Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatOtot dan SendiRedakan Radang Sendi dengan Alpukat
Otot dan Sendi

Redakan Radang Sendi dengan Alpukat

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 13 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tahukah Anda Alpukat punya manfaat untuk mengatasi radang sendi? Kita ulas seluk-beluknya dari kacamata medis di sini.

Redakan Radang Sendi dengan Alpukat

Sakit sendi merupakan keluhan yang umum rasakan banyak orang. Penyebab nyeri sendi pun bervariasi. Salah satu makanan yang dipercaya dapat membantu proses penanganan radang sendi adalah alpukat.

Daging buah alpukat yang hijau kekuningan dikenal istimewa karena merupakan sumber alami asam lemak tak jenuh rantai tunggal. Asam lemak ini berguna menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Manfaat Alpukat untuk Radang Sendi

Beberapa studi melakukan riset seputar manfaat alpukat untuk meredakan radang sendi. Buah alpukat dimanfaatkan dalam bentuk minyak, lalu menjadi bentuk suplemen yang memakai ekstrak minyak alpukat (1/3 bagian) dan minyak soybean (kacang kedelai) (2/3 bagian).

Ekstrak tersebut dinamakan Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU). Nah, ASU inilah yang dipercaya bisa memperlambat progresivitas osteoartritis (jenis radang sendi). 

Avocado Soybean Unsaponifiables bekerja dengan memblokir zat kimia yang terlibat dalam peradangan, mencegah kerusakan sel pelapis sendi, dan mendukung regenerasi jaringan ikat sendi. 

Menurut studi dalam Journal of Rheumatology tahun 2003, ASU memperlambat kerusakan tulang rawan dan mendukung pemulihan jaringan. 

Studi tahun 2008 juga menemukan, ASU mampu memperbaiki keluhan radang sendi lutut dan pinggul, serta bisa mengurangi pemakaian obat anti-peradangan NSAID.

Artikel lainnya: Awas, Anak Muda Juga Bisa Terkena Nyeri Sendi!

Tips Makan Alpukat untuk Radang Sendi

Anda dapat memanfaatkan buah alpukat untuk memperkaya pola makan sehat. Anda dapat menikmati alpukat dengan berbagai cara:

  • Makan alpukat tanpa tambahan lain, lebih sehat dan sudah lezat tanpa tambahan apa pun 
  • Mengonsumsinya sebagai selai di atas roti panggang 
  • Menambahkan beberapa irisan alpukat ke dalam salad favorit

Alpukat mengandung banyak nutrisi. Namun, bukan berarti konsumsi alpukat saja menjadi cara mengatasi radang sendi, ya.

Penyakit sendi memerlukan pemeriksaan menyeluruh dan penanganan khusus tergantung penyebabnya. Jadi, jika Anda memiliki gangguan sendi, jangan ragu untuk segera berkonsultasi kepada dokter.

Kini Anda bisa konsultasi dengan dokter lebih mudah dan cepat via Live Chat di aplikasi KlikDokter. Tim dokter umum dan spesialis siap membantu Anda!

(FR/JKT)

Konsultasi Dokter Terkait