Sukses

Resep Ampuh Cegah Keriput di Wajah

Lindungi wajah dari ancaman keriput halus dengan langkah yang tepat.

Klikdokter.com, Jakarta Keriput di wajah memang lumrah terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Walau normal, hadirnya kerutan ini tentu dapat mengganggu penampilan dan kecantikan. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu kiat untuk cegah keriput di wajah.

Saat berkeriput, wajah jadi terlihat lebih kusam, bahkan tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Ngeri? Wajar. Pasrah? Jangan dulu. Kenyataannya, munculnya kerutan di wajah dapat dicegah dengan langkah- langkah yang tepat.

  • Hindari paparan terik matahari 

Lokasi Indonesia yang berada di garis khatulistiwa menjadikannya bergelimang sinar matahari hampir sepanjang tahun. Kondisi ini baik untuk kesehatan dan lingkungan, namun tidak sepenuhnya baik untuk kulit.

Faktanya, sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari adalah salah satu faktor risiko munculnya kerutan lebih dini. Sinar ini dapat merusak struktur kolagen dan menurunkan kekenyalan kulit.

Sebisa mungkin hindari beraktivitas di luar ruangan ketika sinar matahari sudah sangat terik. Selain itu, jangan lupa selalu oleskan krim tabir surya sebelum Anda mulai berkegiatan, baik di luar ruangan maupun kegiatan dalam ruangan yang banyak mendapatkan cahaya matahari.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

  • Pakai kacamata hitam ketika harus keluar ruangan

Tanpa Anda sadari, refleks mengernyitkan dahi ketika terpapar silaunya matahari dapat menjadi biang kerok munculnya kerutan di wajah. Faktanya, gerakan wajah apapun, mengernyitkan dahi, tersenyum atau tertawa yang dilakukan berulang-ulang dapat menyebabkan terbentuknya garis halus yang sulit dihilangkan. Untuk menghindarinya, kacamata hitam bisa jadi solusi jitu untuk mencegah silau, dan Anda tidak lagi mengernyitkan dahi.

  • Banyak makan sayur dan buah

Setiap hari, lapisan kulit beregenerasi menggantikan sel-sel yang sudah mati. Berbagai faktor diperlukan untuk menjaga optimalnya proses regenerasi ini. Salah satu yang utama adalah nutrisi, termasuk vitamin A, C dan E. Tiga jenis vitamin ini memegang kunci penting dalam menjaga cerah, lembap dan kenyalnya kulit serta menangkal dari kerusakan dan proses penuaan.

Pastikan Anda mendapat vitamin yang cukup dari sayur dan buah- buahan.

Sayuran hijau dan buah yang berwarna jingga-merah seperti jeruk dan pepaya adalah contoh yang kaya akan vitamin tersebut.

  • Cukupi minum air putih

Bukan rahasia lagi, air putih adalah jurus jitu untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Sebab kulit yang lembap dan bebas kerutan tentu butuh air dalam jumlah yang cukup.

Tahukah Anda, 60% tubuh kita terdiri atas air? Bila asupan air tidak mencukupi, tubuh akan mengambil cadangan air di jaringan, termasuk di kulit. Akibatnya, kulit akan menjadi kusam dan keriput.

Tidak mau hal ini terjadi pada Anda? Bawa sebotol air putih ke mana pun Anda pergi. Pastikan pula Anda minum setidaknya 2L air setiap harinya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

  • Tidur cukup

Tubuh kita banyak melakukan regenerasi saat tertidur lelap, termasuk juga kulit. Jangan harap memiliki kulit cerah dan bebas keriput di wajah kalau tidur malam tidak terjaga optimal. Pastikan tidur malam cukup yaitu 8-9 jam sehari, lelap, dan  bebas gangguan.

  • Tidur dengan posisi terlentang

Anda sering tidur tengkurap? Hati- hati, posisi tidur ini ternyata dapat berkontribusi pada timbulnya kerutan-kerutan halus di wajah.

Garis yang terbentuk akibat lipatan kulit saat tidur tengkurap dapat membekas dan lama kelamaan sulit hilang. Untuk menghindari ancaman yang satu ini, biasakan posisi tidur terlentang sepanjang malam.

  • Hindari mandi air hangat

Mandi air hangat memang dapat menawar rasa letih dan lemas setelah seharian beraktivitas. Namun ternyata, kebiasaan ini menyimpan ancaman yang berbahaya bagi kesehatan kulit Anda. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penguapan air di kulit terjadi secara berlebihan.

Akibatnya kulit menjadi berkurang kelembapannya dan lambat laun dapat muncul kerutan. Untuk itu, biasakan mandi dengan air bersuhu netral. Jika memang lingkungan Anda terlalu dingin dan Anda butuh mandi dengan air hangat, pastikan suhu air tidak terlalu tinggi dan segera oleskan pelembap setelah selesai mandi.

Berbagai jurus ampuh untuk cegah keriput di wajah tersebut mudah dilakukan, murah dan terbukti jitu dalam melawan proses munculnya kerutan di kulit. Pastikan melakukannya dengan konsisten dan buktikan sendiri manfaatnya. Selamat mencoba!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar