Kulit

Jerawat Bisa Picu Depresi, Ini Faktanya

dr. Theresia Rina Yunita, 21 Jul 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jerawat yang membandel di wajah tak jarang membuat seseorang merasa terganggu. Hal ini bahkan menjadi salah satu penyebab depresi. Ini alasannya.

Jerawat Bisa Picu Depresi, Ini Faktanya

Munculnya jerawat sering kali membuat orang tidak percaya diri. Selain merasa terganggu dalam hal penampilan, ternyata orang juga bisa mengalami depresi karena jerawat, lho. Ini alasannya! 

Awas Kena Depresi Karena Jerawat

Penelitian terkait depresi karena jerawat telah dipublikasikan di British Journal of Dermatology. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 134.427 pria dan wanita berjerawat, serta 1.731.608 orang tanpa jerawat selama 15 tahun.

Usia peserta yang diteliti berkisar antara 7-50 tahun dan sebagian besar peserta berusia di bawah 19 tahun.

Selama periode itu, kemungkinan peserta yang mengalami depresi berat adalah 18,5 persen untuk mereka yang berjerawat dan sebesar 12 persen untuk mereka yang tidak berjerawat.

Penelitian tersebut menemukan bahwa peningkatan risiko depresi hanya bertahan selama lima tahun pertama setelah seseorang didiagnosis jerawat. Risiko tertinggi terjadi di tahun pertama dengan peningkatan depresi sebesar 63 persen.

Melihat fakta tersebut, jerawat sebenarnya tidak hanya terkait dengan kondisi fisik seperti kulit saja, tetapi juga menyangkut kondisi psikis seperti kesehatan mental seseorang.

Seperti Siklus, Depresi Juga Bisa Picu Jerawat

Salah satu penyebab jerawat adalah stres. Kondisi stres ini bisa membuat seseorang menjadi depresi. Saat seseorang mengalami depresi, biasanya gaya hidupnya juga terpengaruh termasuk dalam pola makan.

Stres atau depresi juga bisa memicu produksi minyak berlebih pada wajah, gangguan siklus hormonal, dan kebiasaan menjaga kebersihan. Kondisi tersebut yang akhirnya memicu timbulnya jerawat akibat depresi.

Selain depresi, munculnya jerawat bisa terjadi akibat berbagai faktor, di antaranya:

  • Produksi minyak berlebih
  • Siklus hormonal
  • Genetik
  • Adanya infeksi bakteri
  • Penggunaan kosmetik atau skin care

Artikel Lainnya: Cek di Sini Kondisi Jerawat yang Perlu Penanganan Dokter

Hindari Depresi, Cegah Jerawat dengan Cara Ini

Agar kondisi mental Anda tidak terpengaruh akibat jerawat, sebaiknya ikuti beberapa kiat berikut guna membantu mencegah jerawat atau memburuknya jerawat:

1. Gunakan Riasan Seperlunya

Saat Anda sedang berjerawat, hindari menggunakan make-up berlebih. Penggunaan foundation, bedak, atau blush on sebaiknya Anda hindari. Namun, bila harus memakai kosmetik, jangan lupa untuk membersihkan wajah setelahnya. Selain itu, pilihlah make-up yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Bersihkan Wajah dengan Benar

Pastikan Anda membersihkan wajah dua kali dalam sehari. Tujuannya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang berlebihan di permukaan kulit. Ingatlah untuk selalu membersihkan wajah setiap hari, terlebih ketika usai mengenakan kosmetik.

Artikel Lainnya: Atasi Jerawat dengan Tomat, Efektifkah?

3. Rutin Olahraga

Depresi karena jerawat dapat diatasi dengan berolahraga rutin. Olahraga secara teratur sangat baik untuk tubuh, termasuk untuk kulit. Hindari penggunaan baju atau alat olahraga yang dapat mengiritasi kulit. Segeralah mandi setelah keringat kering usai berolahraga.  

4. Pakai Pelembap

Beberapa produk penghilang jerawat mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kulit kering. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap agar terhindar dari kulit kering dan pengelupasan kulit. Pilihlah pelembap yang khusus untuk kulit berjerawat atau non-comedogenic.

5. Hindari Stres

Depresi karena jerawat dapat Anda atasi dengan menghindari hal-hal yang dapat membuat Anda stres. Seperti yang telah dijelaskan di atas, terdapat kaitan antara depresi dan jerawat. Jika ingin kulit wajah bebas jerawat, Anda harus tahu bagaimana caranya menaklukkan stres.

Setelah mengetahui fakta di atas, kini Anda menyadari bahwa salah satu penyebab munculnya jerawat di kulit wajah adalah akibat depresi. Oleh karena itu, sebisa mungkin kelola stres Anda dengan melakukan berbagai aktivitas yang positif.

Cara mengatasi depresi akibat jerawat yang bisa dilakukan, misalnya dengan melakukan hobi, mendengarkan musik, meditasi, curhat dengan teman atau keluarga, berlibur, dan sebagainya.

Jerawat memang salah satu masalah kulit yang paling sering terjadi dan terkadang sulit untuk dihindari. Salah satu jenis jerawat yang paling menjengkelkan adalah jerawat yang singgah di area wajah. Untuk itu, segera atasi jerawat Anda agar tidak terkena depresi karena jerawat.  

[WA/ RS]

Jerawat

Konsultasi Dokter Terkait