Sukses

Kenali Gejala Flu Hong Kong

Hong Kong tengah dilanda wabah flu, yang telah merenggut korban jiwa. Kenali gejala-gejala penyakit ini.

Klikdokter.com, Jakarta Menurut catatan Center for Health Protection, sebanyak 10 orang telah menjadi korban jiwa flu Hong Kong dari sekitar 24 penderita yang dinyatakan positif terjangkit penyakit tersebut.

WHO memberikan informasi bahwa telah terjadi peningkatan kasus influenza A (H3N2) sejak pertengahan Mei 2017 lalu. Tercatat sebanyak 28.131 kasus yang terjadi pada tahun lalu dan pada tahun ini jumlah penderita flu Hong Kong masih berada di angka 7068 kasus. Kondisi ini terakhir dipantau pada 3 Februari 2018 lalu.

Virus influenza A (H3N2) ini tergolong virus yang relatif baru dan menyerang populasi yang rentan seperti lansia dan anak-anak, dengan gejala yang lebih berat.

Gejala yang perlu Anda kenali

Menurut Anthony Fauci, Director of the National Institutes of Health National Institute of Allergy and Infectious Disease, virus influenza A (H3N2) dinilai yang paling berbahaya dibandingkan jenis virus influenza lainnya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengenali tanda dan gejala flu Hong Kong sebagai berikut ini:

• Demam serta nyeri tubuh dan otot. Hal ini terjadi akibat respon dari sistem imunitas di dalam tubuh terhadap paparan virus influenza A yang masuk ke dalam tubuh.

• Batuk dan nyeri tenggorokan. Kondisi ini disebabkan oleh terjadinya peradangan di dalam saluran pernapasan akibat infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan.

• Sumbatan hidung.

• Sakit kepala.

• Muntah dan diare. Gejala ini sering terjadi pada anak-anak.

Jika Anda baru berkunjung ke daerah endemis penyakit seperti Hong Kong dan merasakan salah satu gejala di atas, segera konsultasikan secara langsung apa yang Anda rasakan dengan dokter, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Dengan pengenalan gejala dan pemeriksaan awal, penyakit flu Hong Kong yang menyerang Anda, dapat terdiagnosa dan diberikan penanganan yang optimal.

Saat ini terdapat obat yang dinamakan antivirus (antiviral). Apabila dikonsumsi dalam waktu yang tepat, yaitu dalam waktu 48 jam setelah Anda sakit, antivirus dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah Anda dari risiko komplikasi di dalam tubuh.

1 dari 2 halaman

Virus mudah menyebar

 

Virus influenza A (H3N2) merupakan salah satu jenis virus yang mudah menyebar melalui udara saat penderita bersin, batuk atau bahkan berbicara. Benda-benda yang terpapar oleh penderita seperti gagang pintu, remote control, saklar atau keran air juga dapat menjadi media penularan virus. Hal ini yang menyebabkan penyebaran virus ini bisa terjadi dalam waktu singkat.

Oleh karena itu pencegahan virus influenza A harus dilakukan sejak dini, terutama pada orang yang sudah berusia di atas 65 tahun, anak-anak, ibu hamil dan pasien dengan penyakit kronik.

Upaya dapat dilakukan dengan melakukan vaksinasi flu secepatnya, karena tubuh baru dapat membentuk antibodi dalam 2 minggu setelah penyuntikan vaksin.

Selain vaksinasi flu, untuk menghindari penularan influenza, Anda dapat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer yang mengandung 70 – 80% alkohol.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan masker jika memiliki gejala flu, menutup hidung dan mulut ketika bersin serta batuk. Pastikan juga asupan makanan yang Anda peroleh cukup sehat dan bergizi.

Dengan mengetahui gejala flu yang tengah mewabah di Hong Kong, Anda kini dapat berjaga-jaga. Agar tubuh senantiasa terhindar dari virus, lakukan olahraga secara rutin serta hindari berpergian ke tempat umum dan ramai jika tidak terlalu perlu, terutama di daerah endemis saat wabah flu sedang melanda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar