Sukses

Kiat Atasi Badan Lemas Usai Melahirkan

Keluhan badan lemas sering dialami ibu usai melahirkan. Bagaimana cara mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Keluhan badan lemas setelah melahirkan merupakan keluhan yang banyak dialami oleh para ibu. Bahkan, kadang tubuh masih terasa lemas meski bayi telah berusia beberapa bulan. Jika Anda juga mengalami hal ini, tak perlu khawatir. Ada banyak ibu di luar sana yang mengalami hal yang sama, dan ini merupakan hal yang wajar.

Setelah melahirkan, tubuh harus kembali beradaptasi dengan perubahan fisik yang terjadi. Setelah mengandung bayi selama 9 bulan, saat melahirkan volume darah berkurang. Hormon-hormon pun mengalami perubahan kadarnya. Inilah yang mengakibatkan badan lemas usai melahirkan. Belum lagi bila Anda melahirkan melalui operasi caesar. Setelah operasi tersebut umumnya Anda perlu waktu lebih lama untuk mengembalikan stamina.

Tak berhenti sampai di situ, usai melahirkan bukan hanya diri Anda yang butuh perhatian, melainkan juga si buah hati. Anda mungkin harus begadang setiap malam untuk menyusui si kecil setiap 2-3 jam sekali, mengganti popoknya, atau terbangun ketika anak rewel, dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut juga dapat memperberat keluhan lemas yang dialami.

Untuk menyiasati agar Anda tak kelelahan dan lemas, berikut ini adalah beberapa kiat yang dapat dilakukan:

1. Usahakan untuk tidur setiap kali ada kesempatan

Bila bayi sedang tidur, sebaiknya Anda ikut tidur bersamanya. Saat ayah sudah pulang ke rumah, tak ada salahnya memintanya menjaga si kecil beberapa jam agar Anda bisa menikmati tidur yang berkualitas. Jika tiba waktunya menyusui, Anda dapat melakukannya dalam posisi berbaring menyamping menghadap bayi. Namun, pastikan hidungnya tidak tertutup oleh payudara Anda.

2. Batasi tamu

Kadang kala, badan lemas terjadi bukan hanya karena harus merawat bayi, tetapi juga karena harus menyambut dan melayani tamu yang datang menjenguk. Bila ini yang terjadi, Anda tak perlu segan meminta izin untuk beristirahat sejenak dan membiarkan keluarga Anda yang bercengkrama dengan mereka.

3. Pertimbangkan menggunakan jasa doula

Doula merupakan profesional yang terlatih untuk memberikan perawatan kepada ibu menjelang dan setelah melahirkan. Biasanya, untuk membantu proses adaptasi setelah melahirkan, kehadiran doula dapat membantu melakukan pekerjaan ibu.

4. Makan makanan bergizi secara teratur

Meski terkesan sepele, makan dengan teratur dan memilih jenis makanan yang tepat sangatlah penting untuk mengusir rasa lemas. Makanlah makanan yang tinggi protein dan serat. Sebisa mungkin hindari konsumsi kafein atau minuman lain yang rasanya manis.

5. Lakukan latihan jasmani

Meski rasa lelah yang dominan dirasakan, latihan jasmani dengan berolahraga sangat baik untuk menyegarkan tubuh. Tak perlu memilih jenis olahraga yang menggunakan alat tertentu, mengajak bayi berjalan-jalan ke luar rumah juga merupakan alternatif latihan jasmani yang baik.

6. Jangan berharap seluruh rumah bersih dan rapi

Energi ibu umumnya tak hanya habis untuk merawat bayi, tetapi juga untuk mengurus rumah tangga, khususnya merapikan rumah. Nah, pola pikir seperti ini yang harus Anda hindari. Prinsipnya adalah first things first, yang artinya adalah apa yang menjadi prioritas, harus dikerjakan. Sedangkan yang tidak menjadi prioritas saat itu, tidak perlu dilakukan dulu. Merapikan rumah bukanlah prioritas utama saat merawat bayi. Alih-alih membersihkan rumah, lebih baik Anda menggunakan waktu tersebut untuk beristirahat.

Waspadai depresi postpartum

Bila setelah menerapkan kiat di atas selama 1-2 minggu tapi keluhan badan lemas masih juga Anda alami, waspada terhadap kemungkinan terjadinya depresi postpartum. Lebih dari 10% ibu mengalami hal ini usai melahirkan. Selain adanya keluhan badan lemas, depresi postpartum ditandai dengan kondisi ibu yang mudah menangis, mengalami gangguan tidur, dan tidak adanya minat untuk melakukan aktivitas apapun. Ibu yang mengalami depresi postpartum juga biasanya tidak mau merawat bayinya. Jika ini yang terjadi, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan psikiater.

Badan lemas usai melahirkan tak perlu Anda khawatirkan. Lakukan kiat-kiat yang disebutkan di atas, dan jangan sungkan untuk meminta bantuan keluarga untuk menjaga si kecil untuk beberapa sesaat, agar Anda dapat beristirahat dengan cukup setelah melahirkan.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar