HomeInfo SehatKesehatan UmumIni Bedanya Akupunktur dan Akupresur
Kesehatan Umum

Ini Bedanya Akupunktur dan Akupresur

dr. Fiona Amelia MPH, 24 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Metode pengobatan alternatif akupunktur dan akupresur, serupa tapi tak sama. Kenali perbedaannya di bawah ini.

Ini Bedanya Akupunktur dan Akupresur

Metode pengobatan alternatif bermacam-macam jenisnya, dua diantaranya adalah akupunktur dan akupresur. Kedua metode pengobatan ini berakar dari ilmu kedokteran tradisional Tiongkok yang lebih dikenal sebagai TCM (Traditional Chinese Medicine). Meski prinsip pengobatannya mirip, ada perbedaan yang mendasar dari kedua metode tersebut.

Praktik TCM memandang tubuh sebagai satu kesatuan energi (qi), yang dibentuk dari dua kekuatan yang saling melengkapi, yakni Yin dan Yang. Energi qi ini mengalir melalui sistem meridian yang menghubungkan berbagai organ tubuh. Apabila aliran energi pada titik-titik meridian berkurang atau terhambat, maka timbullah keluhan nyeri dan penyakit.

Baik akupunktur dan akupresur, keduanya merupakan metode pengobatan yang menstimulasi titik-titik meridian atau acupoint. Stimulasi pada titik-titik ini dianggap dapat melancarkan kembali aliran energi qi sehingga tubuh dimampukan untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Secara fisiologis, stimulasi acupoint akan memicu pengeluaran hormon endorfin, yang dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen, melemaskan otot, mengurangi stres dan ketegangan, serta menurunkan nyeri dan mendukung penyembuhan jaringan. Sistem kekebalan tubuh pun diperkuat.

Sementara itu, perbedaan utama akupunktur dan akupresur terletak pada cara menstimulasi acupoint. Akupunktur menggunakan jarum yang sangat halus seperti rambut, sedangkan akupresur menggunakan tekanan jari-jari tangan, telapak tangan, siku atau kaki untuk menstimulasi acupoint.

Intensitas stimulasi yang dihasilkan oleh akupunktur pun lebih kuat karena beberapa titik yang berhubungan bisa distimulasi sekaligus dalam satu waktu.

Jenis keluhan atau penyakit yang diobati pun agak berbeda. Akupresur merupakan pilihan yang baik untuk mengatasi keluhan umum ringan seperti migrain, sakit kepala, dan mual.

Sedangkan akupunktur dianggap lebih efektif untuk mengatasi masalah kesehatan yang bersifat kronis seperti gangguan otot dan sendi yang menahun, gangguan saraf, asma, alergi, nyeri haid, gangguan kesuburan, gangguan tidur, hingga depresi.

Kini, akupunktur pun sering dikombinasikan dengan ilmu kedokteran modern untuk mencapai hasil yang lebih optimal.

Bagi Anda yang ingin mencoba pengobatan alternatif, bisa dimulai dengan mencoba pengobatan dengan akupresur. Metode ini sangat mudah dipelajari dan diterapkan. Informasi seputar cara melakukannya pun dapat dengan mudah Anda peroleh di berbagai situs maupun buku-buku kesehatan.

Berbeda dengan akupresur, akupunktur umumnya membutuhkan pelatihan formal karena lebih kompleks dan berisiko. Karenanya, pengobatan akupunktur hanya dapat dilakukan oleh praktisi yang terampil dan telah memiliki izin.

Apapun metode yang dipilih, metode pengobatan akupunktur maupun akupresur dapat menjadi pilihan untuk mengatasi masalah kesehatan Anda. Jika dilakukan dengan teknik yang benar, pengobatan akan bebas dari rasa nyeri dan aman untuk jangka panjang. Selamat mencoba!

[NP/ RVS]

akupunturPengobatan alternatifAkupresur

Konsultasi Dokter Terkait