tercinta. Tapi tahukah Anda, di balik lambang gairah dan romantisme tersebut, ternyata bunga mawar juga mengandung manfaat bagi kesehatan? Faktanya, mahkota bunga mawar mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin C, antosianin, dan zink.

Mengingat bunga mawar memiliki manfaat bagi tubuh, jika pada hari kasih sayang tahun ini Anda menerima rangkaian bunga mawar, jangan hanya dipamerkan atau dipajang menjadi pemanis ruangan. Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga mawar bagi kesehatan: 

  • Menurunkan berat badan

Senyawa yang ada pada kelopak mawar dapat membantu menurunkan berat badan dan kolesterol. Selain itu, kelopak mawar juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus membakar kalori—dan inilah yang kunci penting dalam menurunkan berat badan.

Seperti dikutip di laman TimesNow, Anda dapat mencampurkan 10-15 kelopak mawar ke dalam segelas air mendidih. Rebus hingga warna berubah menjadi merah muda. Anda juga bisa menambahkan kayu manis bubuk dan madu untuk tambahan rasa. Gunakan  campuran ini sebagai teh herbal yang dikonsumsi secara teratur. Sebagai opsi lain, Anda juga bisa membuat pasta mawar yang dicampur dengan fenugreek untuk dikonsumsi sebelum berolahraga.

  • Menghilangkan bekas jerawat

Untuk Anda yang hingga kini dibuat pusing bekas jerawat yang tak kunjung hilang, pasta kelopak mawar sangat baik untuk kulit. Anda hanya tinggal mencampurkan kelopak mawar dengan air, lalu haluskan dengan blender hingga menjadi pasta. Campurkan dengan masker yang biasa Anda pakai dan aplikasikan pada wajah sekali seminggu. Bekas jerawat perlahan akan hilang jika digunakan secara rutin. Tak hanya itu, kelopak mawar juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Kandungan antibakteri pada kelopak mawar ampuh melawan bakteri penyebab jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. Minyaknya pun bisa digunakan secara topikal untuk membasmi bakteri penyebab jerawat. 

  • Menjaga kecantikan kulit wajah

Karena mengandung antiinflamasi, minyak bunga mawar dapat bekerja efektif untuk meminimalisir dan meredakan kemerahan pada kulit. Bunga mawar juga kaya akan vitamin C, sehingga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak.

Bagi Anda yang senang berjemur di pantai, mengaplikasikan air mawar pada kulit dapat memberikan sensasi menenangkan pada area yang terbakar sinar matahari. Selain itu, minyak alami yang pada bunga mawar akan menjaga kelembapan kulit, khususnya jika Anda memiliki kulit sensitif.

  • Bekerja lebih baik dari astringent biasa

Astringent digunakan untuk membersihkan sisa susu pembersih, menghilangkan sisa riasan yang tertinggal di wajah, menstabilkan pH kulit, dan membantu mengecilkan pori-pori wajah. Bedanya dengan toner adalah kandungan astringent lebih kuat dan lebih efektif dalam memerangi jerawat.

Nah, kelopak mawar adalah astringent yang lebih baik dibandingkan astringent yang diproduksi secara massal. Astringent dari kelopak mawar dapat memberikan kilau pada kulit sekaligus mengecilkan pori. Ingin membuatnya? Gampang. Yang Anda butuhkan hanya air dan kelopak mawar.

  • Merelaksasi tubuh dan pikiran

Aroma kelopak mawar menawarkan efek relaksasi, sehingga akan menenangkan tubuh dan pikiran, serta menghilangkan stres. Campurkan kelopak mawar dengan air panas dan garam mandi—lalu berendamlah sejenak setelah Anda mengalami hari yang panjang dan melelahkan.

  • Afrodisiak alami

Kelopak mawar dapat menambah gairah kehidupan seksual Anda. Ada sebuah penelitian yang menemukan fakta bahwa penggunaan kelopak mawar dapat memengaruhi karakter tubuh (dosha) dan mengaktifkan hormon-hormon pemicu gairah. Kelopak mawar akan membuat Anda merasa aktif secara seksual.

  • Sahabat wanita

Bunga mawar memiliki 'kedekatan' dengan sistem reproduksi wanita. Bunga mawar dapat membantu memperlancar siklus haid, mengurangi derita premenstrual syndrome (PMS) dan depresi postpartum. Tapi yang harus diingat, para wanita dilarang untuk menggunakan produk-produk dari bunga mawar pada trimester pertama kehamilan dan jika ada riwayat keguguran.

  • Manfaat-manfaat lainnya

Bunga mawar juga berguna untuk mengatasi sakit kepala, sakit pada telinga, konjungtivitis, batuk, dan demam. Pada beberapa kasus, penggunaan mawar juga dapat membantu penyembuhan luka. Minyak mawar merupakan antiseptik yang ampuh lawan kuman dan bakteri; yang bertindak sebagai tonik untuk jantung, sirkulasi, hati, perut, rahim, serta membantu untuk detoksifikasi darah dan organ tubuh.

Nah, dengan banyaknya manfaat kesehatan dari bunga mawar, jangan sia-siakan bunga mawar yang Anda terima pada perayaan Hari Valentine. Selain harum dan indah, bunga mawar bisa menjadi alternatif alami untuk menjaga kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda coba di rumah.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar