Sukses

Penyebab Kaki Kram pada Malam Hari

Pernah terbangun dan meringis kesakitan saat mengalami kram kaki secara tiba-tiba pada malam hari?Baca penyebabnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap orang pernah mengalami kaki kram saat tidur di malam hari, yang mana serangan ini dapat terjadi selama beberapa detik hingga hitungan menit. Sudah pasti Anda dibuat jengkel oleh kaki kram ini. Bukan hanya tidur yang terganggu, tetapi rasa nyeri akibat kram sering menetap selama beberapa waktu, terutama bila otot tidak segera relaksasi.

Kaki kram pada malam hari ini disebut juga nocturnal leg cramps. Menurut American Academy of Family Physician, kondisi ini dialami oleh lebih dari 60% orang dewasa dan menjadi salah satu penyebab utama gangguan tidur (insomnia).

Umumnya kaki kram pada malam hari terjadi di otot betis, terjadi secara tiba-tiba, dan bisa berlangsung selama beberapa menit. Setelahnya rasa nyeri akan berkurang, tapi ada juga yang merasakan nyeri dan pegal yang menetap.

Penyebab pasti kaki kram pada malam hari belum diketahui secara pasti, tapi gangguan ini akan muncul karena aktivitas atau kondisi tertentu, seperti:

  • Olahraga, terutama bila Anda tidak melakukan pemanasan dan peregangan (stretching) sebelumnya. Cedera dan penggunaan otot yang berlebihan juga dapat menyebabkan kaki kram pada malam hari.
  • Kaki kram juga bisa menyerang ibu hamil karena kondisi mereka yang mengalami penurunan jumlah mineral, kalsium, dan magnesium pada akhir usia kehamilan. 
  • Berdiri di permukaan keras dalam waktu lama, duduk terlalu lama, atau posisi kaki yang tidak nyaman saat tidur. 
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan.
  • Terpapar udara dingin.
  • Gangguan elektrolit dan mineral dalam tubuh, seperti kekurangan kalium (potasium), magnesium, dan kalsium, serta kekurangan vitamin B12. 
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti pil kontrasepsi, antipsikotik, obat darah tinggi, obat asma, atau steroid. 
  • Akibat beberapa penyakit, seperti penyakit gula (diabetes melitus).

Jika kaki kram terjadi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa nyeri. Pertama, lakukan peregangan dan pijat otot di sekitar area yang mengalami kram. Cobalah bangkit dari tempat tidur dan berjalan atau berjingkat sebentar. Jangan lupa untuk minum cukup cairan dan bila perlu mandi air hangat atau kompres hangat untuk membuat otot kembali rileks.

Lantas, adakah cara untuk mencegah dan mengatasi kaki kram di malam hari kembali datang? Sampai saat ini, belum ada terapi yang terbukti benar-benar efektif untuk mencegah terjadinya kaki kram.

Namun, literatur ilmiah menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kaki kram:

  • Asupan cairan cukup. Minum 2–3 liter air per hari untuk memastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik.
  • Lakukan peregangan sebelum berolahraga, terutama peregangan kaki untuk mencegah kaki kram saat berolahraga dan ketika tidur pada malam hari.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B serta mineral lainnya seperti daging, ikan, sayuran hijau, susu, keju, yogurt, atau pisang. Bila perlu, konsumsi multivitamin untuk kram yang mengandung vitamin B1, B6, B12, kalium dan magnesium aspartat.

Nah, sekarang tentu Anda sudah tahu penyebab dan kiat megatasi kaki kram mendadak di malam hari. Bila serangan kram terus saja datang atau memburuk, periksakan segera ke dokter karena bisa jadi merupakan gejala gangguan lain.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar