Berita Kesehatan

10 Kiat Selalu Sehat di Musim Hujan

Aprinda, 03 Mar 2024

Ditinjau Oleh dr. Arina Heidyana

Musim hujan membuat kamu jadi mudah terserang penyakit, seperti flu. Untuk itu, ikuti tips menjaga kesehatan tubuh di musim hujan lewat ulasan berikut!

10 Kiat Selalu Sehat di Musim Hujan

Di musim hujan, penularan penyakit flusemakin meningkat. Genangan air di sekitar rumah juga menarik perhatian nyamuk malaria atau demam berdarah dengue. Belum lagi, kondisi lembap dan kotor, bahkan banjir memudahkan kuman penyebab tipes, leptospirosis, dan berbagai penyakit kulit berkembang biak dan berpeluang menginfeksi tubuh.

Karenanya, Kamu butuh perlindungan ekstra selama musim pancaroba dan musim hujan ini. Supaya semangat dan produktif di musim hujan, apa saja tips menjaga kesehatan tubuh yang wajib Kamu lakukan? Berikut uraiannya:

1. Jaga Pola Makan

Agar tubuh tetap sehat saat musim hujan, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Berikut berbagai makanan sehat saat musim hujan yang perlu Kamu konsumsi:

  1. Makanan mengandung karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, kentang, atau gandum. Nutrisi ini sangat baik dikonsumsi untuk membantu Kamu tetap fit.
  2. Makanan yang dapat meningkatkan sistem imun, seperti bawang putih dan jahe.
  3. Makanan kaya serat, vitamin, dan mineral sehingga baik untuk dikonsumsi, seperti buah dan sayur.
  4. Makanan yang mengandung probiotik, seperti tempe, keju, yoghurt untuk melindungi tubuh dari infeksi.

2. Lakukan Olahraga

Cara menjaga kesehatan tubuh di musim hujan yang wajib Kamu lakukan adalah olahraga rutin. Hampir semua orang, jadi mager alias malas bergerak saat hujan datang. Apalagi kalau cuaca betul-betul sedang gloomy, hati pun jadi ikut melankolis.

Namun, tahukah Kamu, berolahraga pada musim hujan justru akan membuat suasana hati lebih baik? Beraktivitas fisik akan memberikan vitalitas dan meningkatkan endorfin sehingga mood menjadi lebih positif. Jika Kamu sedang malas ke gym, yoga, lompat tali, atau senam di rumah bisa jadi pilihan. 

3. Tidur yang Cukup

Tips menjaga kesehatan tubuh di musim hujan atau musim pancaroba yang perlu Kamu ikuti adalah cukup tidur. Tidur merupakan salah satu solusi praktis untuk mengurangi stres. Misalnya, persoalan hujan yang mengacaukan jadwal kegiatan Kamu. Daripada mengeluh di media sosial, lebih baik naik ke kasur dan tidur.

Lagi pula, tidur berguna untuk memulihkan seluruh sistem anggota tubuh setelah bekerja keras seharian. Hal ini tentunya penting agar tubuh Kamu kebal terhadap virus maupun bakteri. Tapi ingat, jangan sampai kebablasan, ya! Pastikan Kamu cukup tidur di malam harinya. 

4. Rajin Cuci Tangan

Rajin Cuci Tangan

Bakteri dan virus akan lebih tak terkendali saat musim hujan. Kamu dapat terpapar patogen (bibit penyakit) melalui berbagai cara, misalnya dengan menyentuh gagang pintu atau bangku yang telah terinfeksi. Ya, semudah itu.

Hal terbaik yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan saat musim hujan ini adalah dengan mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air. Lakukan ini sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah dari toilet, setelah bermain dengan binatang peliharaan, dan setelah memegang benda-benda yang dipakai bersama.

Artikel lainnya: 5 Daftar Vaksin yang Wajib Didapat Menjelang Musim Hujan

5. Terapkan Gerakan 4M plus

Selama musim hujan, genangan air dan sampah akan semakin menumpuk sehingga memicu perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah. Oleh karena itu, Kamu wajib menerapkan gerakan 4M plus sebagai sebagai tips menjaga kesehatan tubuh di musim hujan lewat beberapa tindakan berikut:

  1. Menguras dan menutup rapat tempat penampungan air.
  2. Mengubur barang bekas yang dapat menampung air.
  3. Memantau wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk.
  4. Menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat anti-nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik, memasang kasa anti-nyamuk, menaburkan bubuk larvasida ke dalam tempat penampungan air, dan sebagainya.

6. Tidak Jajan Sembarangan

Cuaca yang dingin membuat kita cepat lapar. Hal ini sering membuat kita membeli makanan secara sembarangan dan tidak terjamin kebersihannya. Tips menjaga kesehatan sistem pencernaan di musim hujan yang jangan kamu abaikan adalah hindari membeli makanan di pinggir jalan.

Pasalnya, percikan air di jalan dapat terkena pada makanan sehingga membuat makanan tersebut tidak bersih lagi. Hal ini bisa meningkatkan peluang kamu terinfeksi bakteri penyebab penyakit tipes.

Artikel lainnya: Musim Hujan Jangan Makan Es, Mitos atau Fakta?

7. Gunakan Pakaian Hangat

Cara terbaik menjaga kesehatan saat musim hujan selanjutnya adalah menggunakan pakaian hangat. Musim hujan membuat badan mudah kedinginan, apalagi saat kehujanan di jalan.

Pastikan untuk menggunakan jaket, sweater, baju lengan panjang, dan celana panjang untuk mencegah tubuh jadi menggigil karena kedinginan.

8. Konsumsi Suplemen Tambahan

Konsumsi Suplemen Tambahan

Ketika tubuh kurang fit di musim hujan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen tambahan. Ini bertujuan agar kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi sehingga bisa sistem imun dapat bekerja optimal. 

Jika perlu, Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen saat musim hujan. Terutama jika Kamu punya masalah kesehatan tertentu.

9. Dapatkan Vaksinasi

Musim hujan identik dengan flu (influenza). Saat ini, sudah tersedia vaksin fluyang bisa dilakukan setiap tahun agar terhindar dari penyakit flu dan mengurangi tingkat keparahan penyakit. 

Oleh karena itu, tips menjaga kesehatan tubuh di musim hujan yang perlu kamu penuhi adalah mendapatkan vaksinasi. Tidak hanya orang dewasa, bayi usia 6 bulan sudah bisa mendapatkan vaksin influenza. 

Dosis yang diberikan pada anak usia dibawah 9 tahun sebanyak 2 kali dengan jarak pemberian 1 bulan. Setelah itu vaksinasi dilanjutkan satu tahun sekali, sebab virus Influenza sendiri berpotensi untuk bermutasi. Sementara pada orang dewasa, dosis dapat diberikan 1 dosis setiap tahunnya.

Jangan khawatir, vaksin influenza bisa kamu dapatkan dengan mudah dari Kalventis. Kamu bisa mengikuti Layanan Vaksin Influenza lewat aplikasi KlikDokter.

10. Kelola Stres dengan Baik

Pekerjaan bisa terganggu atau terhambat saat musim hujan datang. Hal ini tentu saja membuat stres muncul. Ketika stres tubuh mengeluarkan hormon kortisol dan beredar di dalam aliran darah, sehingga daya tahan tubuh dapat menurun dan rentan terhadap penyakit.

Stres bisa kamu kelola lewat meditasi, latihan pernapasan, melakukan hobi, bahkan konsultasi ke psikolog jika dirasa stres tidak bisa ditangani sendiri.

Artikel lainnya: Musim Hujan Hampir Tiba, Waspada Penyakit-Penyakit Ini

Semoga kamu bisa melewati musim hujan dengan lebih santai, tanpa harus diganggu oleh kuman penyakit dan banjir. Lakukan beberapa tips menjaga kesehatan saat musim hujan di atas agar terhindar dari infeksi.

Akan tetapi, jika sudah telanjur sakit, percayalah bahwa teh atau sup hangat tak pernah gagal untuk meneduhkan hati. Jangan lupa untuk download aplikasi KlikDokter untuk bantu #JagaSehatmu dan keluarga di rumah!

Musim HujanPenyakitBanjir

Konsultasi Dokter Terkait