Reproduksi

Amankah Resep Rumahan untuk Atasi Keputihan?

dr. Ellen Theodora, 09 Feb 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak sedikit wanita yang menggunakan resep rumahan untuk mengobati keputihan. Apakah ini aman?

Amankah Resep Rumahan untuk Atasi Keputihan?

Keputihan merupakan hal yang sangat umum dialami oleh wanita. Namun pada kenyataannya, masih banyak wanita yang tak tahu apa itu keputihan, bagaimana membedakan keputihan yang normal dan tidak normal, atau takut ke dokter jika memang terjadi keputihan yang tidak normal.

Akibatnya, banyak dari mereka yang lebih memilih untuk mengobatinya sendiri. Bahkan mencoba-coba resep rumahan yang belum dapat dibuktikan kebenarannya secara medis, dan bisa saja malah mengakibatkan iritasi pada vagina.

Supaya Anda tak membuat keputusan yang salah, mengetahui jenis keputihan normal dan abnormal.

Keputihan normal biasanya berwarna bening hingga putih keruh dan/atau kekuningan, tidak berbau, dan tidak menimbulkan keluhan seperti gatal atau rasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa muncul saat menjelang haid, stres, hamil, dan menggunakan alat kontrasepsi.

Sementara itu, penyakit keputihan yang tidak normal biasanya dipicu oleh infeksi bakteri atau jamur. Anda dapat mengenalinya dari segi warna, bau, tekstur, dan keluhan lainnya. Misalnya, jika terdapat perubahan warna pada keputihan (seperti kehijauan), muncul aroma tak sedap (berbau amis atau busuk), dan bergumpal-gumpal.

Kiat Mencegah Keputihan Tidak Normal

 Keputihan yang tidak normal memang bisa mengganggu. Untuk mencegahnya, jagalah kebersihan vagina dengan cara berikut:

  • Segera ganti celana dalam apabila berkeringat atau lembap.
  • Jangan memakai celana yang terlalu ketat.
  • Pilih celana dalam berbahan katun yang lembut.
  • Hindari pembalut atau pantyliner yang berpengharum.
  • Hindari produk pembersih kewanitaan, apalagi yang tidak sesuai pH vagina (pH vagina normal berkisar 3,8–4,5).
  • Ganti pembalut secara teratur saat datang bulan.
  • Setelah buang air kecil, cuci vagina dari arah depan ke belakang agar kuman dari anus tidak terbawa ke vagina.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

 

Resep Rumahan Sebagai Obat Keputihan Tidak Aman

Saat mengalami keputihan yang tidak normal, tak sedikit wanita yang lebih memilih untuk mengobatinya sendiri ketimbang ke dokter. Alasannya lebih praktis, nyaman, dan murah.

Beberapa wanita juga lebih percaya dengan resep-resep rumahan yang beredar di internet. Contohnya, ada yang mengatakan bahwa keputihan dapat diatasi dengan mengoleskan ampas mangga matang ke area luar dan dalam vagina. Ada juga yang menyebutkan khasiat perasan jeruk lemon dan air untuk keputihan.

Apakah benar ampuh? Sebenarnya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efek resep rumahan untuk keputihan. Hasil yang dicapai dengan memakai resep rumahan belum diketahui apakah memang mujarab atau aman.

Jika Anda melakukannya tanpa rekomendasi dokter, dikhawatirkan dapat berdampak pada terjadinya infeksi. Apalagi jika tidak dibersihkan dengan benar. Selain itu, penyebab keputihan yang tidak normal berbeda-beda pada setiap wanita, sehingga penanganannya tidak bisa disamaratakan.

Karena itu, jika kamu merasa mengalami keputihan yang tidak normal, jangan ragu untuk segera menemui dokter. Nantinya dokter dapat memberikan pengobatan yang lebih sesuai dengan kondisi Anda. Ingatlah bahwa resep rumahan tersebut belum dapat dibuktikan secara medis, sehingga langkah terbaik tetaplah dengan berkonsultasi kepada ahli medis.

[RS/ RVS]

VaginaResep rumahanKeputihan

Konsultasi Dokter Terkait