HomeInfo SehatKesehatan UmumMinum Air Putih Setelah Bangun Tidur, Ini 5 Alasannya
Kesehatan Umum

Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur, Ini 5 Alasannya

dr. Andika Widyatama, 24 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Demi kesehatan yang lebih optimal, Anda harus minum air putih setelah bangun tidur.

Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur, Ini 5 Alasannya

Air putih tidak hanya baik diminum kala haus, atau seusai berolahraga. Anda juga disarankan untuk minum air putih setelah bangun tidur.

Perlu diketahui, sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari air. Hal ini menunjukkan bahwa air sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai fungsi organ di dalam tubuh. Sedangkan, ketika kebutuhan air tidak dicukupi, Anda berisiko tinggi terkena berbagai masalah kesehatan.

Terkait mengapa Anda harus minum air putih setelah bangun tidur, inilah lima alasan yang mendasarinya:

1. Sebagai upaya rehidrasi

Tubuh membutuhkan asupan saat bangun tidur di pagi hari, termasuk air putih. Hal ini dapat membantu mengembalikan segala fungsi organ yang sempat tersendat, akibat tubuh tidak kemasukan apa pun saat Anda tidur.

2. Membersihkan racun dari dalam tubuh

Ginjal memiliki fungsi mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Fungsi ini hanya dapat maksimal bila Anda mencukupi kebutuhan cairan, dengan minum air putih, khususnya setelah bangun tidur.

3. Meningkatkan kecepatan metabolisme

Minum air putih setelah bangun tidur atau ketika perut dalam keadaan kosong akan meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh sebanyak 24%. Metabolisme yang meningkat akan mengoptimalkan kecepatan kerja sistem pencernaan. Selain itu, air putih yang Anda minum di pagi hari juga akan membersihkan usus, dan memudahkan proses penyerapan nutrisi makanan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Minum air putih dalam keadaan perut kosong akan membantu kerja sistem limfatik, yang akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dengan ini, risiko Anda terserang penyakit infeksi menjadi semakin kecil.

5. Mencegah penyakit saluran kemih

Minum air putih sesaat setelah bangun tidur dapat mencegah Anda terkena penyakit batu ginjal. Ini karena dengan minum air putih saat lambung kosong, asam yang menjadi penyebab batu ginjal akan larut.

Di samping itu, minum air putih setelah bangun tidur juga dapat membantu kerja saluran kemih untuk mengeluarkan kuman penyebab infeksi saluran kemih.

Secara umum, pria dewasa membutuhkan setidaknya 2,5-2,6 liter atau 8 gelas air putih setiap hari. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan sedikitnya 2,3 liter atau 7 gelas air putih setiap harinya.

Nah, sekarang sudah tahu mengapa Anda perlu minum air putih setelah bangun tidur, bukan? Jangan sampai lupa melakukannya, agar sederet manfaat sehatnya bisa turut Anda rasakan.

[NB/ RVS]

Air Putihminumminum air putih setelah bangun tidur

Konsultasi Dokter Terkait