Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatSarafMenulis dengan Tangan Bikin Otak Lebih Sehat
Saraf

Menulis dengan Tangan Bikin Otak Lebih Sehat

Gerardus Septian Kalis, 24 Jan 2018

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penelitian mengungkapkan, menulis dengan tangan mampu meningkatkan kinerja otak.

Menulis dengan Tangan Bikin Otak Lebih Sehat

Pesatnya perkembangan teknologi membuat kebiasaan menulis dengan tangan mulai ditinggalkan. Padahal, kebiasaan ini sangat bermanfaat untuk mendukung kinerja otak, lho!

Sebuah studi mengungkapkan, menulis dengan tangan mampu mendorong kreativitas dan membuat Anda lebih tenang. Berikut beberapa bukti yang mengatakan bahwa menulis dengan tangan baik untuk perkembangan otak Anda:

  • Menurut sebuah studi yang dilakukan di Indiana University, menulis dengan tangan dapat meningkatkan aktivitas saraf di otak – layaknya meditasi. Selain itu, kebiasaan menulis dengan tangan juga membuat seseorang lebih kreatif.
  • Menulis dengan tangan dapat mempertajam daya ingat dan membantu mencerna pelajaran dengan mudah. Bahkan, kebiasaan ini juga dipercaya dapat memengaruhi cara berpikir. Rupanya, gerakan tangan saat menulis itu dapat mengaktifkan area otak besar yang bertanggung jawab atas bahasa, memori, pemikiran dan penyembuhan.
  • Menulis dengan tangan bisa membuat Anda menikmati setiap momen dalam hidup. Karena aktivitas ini menuntut Anda untuk memperlambat setiap gerakan yang dilakukan tubuh. Tentu, hal ini dapat menjadi sebuah terobosan di zaman yang segalanya terasa begitu cepat.

Terbukti bahwa menulis dengan tangan adalah ‘alat’ yang ampuh untuk belajar, relaksasi, dan meningkatkan kreativitas otak. Menurut pemenang National Book Award, Robert Stone, pena dapat memaksa Anda untuk berpikir jernih. Pada akhirnya, hal ini akan membuat Anda terpicu untuk memiliki mimpi, cita-cita, dan tujuan yang lebih jelas.

Setelah mengetahui fakta ini, apakah Anda tertarik untuk kembali mencoba menulis dengan tangan? Segera cari pena dan kertas, untuk menuliskan apa pun yang terlintas di pikiran Anda. Selamat menulis!

[NB/ RVS]

menulisOtakmenulis dengan tangan

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter