Sukses

Liburan di Musim Hujan, Sebaiknya ke Mana?

Musim hujan masih berlangsung. Agar dapat tetap mengisi kebersamaan dengan keluarga tercinta, berikut beberapa pilihan tempat liburan yang aman Anda kunjungi.

Klikdokter.com, Jakarta Rutinitas mengajak anak jalan–jalan di akhir pekan memang menjadi salah satu pilihan untuk mendekatkan orang tua dan anak. Selain menambah keakraban antar anggota keluarga, liburan bersama dapat membantu perkembangan otak dan konsentrasi anak.

Perkembangan fisik dan mental anak juga dirangsang ketika anak bersentuhan langsung dengan objek atau lingkungan yang ada di area liburan. Tapi bagaimana bila musim hujan datang, haruskah melewatkan liburan?

Anda tak harus melupakan ide liburan meski sedang hujan. Tapi Anda bisa lebih selektif dalam menentukan destinasi liburan.

Di musim hujan yang tidak menentu ini, sebaiknya lewatkan ide liburan di daerah gunung dan perbukitan, untuk menghindari dari ancaman tanah longsor yang membahayakan anggota keluarga. Anda bisa melirik destinasi lain yang tak kalah menarik.

Pilihan tempat lainnya yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga dan aman saat musim hujan adalah sebagai berikut:

Museum

Wisata museum tak akan membuat Anda pusing karena kunjungan ke tempat ini saat hujan pun tetap dapat dilakukan. Museum merupakan salah satu wisata edukasi yang dapat menambah wawasan anak dengan melihat berbagai objek dan informasi tentang berbagai sejarah yang tentunya dikemas secara menarik.

Hal ini tentu akan membuat anak tertarik, senang, dan tidak merasa seperti belajar di dalam kelas menggunakan buku. Referensi museum yang dapat Anda kunjungi adalah:

  • Taman Mini Indonesia Indah. Di sini anak dapat belajar ilmu sains, ilmu biologi, ilmu sosial dan budaya.
  • Museum Wayang. Di tempat ini Anda dapat mengenalkan wayang kepada anak dan sejarahnya. Selain itu Anda dapat memperkenalkan tokoh wayang yang memiliki sifat baik untuk menjadi teladan bagi anak.
  • Museum Layang–layang. Di museum ini anak dapat mengenal berbagai bentuk layang–layang dan sekaligus belajar membuat layangan dengan kreativitasnya sendiri.
  • Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN). Di dalam museum ini Anda dan anak dapat mengenal berbagai jenis seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer di seluruh dunia.  

Planetarium

Planetarium juga dapat dijadikan salah satu pilihan yang bisa Anda kunjungi bersama seluruh keluarga. Di dalamnya anak dapat bermain sekaligus belajar mengenai tata surya dan seluruh benda yang ada di langit, seperti bintang, bulan, matahari, asteroid dan planet melalui tampilan film di layar atraktif.

Perpustakaan

Perpustakaan merupakan gudang dari ilmu pengetahuan yang di dalamnya terdapat berbagai informasi dari buku–buku yang ditampilkan di sana. Kegiatan membaca dapat merangsang otak anak untuk bekerja secara aktif karena kegiatan ini membantu otak untuk menghubungkan antara satu sel otak dengan sel otak lainnya. 

Seaworld

Lokasi wisata ini letaknya di Ancol dan merupakan wisata edukasi laut yang sangat baik untuk diperkenalkan kepada anak–anak. Saat memasuki ruangan pertama kali Anda akan disambut dengan cerita mengenai sejarah nenek moyang bangsa Indonesia, terutama kehebatannya menjadi seorang pelaut.

Memasuki area dalam Anda dan keluarga dapat melihat berbagai macam biota laut dari ikan air tawar maupun ikan laut yang berwarna-warni. Hal ini tentu akan membuat anak–anak menjadi tertarik dan senang bermain di sana.

Berbagai pilihan wisata di atas dapat menjadi pilihan Anda dan keluarga untuk berlibur di akhir pekan ini. Namun perlu diperhatikan juga, meskipun wisata ini letaknya di dalam ruangan, pastikan kesehatan anggota keluarga terjaga dengan baik.

Di malam hari sebelum liburan, pastikan Anda dan seluruh anggota keluarga sudah tidur cukup waktu. Sebelum berangkat ke tempat wisata, jangan lupa sarapan agar badan tidak lemas hingga bisa mengganggu suasana wisata. Selamat berlibur!

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar