Sukses

Kiat Menolong Korban Sengatan Listrik saat Banjir

Banjir juga dapat membuat seseorang terkena sengatan listrik. Jangan panik, lakukan ini untuk menolongnya.

Klikdokter.com, Jakarta Banjir yang beberapa hari lalu melanda kota-kota di Indonesia meninggalkan sederet ‘luka’. Mulai dari endapan lumpur di dalam rumah, hingga terjadinya penyakit-penyakit infeksi seperti diare, leptospirosis, demam tifoid dan lainnya. Di balik keadaan tersebut, orang yang rumahnya terendam banjir juga rentan terkena sengatan listrik.

Sengatan listrik saat banjir dapat terjadi saat anggota tubuh yang basah berkontak dengan sumber tegangan yang cukup tinggi. Hal ini membuat arus listrik dengan mudahnya menjalar melalui otot-otot di tubuh.

Akibat tersengat listrik, beberapa anggota tubuh seperti kulit, otot, dan sistem saraf bagian dalam dapat mengalami gangguan. Keadaan ini terjadi karena listrik yang menjalar melalui otot dapat ‘membakar’ dan merusak jaringan yang dilewatinya.

Beberapa kondisi yang biasanya terjadi akibat tubuh tersengat listrik, di antaranya:

  • Luka bakar di kulit
  • Gangguan irama jantung atau aritmia
  • Rusaknya fungsi otot pernapasan
  • Gagal atau henti napas
1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Risiko yang terjadi akibat tersengat listrik tersebut dapat diperkecil, jika korban diberikan pertolongan secepatnya. Dalam hal ini, berikut beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan:

1.    Jangan sentuh korban dengan ‘tangan kosong’

Manusia adalah penghantar listrik yang baik (konduktor). Karenanya, bila Anda menyentuh orang yang tersengat listrik, Anda juga bisa turut tersengat.

Maka dari itu, bila hendak menolong korban sengatan listik, pastikan tubuh Anda dalam keadaan kering dan terbalut dengan pakaian, sepatu, ataupun sarung tangan berbahan karet sebelum menyentuhnya. Ini karena karet adalah penghantar listrik yang buruk (isolator), sehingga Anda tidak akan ikut tersengat.

2.    Matikan sumber listrik

Jika Anda tidak memliki serangkaian pakaian, sepatu, atau sarung tangan berbahan karet, namun langsung ingin menolong korban, tindakan yang sebaiknya Anda lakukan adalah mematikan sumber listik utama. Tindakan ini dapat membantu menghentikan aliran listrik ke tubuh korban.

3.    Segera bawa korban ke rumah sakit terdekat

Hal ini bertujuan agar korban segera mendapatkan tindakan medis yang sesuai. Karena seperti yang dibahas sebelumnya, aliran listrik dapat memengaruhi semua bagian tubuh manusia, tak terkecuali otot pernapasan, otot jantung dan lain sebagainya. Jangan sampai terlambat dilakukan, karena nyawa korban yang jadi taruhannya.

Banjir dan sederet dampak buruk yang menyertai memang sulit dihindari. Namun dengan membekali diri dengan teknik pertolongan pertama, baik pada kasus sengatan listrik atau lainnya, nyawa korban yang terancam bisa diselamatkan. Tetap waspada, tetap jaga kesehatan Anda dan keluarga. Salam sehat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar