Sukses

Siapkan 8 Hal Ini Sebelum Liburan ke Derawan

Ingin liburan ke Derawan atau daerah pantai lainnya? Cek kelengkapan perbekalan liburan Anda ke pantai di musim hujan seperti sekarang.

Klikdokter.com, Jakarta Derawan memang menawan hati. Keindahan pantai-pantai di Indonesia, termasuk Derawan, memang sulit untuk diabaikan. Anda masih ragu untuk liburan ke sana karena sekarang masih sering turun hujan?

Percaya atau tidak, bepergian selama musim hujan sebenarnya cukup menguntungkan. Sebab hotel dan penerbangan menjadi lebih murah, termasuk ke tujuan wisata pantai seperti Derawan. Meski demikian, sebaiknya Anda mempersiapkan liburan sematang mungkin agar lebih menyenangkan.

Liburan di musim hujan tentu saja membutuhkan perbekalan yang tak biasa. Ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan, seperti beberapa hal di bawah ini:

1.    Dry bag dan kantong plastik

Wadah kedap air atau lebih dikenal dengan nama dry bag ini berfungsi untuk menyimpan barang yang tak boleh bersentuhan dengan air –seperti kamera, ponsel, dompet, atau baju kering. Dengan dry bag maka Anda tak perlu khawatir barang akan basah saat terkena air.

Selain itu, Anda juga memerlukan kantong plastik untuk menyimpan pakaian basah setelah bermain di pantai. Kantong plastik juga bisa digunakan untuk membungkus pakaian agar tidak basah saat terkena hujan.

2.    Pelindung matahari

Meski sedang musim hujan, pantai tetap akan menyuguhkan sinar matahari yang terik walau tak sehari penuh. Sengatan matahari yang terik dapat mengakibatkan kulit terbakar. Bila kulit mengelupas, maka akan terjadi iritasi.

Oleskan sunblock minimal dengan SPF 30 agar kulit terlindungi. Untuk perlindungan ekstra, jangan lupa untuk membawa topi, kacamata hitam, dan pakaian lengan panjang untuk berkeliling pantai saat terik.

3.    Makanan sehat dan air mineral yang cukup

Beberapa penginapan dan pantai di Indonesia letaknya terkadang jauh dari pusat perbelanjaan atau mini market. Jadi, persiapkan bekal makanan sehat, seperti buah dan sayur, untuk dimasak agar kondisi tubuh tetap prima meski di musim hujan.

Pantai yang panas juga membuat Anda mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya. Hati-hati, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. Konsumsilah banyak air mineral dengan menyediakan stok air mineral beberapa botol agar terhindar dari badan lemas dan dehidrasi.

4.    Krim anti-nyamuk dan cairan anti-bakteri

Musim hujan menciptakan genangan air dan memungkinkan nyamuk berkembang biak, terutama di daerah tropis seperti Indonesia. Bawalah semprotan anti-nyamuk untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk yang dapat mengganggu liburan Anda selama di Derawan.

Jangan lupakan untuk membawa serta cairan anti-bakteri agar Anda terlindungi dari kuman selama berlibur. Dengan berjaga-jaga, Anda dapat mengurangi risiko terkena diare atau penyakit pencernaan lainnya.

5.    Jas hujan

Pilih jas hujan dengan bahan tipis yang dapat dilipat, namun cukup tebal. Sehingga ketika hujan turun saat berkeliling pantai, Anda tak harus berteduh lama menunggu hujan reda untuk kembali ke penginapan atau sekadar mencari warung kopi.

6.    Pakaian dengan bahan dry-fit

Bepergian di daerah tropis yang lembap selama musim hujan membutuhkan pakaian yang kering, namun terasa sejuk saat dikenakan. Jadi, pilihlah pakaian dengan bahan dry-fit atau berbahan campuran polyester yang dapat kering lebih cepat.

Selain itu, pakaian dengan bahan-bahan tersebut juga tergolong lebih ringan, sehingga tas Anda pun tidak akan terasa berat. Sebisa mungkin hindari membawa pakaian berbahan denim dan katun yang menyerap kelembapan dan terasa dingin saat digunakan.

7.    Alas kaki anti-slip

Karena bepergian di musim hujan, maka alas kaki yang paling aman untuk dikenakan adalah yang memiliki alas bergerigi, misalnya sandal gunung atau sepatu kets. Pilihlah alas kaki yang tahan air dan dapat melewati jalan basah tanpa terlalu banyak kerusakan. Tinggalkan sepatu modis Anda di rumah.

8.    Catatan kontak darurat

Carilah kontak darurat untuk rumah sakit atau pos polisi terdekat dan simpan di dalam ponsel Anda. Hal ini untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba Anda mengalami musibah seperti terkena sengatan ikan pari atau tindak kriminal lainnya.

Dengan membawa beberapa hal di atas, maka liburan Anda ke Derawan di musim hujan kali ini akan terasa lebih nyaman. Seminggu sebelum berangkat, usahakan berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi imbang agar saat berlibur Anda terbebas dari badan lemas. Selamat bersenang-senang di pantai!

(RH)

2 Komentar