HomeInfo SehatPernapasan6 Pekerjaan Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Paru-Paru Anda
Pernapasan

6 Pekerjaan Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Paru-Paru Anda

Gerardus Septian Kalis, 30 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang dapat memengaruhi kesehatan paru-paru Anda.

6 Pekerjaan Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Paru-Paru Anda

Pernapasan merupakan proses vital dalam tubuh manusia. Organ yang berperan penting dalam sistem pernapasan manusia adalah paru-paru. Jika organ ini tidak berfungsi dengan baik, proses pernapasan akan terganggu dan dapat meningkatkan risiko terserang penyakit.

Salah satu aktivitas yang dapat mengganggu kesehatan paru-paru adalah merokok. Namun tidak banyak yang tahu bahwa beberapa bidang pekerjaan tertentu juga dapat memengaruhi kesehatan paru-paru Anda. Apa saja bidang pekerjaan tersebut?

  1. Konstruksi

Anda berisiko tinggi menghirup debu lewat pekerjaan di bidang ini. Pada akhirnya, hal ini dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit seperti kanker paru-paru, mesothelioma, atau asbestosis.

Mesothelioma adalah kanker yang terbentuk pada selaput pembungkus beberapa organ tubuh. Umumnya ditemukan pada pleura (paru-paru), peritoneum (perut), dan jantung. Sedangkan asbestosis adalah penyakit paru-paru kronis karena paparan asbes atau serat asbes dalam waktu lama.

  1. Manufaktur

Seperti pekerja konstruksi, orang-orang yang bekerja di manufaktur juga rawan terpapar debu, bahan kimia, dan gas. Pekerjaan ini menyebabkan risiko asma dan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD), sekumpulan penyakit paru-paru yang menghambat aliran udara ketika menarik napas dan menimbulkan kesulitan bernapas.

  1. Pertanian

Anda yang bekerja di sektor pertanian ternyata juga memiliki risiko yang sama. Anda mungkin saja terpapar bahan beracun tingkat tinggi dari amonia atau hidrogen sulfida yang berasal dari pupuk kandang. Terpapar bahan tersebut dalam waktu lama meningkatkan risiko kematian.

  1. Tekstil

Byssinosis adalah sebuah penyakit paru-paru yang jarang terjadi. Penyakit ini juga biasa disebut penyakit paru-paru cokelat. Penyakit ini sering terjadi pada pekerja tekstil. Para pekerja biasanya menghirup partikel yang dilepaskan dari bahan katun atau bahan lainnya. Debu dalam jumlah besar dapat menyebabkan penyumbatan aliran udara yang signifikan.

  1. Otomotif

Asma adalah salah satu penyakit yang rentan terjadi pada Anda yang bekerja di bidang otomotif. Terutama, bagi Anda dengan pekerjaan terkait perbaikan bodi kendaraan. Bahan-bahan yang terkandung di cat seperti isocyanate dan produk polyurethane, dapat mengiritasi kulit, menimbulkan alergi, dan menyebabkan masalah pernapasan yang parah.

  1. Pertambangan

Pneumokoniosis merupakan kelompok penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh debu di daerah tambang. Berdasarkan penyebabnya, pneumokoniosis dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu yang disebabkan oleh debu organik (bisinosis), anorganik (silika, asbes, dan timah), dan pneumokoniosis penambang batubara (Coal Worker’s Pneumoconiosis) atau yang lebih dikenal dengan paru-paru hitam.

Demikian tadi penjelasan tentang beberapa bidang pekerjaan yang berisiko memengaruhi kesehatan paru-paru Anda. Gunakanlah selalu alat pelindung seperti masker atau respirator untuk meminimalisasi dampak yang ditimbulkan.

Agar kesehatan paru-paru tetap terjaga, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga secara rutin dan minum air dengan cukup. Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan, terutama yang tinggi vitamin C, yang dapat melindungi paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidan.

Memastikan udara yang masuk ke dalam rumah secara cukup juga dapat menjaga kesehatan paru-paru Anda. Bukalah jendela saat membersihkan rumah atau melakukan kegiatan pembersihan lainnya.

Jika khawatir atau butuh bantuan lebih lanjut terkait kesehatan paru-paru Anda, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

[BA/ RVS]

Kesehatan paru-paruPekerjaanParu-paru

Konsultasi Dokter Terkait