Sukses

Sys NS Meninggal Dunia, Diduga Karena Penyakit Jantung

Seniman sekaligus politisi Sys NS meninggal dunia. Ia dikabarkan meninggal karena penyakit jantung.

Klikdokter.com, Jakarta Sys NS, salah satu aktor dan sutradara Indonesia sekaligus politisi dari Partai Demokrat, meninggal dunia, Selasa (23/1/2018). Diduga, sebelum meninggal ia mengidap penyakit jantung. Kabarnya, sutradara film “Salah Bodi” ini terlebih dulu mengalami pingsan sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit Pondok Indah.

Meski belum diketahui secara pasti penyebab meninggalnya Sys, ada yang menyebutkan bahwa almarhum mengalami kelelahan karena baru pulang dari luar kota. Sys juga diketahui tengah mempersiapkan diri untuk tampil dalam acara musik Jockie Surjoprajogo.

“Awalnya Sys NS nggak enak badan. Kemudian diantar anaknya ke rumah sakit, dia juga baru pulang dari Solo,” kata sahabat Sys, Zairin Zen.

Aktor Anwar Fuady juga ikut buka suara, mengatakan bahwa ia mendengar kabar bahwa serangan jantung adalah penyebab kawannya itu tutup usia. Mengingat, Sys memiliki riwayat sakit jantung sejak 10 tahun lalu.

“Memang jantung. Saya dengar kabar (penyakit) jantung,” kata Anwar Fuadi. Yang saya tahu dia (Sys) sehat-sehat saja. Setahu saya Sys pernah dipasang ring di jantung,” lanjut Anwar seperti dikutip di laman Liputan6.com.

Kenali serangan penyakit jantung lebih awal

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati sebenarnya serangan penyakit jantung bisa dideteksi lebih awal. Dari beberapa penelitian terdapat beberapa gejala yang bisa menjadi petunjuk apakah Anda sedang mengalami serangan penyakit jantung.

Beberapa gangguan yang bisa dialami adalah, mengalami rasa lelah yang lebih parah daripada biasanya, mengalami gangguan tidur, sesak napas yang mengganggu, mengalami masalah pencernaan, serta adanya rasa cemas yang tidak bisa dijelaskan sebabnya.

Selain itu, Anda juga perlu mengenali faktor risiko yang mungkin memicu serangan jantung. Beberapa faktor risiko tersebut adalah :

  1. Usia >45 tahun untuk pria, dan >55 tahun untuk wanita
  2. Memiliki riwayat penyakit jantung atau diabetes dalam keluarga
  3. Pernah terkena serangan jantung sebelumnya, atau memiliki riwayat tekanan darah, gula darah atau kolesterol tinggi yang tidak terkontrol
  4. Memiliki kebiasaan merokok
  5. Pernah menjalani pemeriksaan fungsi jantung dan hasilnya tidak normal

Penyakit jantung yang diduga pernah diderita oleh almarhum Sys NS, bisa menyerang siapa saja yang memiliki faktor risiko tersebut.  Jika Anda mengalami gejala di atas, segera periksa ke dokter. Tujuannya untuk berjaga-jaga, agar Anda tidak mengalami serangan penyakit jantung yang lebih parah.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar