Sukses

6 Makanan Berlemak yang Baik untuk Kesehatan

Tidak selamanya makanan berlemak itu jahat dan berbahaya bagi kesehatan Anda. Sudah coba yang ini?

Klikdokter.com, Jakarta Makanan berlemak tidak selamanya memiliki efek buruk bagi kesehatan. Tidak harus menjadi momok, karena sebenarnya lemak juga dibutuhkan sebagai salah satu nutrisi penting untuk tubuh kita.

Sebagian besar makanan mengandung berbagai jenis lemak –termasuk lemak jenuh, lemak tidak jenuh tunggal, dan lemak tidak jenuh ganda. Makanan yang mengandung lemak tidak jenuh, baik lemak tidak jenuh tunggal maupun ganda merupakan jenis makanan berlemak yang baik untuk tubuh Anda.

Pertanyaannya, bagaimana memilih makanan berlemak yang aman untuk kesehatan? Berikut bebeapa pilihan untuk Anda:

Ikan

Ikan –seperti salmon, sarden, makerel, atau tuna, kaya akan asam lemak omega-3.  Lemak baik  ini bermanfaat membuat jantung Anda tetap sehat. Tak hanya itu, omega-3 juga berperan penting untuk kesehatan otak –termasuk bagi mereka yang telah berusia lanjut. 

American Heart Association menganjurkan konsumsi dua porsi ikan per minggu. Satu porsi kurang lebih sekitar 85 gram. Cara terbaik mendapatkan manfaat ikan adalah mengolahnya dengan cara dipanggang, direbus, ditim, atau dikukus.

Alpukat

Tak hanya rasanya yang lezat, alpukat juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan membantu meringankan masalah radang sendi seperti pada gangguan osteoartritis. Semua berkat lemak tak jenuh yang terkandung di dalam alpukat.

Ketika disantap langsung, lemak dan serat pada alpukat menimbulkan rasa kenyang. Tetapi lemaknya sekaligus meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam tubuh. Baik untuk Anda yang tengah berdiet bukan?

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan –seperti almon, hazelnut, kenari, atau kacang kedelai, mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Walaupun lemaknya tergolong sehat, tapi kacang-kacangan diketahui juga cukup tinggi kalori.

Jadi,  Anda perlu membatasi porsinya. Hindari mengkonsumsi kacang berlebihan, terutama yang sudah digoreng dan dibumbui dengan garam, gula, atau penyedap rasa yang berlebihan.

Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Cobalah mengganti beberapa keperluan minyak atau margarin Anda dengan minyak zaitun.

Misalnya untuk menumis sayuran, mengoles roti, atau sebagai pengganti mayones. Walaupun tergolong lemak baik, minyak zaitun juga cukup tinggi kalori. Batasi konsumsinya sebagai pelengkap hidangan Anda.

Sayuran hijau

Jangan salah, sayuran hijau seperti brokoli, bayam,  dan kangkung  juga memiliki kandungan asam lemak omega-3. Tubuh manusia tidak dapat membuat sendiri jenis lemak baik  ini, sehingga Anda perlu mendapatkannya dari asupan makanan. Usahakan untuk mengonsumsi dua hingga tiga mangkuk sayuran setiap hari.

Telur

Telur merupakan sumber pangan dengan kandungan lemak baik dan protein yang cukup tinggi, murah, dan mudah didapat. Beberapa jenis telur juga diperkaya dengan omega-3.

Untuk alasan kesehatan, batasi juga konsumsi telur Anda, cukup satu butir setiap dua - tiga hari sekali. Pilih juga olahan telur yang tidak digoreng dan tidak dalam bumbu/ kuah berlemak lain seperti gulai telur misalnya.

Pilih makanan dengan sumber lemak terbaik untuk tubuh Anda dengan bijak. Dan ingat juga untuk mengolahnya dengan cara yang tidak menambah ekstra pemasukan kalori bagi tubuh Anda.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar