Sukses

Payudara Besar Sebelah, Pertanda Kanker Payudara?

Payudara Anda besar sebelah? Apakah ini pasti merupakan pertanda kanker payudara?

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki payudara yang berbeda ukuran bisa jadi menimbulkan kekhawatiran pada diri Anda. Kemungkinan terburuk yang mungkin terlintas dalam benak Anda adalah apakah ini gejala kanker payudara?

Untungnya, tidak semua kasus payudara besar sebelah disebabkan oleh kanker. Jadi Anda tidak perlu panik dulu.

Ketika payudara berbeda ukuran

Pada umumnya, pertumbuhan payudara berakhir lima tahun setelah seorang wanita mendapatkan haid pertama. Kemungkinan pertama penyebab payudara besar sebelah adalah payudara masih dalam masa pertumbuhan.

Anda perlu mengetahui, bahwa pertumbuhan antara payudara kiri dan kanan berbeda. Namun, bagaimana jika perbedaan ukuran organ ini bertahan hingga usia dewasa?

Hingga sembilan puluh persen wanita dewasa memiliki payudara yang berbeda ukuran. Hal ini normal terjadi. Anda tidak perlu khawatir. Pada umumnya, perbedaan ukuran hingga 20 persen antara payudara kanan dan kiri tergolong normal.

Ukuran payudara dapat berubah seiring siklus haid. Saat mengalami ovulasi, ukuran payudara dapat bertambah akibat retensi (penyimpanan) cairan, dan peningkatan aliran darah ke payudara. Jika merasa payudara besar sebelah, Anda perlu memperhatikan apakah hal ini berubah seiring siklus haid Anda.

Beda ukuran karena trauma

Di samping itu, trauma pada salah satu payudara dapat membuat ukurannya menjadi besar sebelah. Jika trauma terjadi saat payudara sudah selesai berkembang, maka kemungkinan pembesaran ukuran ini hanya sementara akibat peradangan. Jika terjadi saat payudara masih berkembang, bisa jadi perbedaan ukuran akan menetap.

Infeksi yang terjadi pada salah satu payudara juga dapat menyebabkan perbedaan ukuran. Pada umumnya, kondisi ini disertai gejala kemerahan, panas, dan nyeri. Bisa juga keluar cairan atau nanah dari puting, walaupun tidak selalu terjadi. Contoh infeksi yang terjadi adalah mastitis atau abses payudara.

Beberapa keadaan lainnya, yang tidak berkaitan dengan kanker, dapat menyebabkan payudara besar sebelah. Misalnya kista payudara, dan benjolan jinak seperti lipoma atau fibroadenoma.

Hal ini bisa juga disebabkan oleh kondisi yang jarang terjadi seperti juvenile hypertrophy of the breast. Kondisi ini menyebabkan salah satu ukuran payudara lebih besar, daripada yang lainnya. Jadi, perbedaan ukuran payudara tidak selalu disebabkan oleh kanker payudara.

Namun yang pasti, bagaimana pun kondisi payudara Anda, jika memang Anda merasakan gejala yang tidak biasa – seperti adanya gejala kanker payudara – segera  periksakan ke dokter. Semakin cepat Anda berkonsultasi dengan dokter, semakin cepat pula Anda mendapatkan penanganan yang tepat.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar