Sukses

Segarkan Pikiran dengan 5 Minyak Aromaterapi Ini

Jika Anda merasa stres, jenuh, dan depresi, gunakan minyak aromaterapi berikut ini untuk menyegarkan pikiran dan membangkitkan semangat kembali.

Klikdokter.com, Jakarta Tekanan hidup dewasa ini yang kian menantang, tak jarang membuat masyarakat modern merasa stres, jenuh, bahkan depresi. Berbagai masalah kerap hadir silih berganti –mulai dari masalah rumah tangga, pekerjaan, ekonomi, percintaan, hingga pertemanan. Minyak aromaterapi bisa digunakan untuk menyegarkan pikiran atas segala masalah tersebut dan membuat Anda kembali bersemangat beraktivitas.

Setelah harus berkutat panjang dengan berbagai masalah yang ada, tentunya akan sangat baik jika Anda dapat refreshing sejenak untuk menyegarkan pikiran. Pilihan utama tentunya adalah travelling ke tempat-tempat yang indah, yang dapat menyejukkan mata, hati, dan jiwa. Namun apa daya, waktu, uang, dan berbagai hal lain seringkali menjadi kendala.

Jangan khawatir, tentunya ada pilihan cara lain yang lebih mampu direalisasikan namun tetap mampu menyegarkan pikiran Anda. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan minyak aromaterapi sebagai media relaksasi maupun pemicu semangat.

Sejarah Ribuan Tahun

Aromaterapi adalah teknik relaksasi menggunakan minyak esensial yang dihirup. Praktik ini telah dilakukan selama lebih dari 60 ribu tahun lampau di berbagai negara, seperti Suriah, Mesir, Cina, Prancis, India, Tibet, Yunani, dan Amerika utara.

Minyak esensial diperoleh dari ekstraksi berbagai bagian dari tumbuhan, mulai dari bunga, akar, batang, daun, biji dan buah. Selain memiliki keharuman yang bermanfaat untuk membuat relaks dan menyegarkan pikiran, minyak esensial diketahui memiliki aktivitas anti-mikroba, anti-jamur dan anti-parasit, sehingga dapat bermanfaat pula bagi kesehatan.

Pilihan Bervariasi

Anda dapat menggunakan minyak esensial sebagai aromaterapi untuk membuat tubuh relaks dan pikiran segar, sehingga Anda lebih bersemangat menghadapi hari demi hari. Berikut adalah beberapa jenis minyak esensial yang dapat Anda pilih:

• Lavender

Lavender dapat menimbulkan efek menenangkan, relaksasi, bahkan dapat mengusir insomnia, sehingga membantu tidur lebih lelap. Selain dapat diteteskan ke dalam diffuser untuk dihirup, Anda dapat menikmati aromaterapi lavender dengan mengoleskan ke kulit (setelah diencerkan terlebih dahulu dengan minyak carrier seperti minyak zaitun).

Tak hanya itu, Anda juga dapat menyemprotkan cairan yang mengandung aromaterapi lavender ke bantal agar dapat tidur lebih lelap. Sebagai variasi, Anda pun dapat menambahkan minyak esensial lavender ke dalam berbagai produk kecantikan, seperti sabun mandi cair, body lotion dan sampo.

• Eucalyptus

Setelah seharian bekerja keras, tentu Anda sering merasa pegal-pegal. Tuangkan minyak esensial eucalyptus ke dalam air mandi untuk membantu agar otot dan sendi lebih rileks, serta pikiran pun lebih segar.

• Peppermint

Minyak esensial peppermint dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala, mual, dan rasa tegang di tengkuk. Selain itu, meneguk segelas teh peppermint juga dapat membantu kembali menyegarkan pikiran yang kusut.

• Lemon

Aroma lemon yang khas dan menyegarkan tentunya dapat membuat pikiran pun kembali segar. Selain dapat menghirup aromaterapi lemon, Anda juga dapat menambahkan perasan lemon ke dalam teh.

• Mawar

Keharuman bunga mawar dipercaya dapat membantu menghilangkan stres serta membuat tubuh dan pikiran lebih santai. Anda dapat menghirup aromaterapi mawar atau menambahkan beberapa tetes minyak esensial mawar ke dalam air mandi.

Selain menggunakan varian aromaterapi di atas, sebelum beraktivitas Anda juga disarankan untuk mengonsumsi multivitamin yang mengandung Nano Ginseng, L-Carnitine, vitamin B1, B6, B12, BCAA serta trimethyl xanthin. Seluruh kandungan tersebut dapat menjaga stamina dan kesegaran tubuh.

[NP/ RH]

2 Komentar