HomeInfo SehatJantungCara untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat
Jantung

Cara untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

dr. Theresia Rina Yunita, 09 Feb 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Hidup lebih sehat, termasuk untuk jantung sehat tentu impian semua orang. Bagaimana cara untuk mendapatkannya?

Cara untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

Setiap orang pasti memiliki resolusi untuk hidup lebih baik setiap pergantian tahun baru. Selain karier yang lebih cemerlang, banyak juga yang memiliki resolusi tahun baru untuk hidup lebih sehat. Salah satunya adalah usaha untuk mendapatkan jantung sehat.

Lalu, untuk mendapatkan kesehatan jantung yang lebih baik, apa saja resolusi tahun baru yang harus Anda lakukan? Simak caranya di bawah ini:

  • Berhenti merokok dan hindari asap rokok

Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif pun memiliki risiko terkena penyakit jantung. Mulailah berhenti merokok secara perlahan. Mungkin sulit, tapi bukan berarti tak bisa dilakukan.

Anda dapat mengurangi secara perlahan, hingga akhirnya berhenti total. Alihkan keinginan merokok dengan konsumsi permen rendah gula. Berteman dengan mereka yang tidak merokok juga akan membantu Anda berhenti total.

Jika Anda sering berada di lingkungan perokok, cobalah untuk menghindari tempat yang penuh asap rokok.

  • Menurunkan berat badan

Orang yang obesitas memiliki risiko lebih tinggi pada serangan jantung. Hal ini disebabkan tumpukan lemak di pembuluh darah yang berkaitan dengan penyakit jantung koroner.

Cobalah untuk menurunkan berat badan ke angka yang ideal. Selain baik untuk penampilan di tahun baru, berat badan yang ideal akan menjaga tubuh Anda  terhindar dari berbagai penyakit.

  • Rajin olahraga

Kesibukan membuat Anda sering kali mengabaikan olahraga. Padahal, olahraga sangat penting bagi kesehatan, termasuk untuk kesehatan jantung.

Berolahragalah secara rutin. Lakukan paling sedikit 2 kali seminggu, dengan durasi minimal 30 menit.

Jika Anda sudah memiliki penyakit jantung, pilihlah jenis olahraga yang ringan seperti jogging. Sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter jantung Anda terlebih dahulu.

  • Makan lebih sehat

Anda mungkin termasuk penggemar gorengan serta makanan berlemak dan bersantan. Atau Anda lebih menyukai camilan tidak sehat lainnya dan minuman manis?

Cobalah mengurangi makanan dan minuman yang kurang sehat. Mulai sekarang, ganti pilihan menu makanan Anda dengan sayur dan buah yang lebih sehat.

Gunakan olive oil saat memasak. Selain itu, Anda juga bisa mulai mengolah makanan dengan cara merebus atau memanggang serta menghindari daging berlemak dan mengurangi penggunaan gula.

Selain itu Anda juga dapat mengonsumsi minyak ikan yang kaya akan omega-3 sebagai suplemen tambahan setiap harinya. Kandungan omega-3 diketahui sangat baik bagi kesehatan jantung dan menurunkan lemak jahat dalam  darah.

Setelah menetapkan jantung sehat sebagai salah satu keinginan Anda, mulailah berkomitmen penuh dalam menjalani cara-cara di atas. Mintalah dukungan dari keluarga dan teman terdekat untuk membantu Anda terlepas dari gaya hidup yang kurang sehat. Semoga berhasil!

[NP/ RH]

JantungResolusi Tahun BaruJantung sehat

Konsultasi Dokter Terkait