Sukses

Baca Ini Sebelum Naik Pesawat saat Hamil

Berencana untuk naik pesawat saat hamil? Hati-hati, perhatikan ini agar tetap aman.

Klikdokter.com, Jakarta Saat hamil, tidak sedikit wanita yang berpikiran untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat. Namun, banyak yang tiba-tiba mengurungkan niat, karena naik pesawat saat hamil dituding dapat menyebabkan sederet dampak buruk bagi ibu dan janin di dalam kandungan.

Tidak dimungkiri, ibu hamil memang sebaiknya tidak melakukan perjalanan menggunakan pesawat pada usia-usia tertentu. Namun hal ini bukan berarti ibu hamil sepenuhnya dilarang untuk bepergian naik pesawat.

Naik pesawat saat hamil

Ibu hamil yang usia kehamilannya masih berada di trimester kedua (antara minggu ke-13 dan 27) dapat berpergian menggunakan pesawat dengan aman. Namun untuk hal ini, kondisi kehamilan harus benar-benar terbebas dari gangguan kesehatan, alias sehat walafiat.

Sedangkan, bila usia kehamilan sudah mencapai trimester ketiga atau berada di usia 37 minggu, maka Anda disarankan untuk tidak berpergian menggunakan pesawat. Karena pada usia ini, kehamilan Anda sudah cukup ‘matang’ sehingga waktu persalinan bisa datang kapan saja.

1 dari 2 halaman

Perhatikan ini sebelum naik pesawat

Jika Anda hendak bepergian menggunakan pesawat saat hamil, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Hindari perjalanan udara yang lama, khususnya pada trimester pertama dan ketiga kehamilan.
  • Hindari bepergian ke daerah-daerah endemis penyakit tertentu, yang meningkatkan risiko Anda terkena suatu infeksi.
  • Usahakanlah untuk membawa makanan dan minuman sendiri, agar Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi pribadi dan janin dalam kandungan.
  • Untuk mencegah terjadinya penggumpalan pada pembuluh darah atau Deep Vein Thrombosis (DVT), jangan lupa untuk melakukan peregangan berkala, atau menggunakan stocking kompresi khusus. Jika memungkinkan, pilihlah kursi dengan ruang depan kaki yang lebih luas agar kaki Anda lebih leluasa untuk digerakkan.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas dengan saksama, diharapkan Anda dapat bepergian naik pesawat dengan aman dan nyaman. Tetap ingat untuk selalu memastikan kondisi tubuh Anda dan janin tetap prima, ya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar