Sukses

Cara Mudah Atasi Pegal di Telapak Kaki

Jangan biarkan pegal di telapak kaki mengganggu keseharian Anda. Temukan cara mudah mengatasinya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Aktivitas harian yang padat dan membutuhkan mobilitas tinggi, sudah pasti akan terasa melelahkan dan berisiko membuat kaki pegal –khususnya di bagian telapak kaki. Begitu juga saat Anda menghabiskan waktu akhir pekan di luar ruangan –seperti hiking atau sekadar jalan-jalan di mal seharian.

Pada penghujung hari, tak jarang bukan hanya kaki saja yang terasa pegal, namun badan pun terasa sakit dan pegal. Pegal di telapak kaki sendiri sering kali dianggap remeh.Padahal, bila dibiarkan dan tidak diatasi dengan tepat, bisa menimbulkan cedera lebih lanjut.

Sebelumnya, Anda perlu tahu jaringan apa saja yang terdapat di telapak kaki. Pada telapak kaki terdapat jaringan penyokong yang menghubungkan antara tumit dan tulang jari-jari kaki, yang disebut plantar fascia. Plantar fasciaini berfungsi untuk menyebarkan tekanan ke seluruh telapak kaki dan meredam hentakan atau shock absorber.

Aktivitas yang terlalu berat, berjalan kaki atau berdiri dalam waktu lama, menggunakan sepatu dengan ukuran tidak tepat atau sol kurang nyaman, dan penggunaan sepatu hak tinggi adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan plantar fascia mengalami iritasi hingga peradangan.

Kondisi ini disebut juga dengan plantar fasciitis. Gejala plantar fasciitis adalah pegal di telapak kaki, rasa nyeri tajam di daerah tumit, hingga tumit terasa kaku dan sulit digerakkan.

Plantar fasciitis juga dapat dialami oleh orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan, melakukan olahraga yang fokus pada kekuatan kaki, ibu hamil, mengangkat beban terlalu berat, luka berlubang dan mengalami pendarahan, dan masih banyak lagi.

Memang tidak semua pegal di telapak kaki merupakan plantar fasciitis. Namun, pegal yang tidak diatasi dengan baik dan terus dibiarkan dapat menyebabkan plantar fasciitis.

Kabar baiknya, beberapa hal berikut dapat Anda lakukan di rumah untuk mengatasi pegal di telapak kaki dengan aman:

• Istirahatkan kaki. Sebelum beristirahat malam, istirahatkan kaki Anda dengan meluruskan seluruh tungkai di permukaan datar dan lakukan pijatan ringan, terutama di telapak kaki.

• Kompres dingin di area yang terasa nyeri. Kompres dingin dapat mengurangi nyeri dan pegal di telapak kaki. Selain di telapak kaki, kompres dingin juga dapat Anda aplikasikan pada betis yang bengkak dan nyeri.

• Peregangan kaki (toe stretches). Untuk melakukannya, Anda dapat duduk di alas datar dengan menekuk lutut sehingga bagian tumit menempel di alas duduk Anda sementara jari-jari tetap terangkat. Kemudian, secara perlahan tarik ibu jari kaki dan tahan selama 15–30 detik. Lakukan ini pada semua jari dan telapak kaki yang lainnya.

• Pakai sepatu dengan alas yang lunak dan dapat menyokong lengkung kaki Anda. Bagi kaum wanita, sebisa mungkin kurangi, bahkan hindari penggunaan sepatu hak tinggi.

• Konsumsi anti-nyeri yang aman.

• Sebelum tidur, konsumsi multivitamin untuk pegal yang mengandung kalium dan magnesium aspartat untuk mengurai asam laktat (penyebab pegal-pegal dan otot kaku).

Dengan melakukan hal-hal di atas secara tepat, niscaya pegal di telapak kaki akan membaik. Namun, jika rasa pegal pada telapak kaki masih tak juga mereda atau malah memburuk, Anda sebaiknya segera menemui dokter agar penyebabnya dapat diketahui secara jelas dan segera mendapat perawatan medis yang tepat.

(RN/ RH)

2 Komentar