Pernapasan

Jangan Minum Kencing Unta Jika Tak Ingin Kena Flu Unta

Gerardus Septian Kalis, 25 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, seseorang dapat terkena flu unta akibat mengonsumsi kencing unta.

Jangan Minum Kencing Unta Jika Tak Ingin Kena Flu Unta

Air kencing unta menjadi pembicaraan belakangan ini karena sebuah video yang sempat viral. Dalam video tersebut, Bachtiar Nasir tampak sedang meminum air kencing unta, yang dianggap memiliki manfaat pengobatan.

Ramainya diskursus mengenai hal ini membuat Menteri Kesehatan Nina Moeloek perlu mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati. Pasalnya, air kencing unta diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena flu unta.

Flu jenis ini merupakan penyakit saluran pernapasan, yang disebabkan oleh infeksi virus Corona (MERS-CoV). Gejala dari flu unta hampir mirip dengan flu pada umumnya, yaitu batuk, sakit kepala, pegal-pegal, dan demam.

Hindari kontak dengan unta

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, seseorang dapat terkena flu unta bila dirinya berkontak dengan unta, termasuk terkena liur, mengonsumsi daging, susu, atau kencing unta. Oleh karenanya, badan dunia ini sampai menyerukan untuk menghindari kontak dengan unta, termasuk mengonsumsi daging unta mentah, minum susu unta, bahkan untuk tidak minum kencing unta, yang diyakini oleh sebagian orang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit.

Lebih jauh, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengatakan bahwa penderita diabetes, gagal ginjal, penyakit paru kronis, dan orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah, terutama yang tinggal di daerah endemis flu unta, sebaiknya benar-benar menghindari kontak dengan unta.

Memang, hingga kini flu unta belum masuk ke Indonesia. Namun tak ada salahnya jika Anda selalu waspada akan penyakit berbahaya ini.

Karena sampai saat ini, belum ada metode pengobatan khusus yang mampu mengatasi penyakit flu unta. Bahkan, Center for Disease Control and Prevention (CDC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyebutkan bahwa vaksin untuk mencegah penyakit ini masih belum tersedia.

Langkah pencegahan flu unta

Sekarang, yang bisa Anda lakukan adalah mencegah agar virus flu unta tidak menginfeksi diri, keluarga, dan orang-orang terdekat. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal itu adalah:

1. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

3. Perhatikan kebersihan seluruh anggota tubuh

4. Mengurangi atau menghindari kontak dengan hewan ternak, hewan peliharaan atau hewan liar.

5. Hindari berkontak dengan penderita MERS.

Selain yang sudah disebutkan di atas, Anda juga sebaiknya tidak ikut-ikutan minum kencing unta seperti video yang viral belakangan ini.

Pastikan pula Anda tidak segan untuk memeriksakan diri ke dokter, khususnya jika mengalami flu yang tak kunjung sembuh atau gejala-gejala lain yang merujuk pada penyakit berbahaya ini. Tetap waspada, tetap lindungi diri Anda dan keluarga dari penyakit flu unta!

[NB/ RVS]

 

MERS-CovFlu Untakencing unta

Konsultasi Dokter Terkait