Sukses

Sering Cuci Muka dengan Air Hangat Bikin Cepat Tua?

Meski memiliki efek relaksasi, ternyata cuci muka dengan air hangat dapat berdampak buruk bagi kulit wajah.

Klikdokter.com, Jakarta Air hangat kerap menjadi pilihan saat membersihkan wajah karena dipercaya dapat memberikan efek relaksasi. Belum lagi banyak produk kecantikan yang menyarankan untuk membasuh wajah dengan air hangat sebelum mengaplikasikan produk-produknya seperti serum, losion, atau krim wajah lainnya.

Meski demikian, banyak orang yang belum tahu bahwa kebiasaan mencuci wajah dengan air hangat ini justru dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit wajah. Salah-salah bukan kecantikan dan keremajaan kulit yang didapat, justru kulit kusam dan penuaan dini lah yang akan Anda peroleh.

Mencuci wajah dengan air hangat sebenarnya tidak banyak dianjurkan oleh dokter, karena justru dapat merusak kulit. Kulit normal memiliki keseimbangan jumlah lapisan minyak serta air. Dua komponen penting inilah yang menjaga kulit tetap kenyal, awet muda, serta sehat.

Air hangat dapat membuat keseimbangan kulit wajah menjadi terganggu. Pada akhirnya mencuci muka dengan memakai air hangat justru akan menghilangkan lapisan minyak, serta menurunkan kelembapan kulit.

1 dari 4 halaman

Hilangnya lapisan minyak pelindung kulit

Salah satu hal yang membuat kulit terlihat kencang dan berkilau adalah lapisan minyak yang dimiliki kulit. Minyak berlebih memang dapat mengundang banyak masalah, tapi kehilangan minyak juga dapat merusak kesehatan kulit.

Air hangat yang digunakan untuk membasuh wajah dapat menghabiskan lapisan minyak ini dengan cepat. Bila dilakukan berulang-ulang, kulit akan kehilangan kekenyalannya dan terlihat kusam. Kalau sudah demikian, kondisi ini dapat menyebabkan munculnya kerutan pada wajah lebih cepat. Pastinya Anda tidak mau kan kulit jadi keriput dan tua dari lebih cepat dari usia sebenarnya?

Lebih jauh lagi, kondisi kulit wajah yang kehilangan minyak alaminya akan mengharuskan Anda mengaplikasikan pelembap. Namun, kondisi ini juga akan membuat kulit wajah rentan terhadap timbulnya jerawat dan infeksi kulit lainnya.

2 dari 4 halaman

Penguapan air di kulit lebih cepat

Selain hilangnya lapisan minyak, membasuh wajah dengan air hangat juga dapat mempercepat penguapan air dari dalam kulit. Faktanya, 64% kulit Anda terdiri atas air.

Suhu air basuhan yang terlalu tinggi mengakibatkan pori-pori wajah terbuka lebar, sehingga menyebabkan 64% air ini menguap dengan cepat. Bayangkan bila kulit Anda kehilangan sedemikian banyak kandungan air. Kulit gelap, kusam, dan keriput lah yang akan jadi ancamannya.

Suhu untuk mencuci wajah yang tinggi juga dapat menyebabkan adanya bercak merah dan kulit sensitif yang ekstrem pada area tersebut. Selain pori-pori Anda dapat menjadi “korban”, bisa jadi kulit wajah akan menjadi kering dan kusam, dengan pori-pori yang besar dan terlihat jelas.

3 dari 4 halaman

Kulit wajah jadi mudah iritasi

Hilangnya lapisan minyak pelindung kulit dan berkurangnya kelembapan wajah bisa jadi biang kerok iritasi. Kulit wajah menjadi sangat sensitif dan mudah terjadi radang bila terkena iritan atau tergores. Iritasi kronis dapat membuat wajah menjadi kusam dan mempercepat penuaan dini.

Seluruh masalah yang ditimbulkan akibat mencuci wajah dengan air hangat ini dapat berujung pada kerusakan dan penuaan dini. Kondisi ini berakibat kulit wajah akan terlihat kusam dan berkerut lebih cepat dari yang seharusnya.

Untuk mencegah ancaman ini terjadi pada kulit wajah Anda, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Usahakan mencuci wajah dengan air bersuhu netral.
  • Aplikasikan pelembap wajah yang bebas pewarna dan pewangi buatan segera setelah mencuci wajah.
  • Oleskan selalu tabir surya sebelum beraktivitas, khususnya jika Anda beraktivitas di luar ruangan.

Langkah-langkah perawatan wajah yang tepat dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan terlihat awet muda. Pastikan Anda memilih perawatan wajah yang tepat dan hindari mencuci muka dengan air hangat yang suhunya terlalu tinggi. Dengan cara yang tepat, wajah akan terhindar dari kerusakan dan penuaan dini.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar