Sukses

Mengulik Manfaat Kesehatan dari Merayakan Hari Valentine

Valentine tidak hanya soal sepotong cokelat atau seikat bunga, tapi juga memberi manfaat kesehatan bagi yang merayakannya.

Klikdokter.com, Jakarta Sudah menjadi kebiasaan, di setiap tanggal 14 Februari mereka yang merayakan hari Valentine memberikan sebatang cokelat atau seikat bunga pada orang-orang terkasih. Bukan hanya dirayakan oleh sepasang pria dan wanita, namun juga orang tua ke anak atau sebaliknya.

Setiap yang merasakan cinta dan sayang seakan terhanyut dalam perayaan hari Valentine. Siapa sangka, ternyata selebrasi yang dilakukan atas dasar rasa sayang tersebut dapat pula memberikan bonus berupa ‘bingkisan’ kesehatan.

Ya, merayakan hari Valentine dapat mendatangkan sederet manfaat sehat berikut ini:

1 dari 3 halaman

1. Menjaga komitmen gaya hidup sehat

Ternyata, kebahagiaan dalam merayakan hari Valentine berhubungan erat dengan kesuksesan dalam melakukan diet sehat dan olahraga rutin.

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 7000 orang menunjukkan bahwa seseorang yang berbahagia, 47% lebih bisa menjaga pola makan tinggi sayur dan buah.

Tidak hanya itu, studi tersebut juga menyebutkan bahwa rasa bahagia yang tercipta saat hari Valentine mampu mendorong seseorang untuk lebih giat berolahraga hingga lebih dari 10 jam setiap minggu.

Diet sehat dan rutin berolahraga merupakan kunci dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Inilah salah satu alasan mengapa orang yang selalu gembira tampak senantiasa sehat.

2. Menurunkan tingkat stres

Perayaan hari Valentine dalam bentuk curahan kasih dan sayang pada orang yang tercinta juga mampu menangkal stres. Dengan ini, kadar radikal bebas di dalam tubuh bisa ditekan, sehingga berbagai penyakit berbahaya tidak akan terjadi kemudian.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian dilakukan dengan memberikan vaksinasi hepatitis B pada 81 orang. Hasilnya, mereka yang bahagia secara psikis memiliki respons antibodi yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang kurang bahagia.

Hal itu menunjukkan bahwa perasaan bahagia juga mampu memberikan dampak positif bagi kemampuan tubuh untuk memerangi berbagai kuman dan virus penyebab penyakit.

2 dari 3 halaman

4. Menurunkan risiko serangan jantung di kemudian hari

Perasaan bahagia saat merayakan hari Valentine juga terbukti mampu menurunkan risiko penyakit jantung di masa mendatang. Ini karena hormon endorfin yang tercipta saat Anda merasa bahagia dapat menjaga kesehatan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah jantung.

5. Wajah cerah dan terlihat awet muda

Awet muda tak melulu butuh perawatan mahal. Ini karena bersenang-senang dan berbahagia di hari Valentine juga akan membuat Anda terlihat lebih awet muda.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, merayakan sesuatu yang membahagiakan dapat menjauhkan diri dari stres dan menjaga pola hidup sehat. Dua hal ini memberikan pengaruh yang positif terhadap kesehatan kulit dan kecantikan alami Anda.

6. Lebih panjang umur

Tahukah Anda bahwa bahagia adalah kunci untuk memiliki umur yang lebih panjang? Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang berbahagia memiliki risiko kematian 18% lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak berbahagia. 

Para peneliti menduga bahwa perasaan bahagia dapat menciptakan komitmen bagi seseorang untuk terus menerapkan gaya hidup sehat, sehingga dirinya juga akan terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat memperpendek umur.

Melihat adanya sederet manfaat di atas, tak ada salahnya bila Anda ingin merayakan hari Valentine dengan meluapkan rasa kasih dan sayang kepada orang-orang yang dicinta. Nah, agar manfaatnya lebih optimal, Anda dianjurkan untuk tetap meluapkan perasaan tersebut di hari-hari berikutnya. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar