HomeIbu Dan anakKehamilan7 Pilihan Buah yang Baik Dikonsumsi saat Hamil
Kehamilan

7 Pilihan Buah yang Baik Dikonsumsi saat Hamil

Gerardus Septian Kalis, 01 Feb 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Buah tertentu sangat baik untuk dikonsumsi saat hamil. Buah apa saja yang dimaksud?

7 Pilihan Buah yang Baik Dikonsumsi saat Hamil

Selalu mengonsumsi makanan sehat selama hamil merupakan tindakan yang sangat penting. Nah, salah satu makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil adalah buah.

Buah terbukti dapat membantu ibu hamil mendapatkan gizi tambahan untuk menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan. Beberapa buah yang dapat Anda jadikan pilihan, di antaranya:

1. Pisang

Pisang adalah buah yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin selama hamil. Ini karena pisang mengandung kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh. Tak hanya itu, si kuning ini juga efektif untuk menghilangkan kram dan kelelahan, lho.

2. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C, folat, dan serat, yang semuanya baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak air untuk membantu tubuh tetap terhidrasi.

3. Alpukat

Kandungan folat pada alpukat dipercaya dapat menunjang perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin, sehingga mencegah cacat bawaan lahir.

4. Ceri

Selain mengandung banyak vitamin C, ceri juga menjadi buah yang bagus untuk membantu meningkatkan suplai darah ke plasenta dan bayi. Di samping itu, buah ini juga mengandung melatonin, hormon yang merangsang pertumbuhan sel, dan membantu untuk tidur.

Pada beberapa kasus, ibu hamil mengalami masalah dengan kegelisahan dan tidak bisa tidur nyenyak. Namun, dengan memakan buah ceri, kegelisahan dan gangguan tidur tersebut bisa teratasi.

5. Apel

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel selama hamil dapat mengurangi risiko alergi pada bayi ketika dilahirkan nanti. Selain itu, buah ini juga dikenal baik untuk sistem kekebalan tubuh, serta kaya akan vitamin C, A, E, D, dan seng.

6. Semangka

Kebutuhan tubuh terhadap air akan meningkat saat Anda memasuki masa kehamilan. Maka dari itu, mengonsumsi semangka adalah cara yang baik agar tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, semangka juga dipercaya dapat mengurangi kram otot saat Anda memasuki trimester akhir kehamilan. 

7. Mangga

Semua nutrisi penting untuk wanita hamil dapat diperoleh dari mangga. Buah ini kaya akan zat besi, vitamin C, A, B6, potasium, dan folat.

Melihat manfaatnya, Anda dianjurkan untuk memasukkan buah ke dalam asupan sehari-hari selama hamil. Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

[NB/ RVS]

Kehamilanbuah

Konsultasi Dokter Terkait